(Iqbal Maulana)

Sobat Atourin, kalian sudah pada nonton belum video Wonderland Indonesia? Video yang diunggah bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia itu viral banget loh di Youtube, bahkan sampai menduduki posisi pertama video paling trending di Youtube Indonesia. Meskipun telah sebulan video itu berada di Youtube, video tersebut masih memperoleh gelar #12 on Trending for Music atau musik paling trend dengan urutan ke-12 di Youtube. Video itu memang cocok untuk menyandang gelar-gelar tersebut dan memang sangat layak ditonton untuk masyarakat Indonesia.

Video yang telah mencapai 19 juta penonton selama sebulan itu menyajikan beragam budaya yang ada di Indonesia. Keragaman budaya dalam video itu dikemas secara apik oleh Alffy Rev dengan timnya yang menggunakan bantuan teknologi CGI sehingga penonton serasa dibawa ke dalam sebuah dunia fantasi seperti pada film Alice in Wonderland. Dalam video tersebut, Alffy Rev bekerja sama dengan Novia Bachmid sebagai penyanyi dalam video Wonderland Indonesia. Jadi penonton tidak hanya dimanjakan indra visualnya saja, tapi indra pendengaran para penonton juga dimanjakan oleh suara merdu dari Novia.

Novia Bahmid dalam Video Wonderland Indonesia (sumber: Youtube)

Pada video tersebut, Novia menyanyikan lagu-lagu dari beberapa daerah di Indonesia dengan diiringi Electronic Dance Music (EDM) sehingga nampak suasana modern dalam lagu daerah. Selain itu, ia juga mengenakan pakaian adat dari daerah tersebut, bahkan pada beberapa scene, latar belakang ketika ia menyanyikan lagu daerah adalah rumah adat dari daerah tersebut. Dengan adanya video ini, terlihat bahwa Indonesia memang sebuah negara multikultural dengan beragam budaya dan suku bangsanya. Maka dari itu, berikut beberapa budaya yang ada di dalam video tersebut.

Budaya dari Pulau Kalimantan

Kebudayaan-kebudayaan dari Pulau Kalimantan menjadi opening dari pengenalan keragaman budaya yang ada di Indonesia dalam video Wonderland Indonesia. Kebudayaan Kalimantan yang diperkenalkan melalui video ini berupa lagu daerah, pakaian adat, dan tarian tradisional. Lagu daerah dari Kalimantan yang dinyanyikan dalam video ini adalah lagu daerah dari suku Banjar yang berjudul Paris Berantai ciptaannya H. Anang Ardiansyah. Tidak hanya lagu daerah dari Suku Banjar saja yang ditampilkan. Selama menyanyikan lagu tersebut, Novia mengenakan pakaian adat perempuan dari Suku Dayak atau yang biasa dikenal dengan nama Ta’a. Lalu terdapat beberapa scene yang menunjukan tarian tradisional burung enggang yang berasal dari suku Dayak.

Budaya dari Sulawesi Utara

Setelah dinyanyikannya lagu Paris Berantai dari Kalimantan, maka berikutnya lagu daerah yang dinyanyikan berpindah ke lagu daerah yang berasal dari Provinsi Sulawesi Utara. Lagu dari Sulawesi Utara yang dinyanyikan oleh Novia dalam video Wonderland Indonesia adalah lagu Si Patokaan. Dalam menyanyikan lagu tersebut Novia juga mengenakan pakaian adat dari Sulawesi Utara dengan latar belakangnya Taman Dedari sehingga ia nampak begitu cantik menggunakan busana tersebut.

Budaya dari Papua

Perjalanan perkenalan lagu daerah masih terus berlanjut ke wilayah timur Indonesia, lebih tepatnya dari tanah Papua. Lagu daerah yang berasal dari daerah Papua yang dibawakan dalam video Wonderland Indonesia adalah lagu Sajojo yang diciptakan oleh R. H. Hardjosubroto. Tentu saja sama seperti sebelumnya, dalam membawakan lagu Sajojo tersebut Novia mengenakan pakaian adat berupa baju kurung dari daerah Papua.

