(Septania Nurdika Putri)

Time to Read: 6 menit

Bosan tidak bisa traveling di tengah pandemi? Sudah 6 bulan lebih seluruh dunia digemparkan dan dibuat repot oleh adanya pandemi covid-19. Tentunya, sangat wajar kalau banyak orang merasa jenuh karena banyaknya batasan demi protokol kesehatan. Salah satunya adalah physical distancing yang otomatis juga menyebabkan adanya travel ban atau larangan perjalanan. Orang biasa saja bisa stres, apalagi kalau kalian yang hobi travelling

Di masa pandemi ini, memang susah kalau hobi berkaitan dengan aktivitas outdoor. Bawaannya stres melulu tiap ingat anjuran stay at home. Khususnya bagi para traveller, mungkin kalian sering kali bertanya dalam hati, “kira-kira apa yang bisa dilakukan, ya?” 

Nah, pada tulisan kali ini, kami akan coba untuk memberikan beberapa saran serta rekomendasi hal untuk kalian lakukan. Kalau kamu hobi traveling dan sedang merasa bosan, coba baca dan lakukan saran berikut, yuk!

1. Mencari Hobi Baru 


Ilustrasi Hobi Baru (unsplash.com)

Kita mulai dari yang saran yang paling umum dulu, ya. 

Sering kan kita dengar saran ini dari mana pun? Tapi ada alasan, kok, kenapa kita memasukkan dan menempatkan ini di urutan pertama. Selain karena mencari hobi baru itu strategi mengatasi bosan yang terbaik untuk orang pada umumnya, ada alasan lain, loh. Kalian pernah memikirkan tidak, kenapa kalian suka traveling? Atau kenapa traveller cenderung bepergian ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya? 

Alasannya adalah mencari hal baru. Sebenarnya, tidak salah juga kan, mengunjungi tempat yang sudah pernah kita datangi. Akan tetapi, sadar atau tak sadar, traveller—dan bahkan kebanyakan orang—sebenarnya mengejar pengalaman yang baru dengan destinasi yang baru. 
Tahukan kalian, salah satu efek dari mengalami suatu hal yang baru adalah waktu terasa berjalan lebih cepat, sehingga kita tidak mudah bosan? Nah, inilah alasan kenapa kalian—yang hobi travelling—harus mengganti “cara kalian mendapatkan hal baru”. Yaitu, ya, dengan mencoba berbagai hal baru dan mencari hobi baru!

Untuk melakukannya, tentu tetap ada tantangan. Yang pertama adalah niat, yang semoga sudah cukup tergugah lewat tulisan ini. Yang kedua, bagaimana caranya? Tidak semudah itu kita bisa menganggap suatu aktivitas itu “asyik”, lalu menikmatinya sebagaimana kita menikmati travelling. Nah, triknya adalah mencoba aktivitas baru yang kita kaitkan dengan hobi kita. Sebagai travel-lovers, kita bisa menggunakan travelling untuk ini. 

Misalnya, kalian bisa membuat blog tentang traveling. Tulislah pengalaman traveling yang pernah kalian lakukan sebelum pandemi ini. Tidak usah khawatir belum terbiasa menulis. Tulislah dengan gayamu sendiri, seakan-akan orang lain tidak akan ada yang membaca. Lengkapi juga tulisan kalian dengan foto, pasti ada bejibun, kan?

Kalau hobi baru yang kalian ingin coba adalah membaca, cobalah mulai dari membaca tentang traveling. Entah membeli bukunya, atau mampir ke blog traveller lain.

2. Bikin Spot Permainan Outdoor atau Fisik di Rumah

Ilustrasi Permainan Outdoor (unsplash.com)

Pernah lihat video/klip orang yang olahraga lari di tempat memanfaatkan lantai rumah yang licin?Ini salah satu contoh spot untuk aktivitas fisik di rumah. Kreatif, sih, tapi berbahaya, jadi jangan ditiru ya! Coba deh, sisihkan sebagian tabungan traveling kalian. Kemudian buatlah spot atau lokasi untuk bermain outdoor games di rumah. Untuk ide dan referensi, kalian bisa lihat berbagai tutorial yang ada di Youtube. 

