Keramaian dan kesibukan di perkotaan seringkali membuat kita kelelahan. Buat Sobat Atourin yang jenuh dengan suasana kota, liburan ke Bali sudah pasti menjadi salah satu pilihan untuk healing. Tepat 32 KM ke arah utara dari Kota Denpasar, ada Desa Wisata Kenderan yang cocok banget kamu singgahi untuk liburan kamu!

Desa Kenderan merupakan salah satu desa di Bali yang menyimpan banyak peninggalan sejarah. Terletak di Kabupaten Gianyar, desa ini memiliki nama yang berasal dari kata Ke-Indra-an yang artinya Istana Dewa Indra. Atas dasar opini masyarakat tersebut, lambang dari Dewa Indra dijadikan sebagai lambang dari Desa Kenderan. