(Nadya Ovelia Wijaya)

Jelang Lebaran, tradisi mudik atau pulang kampung menjadi hal yang sangat dinantikan. Bagi Sobat Atourin yang tinggal di kota besar seperti Jabodetabek, sebagian ada yang memilih road trip dengan berkendara mobil lintas provinsi. Nah, untuk Sobat Atourin yang sedang melintasi Kota Semarang, ada rekomendasi makanan yang menarik untuk kalian coba.

Kota Semarang, yang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah, sejak dulu memang terkenal dengan berbagai makanan khasnya yang melegenda. Ketika Sobat Atourin berwisata ke Kota Semarang, tentu belum lengkap kalau belum mencoba berbagai menu kuliner yang pastinya akan memanjakan lidah. Penulis sendiri sempat mengunjungi Kota Semarang pada bulan Mei 2021 lalu dan langsung jatuh hati dengan berbagai kuliner yang disuguhkan oleh kota ini terutama kuliner jalanannya. Nah, kalau Sobat Atourin tertarik dan penasaran dengan berbagai kuliner jalanan Kota Semarang, yuk simak destinasi-destinasi kuliner berikut!

Ilustrasi es puter

Asem-Asem Koh Liem

Tempat makan pertama yang penulis kunjungi saat datang ke Kota Semarang adalah Asem-Asem Koh Liem yang terletak di Jalan Karang Anyar Nomor 28-C4, Gabahan. Warung makan ini memiliki menu andalan yaitu asem-asem daging sapi yang disajikan dengan kuah asam manis. Meski sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu, popularitas dari tempat makan ini tidaklah meredup karena memang menu yang disajikan memiliki cita rasa yang kaya dan sudah dikenal sebagai salah satu ikon dari Kota Semarang. Hanya dengan Rp33.000,00 Sobat Atourin sudah bisa menikmati semangkuk asem-asem daging sapi yang segar dan nikmat.

Nasi Ayam Bu Wido   

Menu kuliner kedua yang juga khas adalah nasi ayam. Terdapat banyak penjual nasi ayam di kota ini, namun salah satu yang paling terkenal adalah Nasi Ayam Bu Wido yang terletak di Jalan Melati Selatan, Brumbungan. Nasi yang dilengkapi dengan lauk suwiran ayam kampung, sayur labu, telur, tahu, krecek, dan kuah kuning opor dijamin akan membuat Sobat Atourin ketagihan dan ingin memakannya lagi! Selain itu kita juga bisa memilih berbagai lauk tambahan seperti sate telur dan sate usus yang tentunya akan membuat nasi ayam ini menjadi lebih menarik. Harga dari Nasi Ayam Bu Wido dimulai dari Rp10.000,00 dan dapat berubah sesuai dengan lauk yang ditambahkan.

Es Puter Cong Lik

Es puter ini juga menjadi minuman legendaris yang banyak diburu oleh wisatawan. Meskipun hanya beratap tenda dan terletak di pinggir Jalan KH Ahmad Dahlan, Es Puter Cong Lik tetap tidak kalah menarik dibandingkan dengan berbagai tempat kekinian yang menjual es krim modern. Cita rasa es krim yang manis dan ringan membuat banyak orang menyukainya. Terdapat empat pilihan rasa dari es krim ini, antara lain cokelat, kelapa, alpukat, dan durian. Semangkuk es krim ini dibanderol dari harga Rp15.000,00 hingga Rp20.000,00.

Mie Kopyok Pak Dhuwur

Kalau Sobat Atourin suka dengan hidangan berbahan dasar mie, maka menu ini sangatlah cocok untuk disantap. Mie kopyok khas Semarang biasanya disajikan dengan kuah kaldu dengan isian berupa tahu pong, lontong, tauge, dan dilengkapi dengan petis dan kerupuk kerak. Hidangan ini memiliki cita rasa yang ringan dan manis, cocok untuk dimakan kapanpun baik saat makan siang maupun makan malam. Tempat makan yang terletak di Jalan Tanjung nomor 18A ini mematok harga mie kopyok sebesar Rp13.000,00 per porsinya.

Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Warung Pak Sukarmin merupakan salah satu tempat makan tertua yang ada di Kota Semarang. Rasa dari menu makanan yang dijual di sini tentunya sudah tidak diragukan lagi, terutama nasi goreng babat yang merupakan menu andalan mereka. Sebenarnya terdapat banyak orang yang tidak terlalu menyukai babat karena jika bahan ini tidak diolah dengan benar, maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Namun sajian babat di warung ini diolah dengan menggunakan teknik khusus yang membuat babatnya tidak berbau dan tetap nikmat ketika disantap. Berlokasi di Jalan Pemuda nomor 2, Dadapsari, warung ini telah berdiri sejak tahun 1971 dan tetap diburu baik oleh para penduduk lokal maupun para wisatawan. Harga dari satu porsi nasi goreng babat yang dijual di warung ini adalah sebesar Rp25.000,00.

Ilustrasi wedang tahu/ kembang tahu

Wedang Tahu Tjoa

Wedang tahu merupakan salah satu menu kuliner yang paling nikmat untuk diminum di malam hari. Kuahnya yang terbuat dari jahe dan gula aren dapat menghangatkan badan dengan cepat. Selain itu, kembang tahu yang lembut dengan rasa manis yang hampir tawar menambah sensasi tersendiri saat menyantap hidangan ini. Hanya dengan Rp10.000,00 saja Sobat Atourin sudah bisa menikmati semangkuk Wedang Tahu Tjoa yang terletak di pinggir Jalan Wot Gandul Timur, Kranggan.

Soto Bangkong

Salah satu tempat makan legendaris lainnya adalah soto bangkong. Kata bangkong sebenarnya dikenal sebagai sebutan lain dari katak yang berukuran besar, namun soto bangkong di Semarang ini bukan berarti terbuat dari katak. Soto ini dinamai soto bangkong karena letaknya yang berada di perempatan yang konon dulu terdapat banyak bangkong di sekitarnya. Warung soto ini awalnya dimulai dari tempat yang kecil namun karena kelezatannya yang terkenal membuat warung ini berkembang pesat hingga bisa membuka dua cabang di Jakarta. Berlokasi di Jalan Brigjen Katamso nomor 1, semangkuk soto di warung ini dibanderol dengan harga Rp13.000,00.

Ilustrasi soto

Tahu Gimbal Pak Edi

Kuliner khas Semarang terakhir yang ingin penulis bahas adalah tahu gimbal. Menu olahan tahu dengan bumbu petis sebagai pelengkapnya sudah menjadi ciri khas dari Kota Semarang sejak lama. Makanan ini tidak hanya berisi tahu, namun juga dilengkapi dengan bakwan udang, kol, tauge, dan lontong. Rasa manis dan gurih yang berpadu menjadi satu membuat sajian ini menjadi rekomendasi untuk disantap. Lokasi dari warung tahu gimbal ini ada di Jalan Menteri Supeno, Mugassari yang dekat dengan kantor gubernur. Hanya dengan Rp14.000,00 Sobat Atourin sudah bisa menikmati sepiring tahu gimbal dengan isian yang lengkap.

Itulah tujuh daftar tempat makan yang dapat menjadi referensi wisata kuliner saat berada di Kota Semarang. Sebenarnya masih terdapat banyak sekali menu khas lain dari Kota Semarang yang tentunya tak kalah enak. Nanti, Sobat Atourin dapat menjelajahi menu lain lebih lanjut ketika kalian mengunjungi daerah ini! Selamat mencoba dan jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk kesehatan bersama ya Sobat Atourin!