3. Manfaatkan Teknologi, Coba Pengalaman Secara Virtual


Ilustrasi Pemanfaatan Teknologi untuk Pengalaman Virtual (unsplash.com)

Taukah kalian bahwa sekarang—apalagi sejak pandemi ini—sudah banyak yang menawarkan pengalaman secara virtual? Meskipun tentunya tidak bisa menggantikan pengalaman yang secara langsung, biaya mengikuti pengalaman virtual jauh lebih terjangkau. 

Mayoritas pengalaman virtual yang ada saat ini menggunakan tayangan visual, bisa dalam bentuk video, siaran langsung, atau dengan fitur Google Map. Konten serta topik yang disajikan pun bermacam-macam, mulai dari kuliner, tempat wisata, hingga yoga dengan bantuan instruktur secara real-time
Kalian bisa menemukan tawaran pengalaman virtual di berbagai situs pariwisata, seperti Atourin. Jika kalian ingin yang gratis, bisa juga buat agenda sendiri dengan menonton video di Youtube yang sesuai minat. Tapi tentunya, akan terasa beda sih dengan virtual experiences yang ditawarkan oleh profesional. Biasanya yang berbayar itu dilakukan secara real-time, sehingga lebih terasa “nyata”.

4. Lakukan Meditasi

Ilustrasi Meditasi (unsplash.com)

Kalau kalian sudah merasa terlalu penat—entah karena pekerjaan atau karena terlalu banyak di rumah—meditasi bisa jadi salah satu alternatif kegiatan, nih! Salah satu bentuk meditasi yang terkenal adalah bertapa, tapi tunggu dulu! Meditasi tidak harus berkaitan dengan agama, kok.

Inti dari meditasi adalah melatih fokus pikiran agar tetap tenang dan jernih. Jika baru awal-awal mencoba meditasi, mungkin butuh waktu untuk menenangkan diri. Akan tetapi, jika rutin dilakukan, kita bisa lebih mengontrol suasana hati dan emosi kita sehari-hari, termasuk rasa bosan dan penat.

Meditasi itu mudah dan gratis, kok! Langkah-langkahnya untuk pemula sangat simpel:

  • Duduklah dengan posisi tubuh yang nyaman
  • Fokus terhadap pernapasanmu. Rasakan tiap tarikan dan hembusan napas
  • Ikuti ritme pernapasanmu selama sekitar 2 menit. Tarik napas dalam-dalam, rasakan perut mengembang, lalu hembuskan napas pelan-pelan

Kalian dapat memejamkan mata agar lebih fokus. Setelah bermeditasi, kalian akan merasa otak menjadi lebih segar. Jika kalian ingin mempelajari teknik meditasi lainnya, kalian bisa download aplikasi meditasi di smartphone, seperti Riliv.

5. Rencanakan Travel Impianmu!

Ilustrasi Merencanakan Traveling (unsplash.com)

Saat ini memang masih pandemi, sih, tapi tidak selamanya! Meski belum tahu kapan pandemi akan berakhir, tidak ada salahnya mempersiapkan traveling impian kita. Terutama untuk kalian yang terbiasa dengan yang namanya traveling dadakan, manfaatkanlah waktu ini untuk merencanakan liburan secara matang!

Mulai dari memilih destinasi tujuan, transportasi pulang-pergi, tempat menginap, hingga lokasi/objek wisata yang ingin dikunjungi. Gampang kan, tinggal cari saja rekomendasi di internet atau kalian juga bisa baca-baca artikel lain yang ada di blog Atourin ini.

Oiya, selain itu, banyak juga kok, objek wisata yang menjual voucher tiket masuk yang bisa dipakai kapan saja. Kalian bisa cek di situs dan akun media sosial tiap objek wisata, atau cari di situs liburan/pariwisata.

Nah, itulah kelima saran dari kami. Semoga membantu, dan jangan lupa dicoba ya!