(Titus Agung Adiyatma)

Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau …

Demikianlah yang tertulis dalam lirik lagu nasional yang berjudul Dari Sabang Sampai Merauke. Dari lagu tersebut, disampaikan bahwa dari ujung ke ujung wilayah Indonesia memiliki pulau yang jumlahnya sangat banyak, dan benar, Merauke berada di ujung wilayah Indonesia tepatnya di bagian timur. Penasaran sama kota paling timur di Indonesia ini? Yuk simak informasi selengkapnya tentang Merauke di bawah ini.

Kota Merauke merupakan bagian dari Kabupaten Merauke dan ibukota Provinsi Papua Selatan, provinsi yang baru berdiri pada tahun 2022 setelah sukses dimekarkan dari Provinsi Papua. Kalau Jakarta identik dengan Sungai Ciliwung, maka Merauke identik dengan Sungai Maro yang bermuara di sini. Berbeda dengan kota-kota lain di Papua, penduduk Merauke justru kebanyakan bukan orang asli papua. Berdasarkan data sensus penduduk tahun 2010, hanya sekitar 30-an persen saja yang merupakan orang asli Papua. Walau demikian, mayoritas penduduknya beragama Kristen seperti daerah lain di Papua.

Untuk mencapai Merauke, ada dua moda transportasi yang bisa diandalkan. Yang pertama yakni dengan menggunakan kapal pelni (Pelayaran Nasional Indonesia). Yang kedua yakni dengan naik pesawat yang disediakan oleh berbagai maskapai penerbangan. Jika naik kapal, nantinya kamu akan diturunkan di Pelabuhan Merauke. Jika naik pesawat, kamu akan mendarat di Bandar Udara Internasional Mopah.

Di kotanya sendiri, sudah tersedia beragam moda transportasi yang dapat mengantar kamu ke mana saja kamu ingin pergi. Ada bus untuk rute dalam kota dan ke luar kota, taksi, dan ojek online. Terdapat juga rental mobil apabila kamu ingin merasakan sensasi mengemudi sendiri di sini.

Soal akomodasi, jangan khawatir, karena ada cukup banyak hotel dan restoran yang bisa menunjang persinggahanmu di sini. Mulai dari homestay hingga hotel berbintang, tinggal pilih saja sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Ilustrasi Pantai

Merauke punya banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Sebagai kota yang berada di pesisir, pantai-pantai terhampar dan menunggu untuk kamu singgahi. Sebut saja—Pantai Lampu Satu, Pantai Buti, dan Pantai Payum. Kalau sudah puas menikmati pemandangan Laut Arafura, cobalah menyempatkan diri berkunjung ke Monumen Kapsul Waktu. Monumen yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2018 lalu ini menyimpan impian-impian anak-anak Indonesia yang sudah ditulis di kertas. Kertas-kertas yang sudah disimpan tersebut nantinya akan dibuka pada tahun 2085. Lahan hijau yang berada di kompleks monumen ini menjadikannya tempat yang cocok untuk berjalan santai sembari merenungkan apakah impian-impian tersebut sudah akan tercapai pada tahun 2085.

Pariwisata Indonesia disokong oleh setiap pulau yang menjadi bagian dari untaian kalung zamrud bernama Nusantara. Merauke dengan segenap kekhasannya menjadi sumbangsih bumi cendrawasih bagi Ibu Pertiwi. Selagi merah putih masih berkibar di tanah Papua, mari luangkan waktu dan manfaatkan kesempatan untuk jalan-jalan ke Merauke.