Budaya dari Riau – Sulawesi Selatan

Lagu daerah yang dinyanyikan oleh Novia kini bergeser ke wilayah barat Indonesia, tepatnya dari daerah Riau. Lagu daerah dari Riau yang dinyanyikan oleh Novia berjudul Soleram yang diciptakan oleh Muhammad Arief. Pada saat menyanyikan lagu Soleram, Novia nampak begitu cantik dan anggun karena menggunakan pakaian adat wanita dari Riau. Satu hal yang menarik pada saat dinyanyikannya lagu Soleram adalah terselipnya baju adat dari wilayah lainnya, yaitu dari Sulawesi Selatan. Pada saat Novia menyanyikan lagu tersebut, nampak seorang anak kecil yang sedang mengenakan pakaian adat Bodo dari suku Bugis, Sulawesi Selatan. Dengan begitu nampak bahwa memang Indonesia itu meski beragam budaya, namun tetap bisa bersatu.

Budaya dari Sumatera Barat

Lagu daerah kelima yang dinyanyikan oleh Novia masih berasal dari pulau Sumatera, tepatnya dari suku Minangkabau, Sumatera Barat. Lagu daerah Sumatera Barat yang dinyanyikan oleh Novia adalah lagu Kampuang nan Jauh di Mato yang diciptakan oleh Oslan Husein. Kesan suku Minangkabau begitu terasa ketika Novia menyanyikan lagu tersebut karena didukung oleh latar belakang di scene tersebut serta pakaian adat yang digunakannya. Novia mengenakan baju adat Bundo Kanduang dengan nuansa hitam sehingga memberikan kesan sebagai sosok gadis tangguh. Nuansa Minangkabau juga begitu terasa karena latar belakang dari scene tersebut berupa Rumah Gadang lengkap dengan adanya Tari Piring yang kedua merupakan ciri khas dari suku Minangkabau, Sumatera Barat.

Budaya dari Bali

Dalam video Wonderland Indonesia juga Novia membawakan lagu daerah dari pulau Dewata. Lagu daerah tersebut berjudul Janger yang diciptakan oleh I Gede Dharna. Tentu saja penuansaan pulau Bali sangat terasa ketika Novia menyanyikan lagu Janger tersebut. Selama menyanyikan lagu tersebut Novia diiringi oleh tarian Legong yang berasal dari Bali dan alat musik gamelan. Latar belakang berupa gapura pada pura serta pakaian adat tari Legong menambah penuansaan Bali begitu terasa pada saat Novia menyanyikan lagu Janger.

Budaya dari Jawa Barat

Budaya tradisional dari tanah Pasundan juga turut serta dibawakan dalam video Wonderland Indonesia. Budaya dari suku Sunda tersebut muncul ketika Novia menyanyikan lagu Manuk Dadali yang diciptakan oleh Sambas Mangundikarta. Sama dengan yang lainnya, pada saat Novia menyanyikan lagu Manuk Dadali dengan merdu, ia mengenakan pakaian adat pengantin wanita dari Sunda. Novia nampak begitu cantik seperti pengantin wanita Sunda dengan pakaian adat tersebut lengkap dengan siger Sundanya.

Budaya dari Nusa Tenggara Timur

Lagu daerah berikutnya yang dinyanyikan oleh Novia setelah Manuk Dadali merupakan lagu daerah yang mungkin kerap kita dengarkan semasa kecil, yaitu lagu Anak Kambing Saya. Lagu daerah tersebut berasal dari Nusa Tenggara Timur yang diciptakan oleh Ibu Sud. Novia juga mengenakan pakaian adat Suku Rote yang memiliki ciri khas pada penutup kepalanya yang dikenal dengan nama Ti’i Langga.

