Gambar Tenda di Perkemahan Ranca Upas (unsplash.com)

Time to Read: 7  minutes

(Mudhya Razanne Tiara)

Sudah jenuh dengan rutinitas sehari-hari di Ibukota Jakarta atau kota-kota besar lainnya? Butuh hiburan ke alam bebas? Bisa banget loh teman traveller! Nyatanya, kamu bisa menghabiskan akhir pekanmu dengan berwisata sekaligus relaksasi di daerah Jawa Barat. Daerah yang cukup dekat dan masih mudah untuk dijangkau dari Jakarta ini tidak hanya menawarkan wisata perkotaannya tetapi juga menawarkan wisata alamnya yang menarik. Penasaran seperti apa tujuh rekomendasi tempat camping asik di Jawa Barat? Yuk langsung aja simak penjelasannya!

Sukamantri Camping Ground

Gambar Ilustrasi Suasana Camping (pexels.com)

Sukamantri Camping Ground merupakan area camping di daerah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Perjalanan menuju Sukamantri ini dapat ditempuh menggunakan transportasi umum seperti KRL dan turun di stasiun Bogor. Perjalanan kemudian dapat dilanjutkan dengan menggunakan sewa mobil. Namun, perlu dipastikan bahwa kendaraan yang dipakai memiliki kondisi yang tahan akan jalanan bebatuan. Hal ini dikarenakan akses jalan dari jalan raya menuju Sukamantri cenderung bertekstur bebatuan. 

Harga tiket masuk area ini berkisar Rp 22.000,00 yang sudah termasuk harga izin berkemah, toilet, dan kebersihan. Sukamantri juga menawarkan penyewaan alat-alat kemah bagi kamu yang membutuhkan. Peralatan tersebut antara lain berupa tenda, kompor, hingga menjual spirtus. Menarik bukan? Bahkan orang awam pun dapat berkemah dengan menyenangkan di Sukamantri. Selain itu, Sukamantri juga menyediakan toilet yang cukup bersih digunakan sebagai sarana MCK. 

Lalu kalau bahan makanan habis atau tidak membawa bahan makanan bagaimana? Jangan khawatir, karena Sukamantri juga menyediakan warung-warung. Di sana kamu bisa menikmati makanan seperti gorengan, mie, hingga nasi goreng. Kemudian bagaimana dengan wahana rekreasi di sana? Yap! Sukamantri juga menawarkan banyak kegiatan outbond yang menarik dan juga terdapat situs air yang cukup seru untuk dijelajahi lebih lanjut. 

Gunung Pancar Camping Ground 

Gambar Ilustrasi Camping (pexels.com)

Tidak jauh dari Sukamantri Camping Ground, teman-teman traveller juga dapat mengunjungi area kemah lainnya nih! Salah satunya adalah Gunung Pancar Camping Ground. Area ini terletak di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Aksesnya pun tidak jauh dari Tol Sentul sehingga memudahkan teman-teman dalam menjangkau lokasi. 

Adapun, Gunung Pancar ini menawarkan keindahan alamnya yang berupa hutan pohon pinusnya, lho! Lokasinya yang lapang dan sejuk membuat area kemah ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Selain untuk berkemah bersama teman, maupun keluarga, area kemah ini juga bisa didatangi oleh rombongan. 

Harga tiket masuk per orang adalah Rp 5.000,00. Adapun untuk turis asing akan dikenakan biaya yang lebih besar, yakni sekitar Rp 100.000,00. Jika kamu membawa motor ataupun mobil maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000,00 – Rp 10.000,00. Harga tiket ini sendiri hanya berlaku untuk kunjungan sehari saja seperti untuk rekreasi bersantai dan melihat pemandangan hutan pohon pinus. Adapun apabila wisatawan ingin berkemah, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 95.000,00 per orang dengan mendapatkan fasilitas berupa toilet yang sangat bersih. Nah, kalau kalian ingin menyewa tenda maka kalian bisa membayar sebesar Rp 160.000,00 dengan mendapat fasilitas berupa tenda berkapasitas empat orang, matras, layanan pemasangan tenda, dan toilet. 

Jangan khawatir juga karena tempat kemah ini juga menawarkan akomodasi berupa nasi box yang akan memudahkan kalian nantinya. Nasi box ini cukup dibeli seharga Rp 35.000,00 per boxnya. Tentunya kenikmatan lauk serta gizinya pun sudah terjamin baik. Untuk rekreasinya sendiri, Gunung Pancar juga menawarkan wahana glamour camping, trekking, outbond, dan curug. Pastinya akan seru sekali teman-teman traveller!

Ranca Upas

Gambar Orang Berkemah di Ranca Upas (unsplash.com)

Berikutnya, teman-teman traveller akan diajak untuk bepergian lebih jauh sedikit dari Jakarta. Salah satu destinasi yang tidak kalah menarik adalah Ranca Upas. Ranca Upas sendiri terletak di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Akses menuju lokasi pun cukup mudah teman-teman dengan dapat ditempuh menggunakan mobil pribadi maupun transportasi umum. 

Untuk harga tiket masuk per orang dikenakan biaya sebesar Rp 15.000,00 untuk wisatawan domestik dan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp 25.000,00 saja. Kamu juga bisa menyewakan tenda maupun peralatan camping lainnya di Ranca Upas. Tidak jauh berbeda dari di dua tempat camping sebelumnya, kamu juga bisa membeli makanan di warung-warung makan yang ada. 

Gambar Rusa di Ranca Upas (unsplash.com)

Menariknya, ketika berkemah di Ranca Upas kamu akan melihat panorama alam yang sangat indah. Lahannya yang terbuka luas disertai dengan danau menjadi poin tambah bagi tempat kemah ini. Selain itu, fasilitas rekreasi yang banyak menjadi kesukaan bagi para turis adalah fasilitas penangkaran rusanya. Kamu bisa berfoto hingga memberi makan ke rusa-rusa yang lucu. Tenang, rusa-rusanya jinak-jinak kok, hihi! Oh iya, Ranca Upas juga menawarkan paket outbond dan kolam renang hingga pemandian air panas, lho. Duh seru banget ya kedengarannya!
Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen melihat bintang-bintang di langit Ranca Upas ketika malam cerah di sana. 

Tampak sangat menarik ya teman-teman, tiga tempat kemah tadi bisa banget lho menjadi destinasi liburan kamu berikutnya! Kemanapun kamu camping, pastikan kamu selalu menjaga kebersihan lingkungan, tidak merusak alam, serta menghormati keberadaan orang lain di tempat itu ya. Sama seperti yang selama dini dikampanyekan Atourin dalam kampanye The Travellers Power.