Embung Nglanggeran, Yogyakarta (unsplash.com)

Time to read: 3 menit

(Ragil Melindah)

Kamu ingin travelling tapi sering merasa ragu karena statusmu mahasiswa? Takut menghabiskan banyak biaya hanya untuk satu kali perjalanan? Sekarang buang keraguanmu karena mahasiswapun bisa menjadi traveller dengan biaya yang rendah! Simak tips dan trik di bawah ini untuk mewujudkan impian travellingmu, yuk!

1.Rencanakan Perjalananmu dengan Matang! 

(unsplash.com)

Apapun jenis perjalanannya, selalu pasang rencana travelling dengan matang, ya! Dari tujuan wisata, penginapan, hingga budget makanan. Hal ini bisa menghindari adanya hal-hal tidak terduga yang akan membuatmu justru harus mengeluarkan biaya yang lebih besar.

2. Menginap di Kos atau Rumah Teman adalah Ide yang Cemerlang! 

Tidak perlu hotel bintang 5 sebagai tempat istirahat yang nyaman. Kamu bisa menginap di kos atau rumah temanmu yang berada di daerah tujuan wisatamu. Ini bisa memangkas pengeluaran sehingga kamu bisa lebih hemat. Meskipun gratis, berikanlah sedikit buah tangan sebagai tanda terima kasih kepada temanmu. 

3. Hindari Tanggal Merah atau Hari Libur Besar

Pemilihan tanggal tidak bisa kamu sepelekan jika ingin berlibur dengan biaya murah! Biasanya, tarif objek wisata beserta toko oleh-oleh akan sedikit lebih mahal jika dibandingkan hari biasa. Jadi tentukan tanggal perjalanan dengan baik, ya!

4. Carilah Objek Wisata yang Gratis agar Lebih Hemat Lagi!

Situ Patenggang, Bandung (unsplash.com)

Selain pemilihan tanggal, kamu bisa lebih hemat lagi dengan memilih spot wisata gratis untuk menekankan biaya. Pilihlah objek wisata yang gratis seperti pemandangan alam sungai, perbukitan, atau pantai. Biaya tiket masuk objek wisata gratis ini bisa kamu alihkan untuk biaya makananmu atau biaya lainnya, kan? 

5. Selain Lebih Seru, Travelling Menggunakan Motor Juga Lebih Murah! 

Transportasi memang menjadi hal yang paling memakan banyak biaya perjalananmu. Untuk menekankan biaya ini, ajaklah temanmu agar bisa berbagi biaya bensin dengan travelling menggunakan motor pribadimu sebagai solusinya. Dengan begitu, kamu bisa travelling dengan biaya yang lebih hemat! 

6. Gunakan Aplikasi Online untuk Dapatkan Potongan Biaya

Jika keadaanmu tidak memungkinkan untuk menginap di rumah temanmu dan travelling memakai motor, kamu bisa booking secara online untuk penginapan dan tiket transportasi melalui aplikasi yang sudah tersedia. Biasaya, aplikasi-aplikasi ini menawarkan banyak potongan diskon hingga menyediakan voucher online gratis untuk pesan makanan, lho! Kamu juga bisa survei harga untuk membandingkan penginapan yang lebih murah. Jadi jangan malas untuk mencari informasi, ya! 

7. Dengan Mengikuti Program Volunteer Kamu Bisa Jalan-Jalan Tanpa Biaya! 

(unsplash.com)

Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan status mahasiswa, lho! Salah satunya beberapa lembaga atau yayasan sering kali mengadakan program volunteer di suatu daerah bahkan luar negeri secara fully funded atau gratis tanpa biaya! Dari biaya transportasi, penginapan, hingga biaya makan akan ditanggung. Kamu bisa mendapatkan informasi seputar lowongan volunteer di sosial media seperti instagram.

Nah itu dia 7 tips travelling murah untuk kamu yang mahasiswa ingin mencoba travelling. Meskipun seru, kamu harus tetap perhatikan tanggung jawab perkuliahanmu, ya! Jadi, sekarang tidak ada alasan untuk tidak mencoba travelling, kan? Kamu bisa cari berbagai informasi travelling yang kamu butuhkan melalui Atourin. Silakan kunjungi website Atourin untuk informasi yang lebih lengkap, ya!