Budaya dari Jawa Tengah

Lagu daerah terakhir yang dinyanyikan oleh dalam video Wonderland Indonesia adalah lagu yang berasal dari Jawa Tengah. Lagu daerah tersebut berjudul Lelo Ledhung yang diciptakan oleh Markasan. Budaya Jawa terasa begitu kental pada saat scene tersebut karena menunjukan seorang ibu yang mengenakan kebaya Jawa sedang menembangkan lagu Lelo Ledhung seperti seorang sinden pada bayi yang digendongnya di halaman depan rumah Joglo.

Budaya Klasik Jawa Kuno

Budaya yang diperkenalkan oleh Alffy Rev dan timnya pada video Wonderland Indonesia tidak hanya budaya tradisional Indonesia saja. Pada akhir video tersebut nampak adanya unsur budaya klasik dari masa Jawa Kuno, berupa kepercayaan masa klasik dan makhluk mitologi. Pada akhir video tersebut, nampak seorang pria menggertakkan tongkat kayu ke tanah lalu muncul sebuah garis biru hingga membentuk sebuah simbol Surya Majapahit yang bermakna sebagai simbol Dewa Penjaga Sembilan Arah Mata Angin atau Dewata Nawa Sanga. Simbol tersebut merupakan sebuah kepercayaan pada masa Jawa kuno, tepatnya pada masa klasik atau Hindu Buddha di Indonesia. 

Ilustrasi Antaboga dan Garuda

Setelah simbol tersebut terbentuk lalu muncul sesosok makhluk mitologi yang dikenal dari budaya Jawa. Menurut penjelasan dari Alffy Rev dalam akun instagramnya, dijelaskan bahwa makhluk mitologi tersebut merupakan manifestasi dari Antaboga dan Garuda. Antaboga merupakan sebuah makhluk mitologi berupa naga atau juga dikenal sebagai raja ular yang menjaga perut bumi. Makhluk mitologi tersebut kerap ditemukan dalam kisah pewayangan, ukiran gamelan, dan ukiran gapura. Dengan menyatunya sosok Antaboga dengan Garuda, maka diharapkan makhluk tersebut menjadi simbol bagi penjaga dunia atas dan bawah.

Meskipun dalam video itu hanya menampilkan keragaman budaya Nusantara dari beberapa provinsi, video tersebut cukup merepresentasikan Indonesia sebagai sebuah negara yang terdiri atas beragam suku dengan kebudayaannya masing-masing. Sebuah lirik dalam video yang mengatakan bahwa “Indonesia is not just wonderful, Indonesia is Wonderland” itu memang benar kenyataannya. Indonesia memang sebuah negeri yang ajaib, menyimpan keragaman budaya dengan lagu daerahnya masing-masing, pakaian adatnya masing-masing, rumah adatnya masing-masing, dan makanan khas daerahnya masing-masing sehingga menjadi identitas budaya dari suku-suku tersebut. 

Dengan adanya video Wonderland Indonesia ini, kita harus banyak bersyukur bisa menjadi warga negara Indonesia sehingga kita bisa menikmati kekayaan budaya tersebut. Tentunya kekayaan budaya tersebut juga perlu kita jaga dan lestarikan hingga bisa sampai ke tangan generasi yang mendatang agar mereka tidak kehilangan identitas budaya mereka. Video Wonderland Indonesia ini memang cocok dijadikan sebagai hadiah perayaan hari kemerdekaan Indonesia karena melambangkan semboyan dari negeri ini, “Bhineka Tunggal Ika”. Meski Indonesia beragam budayanya, namun kita tetap satu sebagai sebuah bangsa yang dikenal bangsa Indonesia. Maka dari itu, mari kita mengenal budaya kita lebih jauh dengan membaca informasi-informasi menarik lainnya terkait budaya Indonesia yang bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi Instagram dan website Atourin.