(Khalisha Sarah An Najmi)

Hai Sobat Atourin! Siapa nih kira-kira yang sudah pernah berkunjung ke salah satu daerah di Jawa Timur tepatnya Kabupaten Madiun? Atau mungkin ada yang kampung halamannya di Madiun? Madiun adalah nama kabupaten dan nama kota di barat Jawa Timur. Selain pariwisatanya, daerah ini terkenal karena adanya pabrik PT Industri Kereta Api. 

Nah, Madiun ternyata punya beragam kuliner khas yang enak-enak loh! Bahkan saat ini banyak pelaku usaha kuliner yang menjual makanan khas Madiun dan memodifikasinya menjadi lebih modern. Apa saja sih kira-kira makanannya?

Pecel Madiun

Siapa sih yang nggak kenal pecel Madiun? Makanan yang sangat populer di Madiun dan juga luar kota ini memang diakui memiliki rasa yang juara. Karena pecel Madiun sendiri bisa dibilang cukup unik dan berbeda dengan pecel-pecel yang biasa dijual. Khusus pecel Madiun, rasa pada bumbu kacangnya cenderung lebih gurih dan pedas. Lalu masyarakat Madiun biasa menggunakan wadah untuk membungkus pecel menggunakan daun jati atau daun pisang. Yang mana itu memberikan rasa yang lebih nikmat saat menyantapnya.

Pecel Madiun biasa dimakan bersama nasi putih, tempe goreng, tahu goreng dan rempeyek. Dan kalau kamu makan ini, jangan lupa makan pakai tangan ya!

Pecel Madiun

Kamu bisa menemukan pecel Madiun dimana saja karena makanan ini memang banyak dijual, namun yang paling terkenal dan legendaris adalah Nasi Pecel Pojok. Warung ini terletak di Jl. Cokroaminoto no. 121, Kota Madiun, Jawa Timur. Dan kisaran harga untuk satu porsi pecel Madiun juga sangat terjangkau yaitu sekitar lima sampai sepuluh ribuan, tergantung pada wilayahnya.

Nasi Jotos

Nasi jotos merupakan makanan yang memiliki arti di balik namanya. Nama jotos sendiri digunakan karena porsi nasi yang seukuran kepalan tangan, atau kalau di daerah lain dikenal sebagai nasi kucing atau nasi jinggo.

Makanan ini merupakan salah satu yang unik karena rasa sambalnya yang berbeda dan dibungkus dengan daun pisang dan dalam satu bungkus itu sudah terdapat banyak sekali lauk seperti tahu, tempe, telur, mie hingga bihun. Sehingga dalam satu kali makan, kita akan merasa kenyang.

Kalau kamu mencari nasi jotos yang terkenal enak, kamu bisa datang ke warung Nasi Jotos Mbak Rom. Tempat ini berada di Jl. Sawo Bar no.15 B, Kejuron, KEc. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur. Warung ini buka dari jam delapan pagi sampai jam sebelas malam. Kamu sudah bisa menikmati nasi jotos hanya dengan harga enam sampai sepuluh ribuan!

Roti Bluder

Makanan yang tak kalah terkenal adalah roti bluder. Roti bluder merupakan roti tradisional yang sangat terkenal dan berasal dari Madiun. Rasanya yang sederhana sukses membuat masyarakat Madiun maupun luar Madiun jatuh cinta. Dan karena harganya sangat terjangkau, roti ini sering kali dijadikan oleh-oleh bagi siapapun yang berkunjung ke Madiun.

Namun, karena zaman sudah berkembang, akhirnya variasi rasa roti bluder pun semakin bertambah. Tapi tentunya tidak menghilangkan rasa originalnya. Sekarang kita sudah bisa menemukan rasa matcha, vanilla, ovomaltine, nutella dan lain-lain.

Jika menyangkut soal roti bluder, orang pasti langsung tertuju pada toko Bluder Cokro. Toko ini sudah sangat terkenal sejak tahun 1989. Toko ini terletak di Jl. Hayam Wuruk no. 53, Manguharjo, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur. Toko roti ini buka dari jam tujuh pagi sampai jam sembilan malam dan untuk harga satu buah roti bluder adalah sembilan sampai dua belas ribu rupiah.

Dawet Suronatan

Tak hanya makanan saja yang terkenal, Madiun juga memiliki dawet yang sangat legendaris yaitu Dawet Suronatan! Dawet yang cocok untuk menghilangkan dahaga di siang hari ini memang sederhana, namun itu lah yang membuatnya terkenal dan legendaris. 

Dawet

Kamu bisa menemukan minuman ini di warung Dawet Suronatan. Warung ini terletak di sekitar alun-alun Kota Madiun, tepatnya di Jalan Merbabu no. 10, Pangongangan, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur. Warung ini buka jam delapan pagi dan tutup di jam setengah empat sore. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sembilan ribu rupiah saja untuk menikmati semangkuk dawet Suronatan.

Nah itu dia empat kuliner yang paling terkenal di Madiun. Buat kamu yang tertarik berkunjung kesana, jangan lupa cobain ya! Dijamin nggak akan nyesel deh. Kamu juga bisa menemukan banyak informasi menarik tentang pariwisata, seni, dan budaya di website Atourin.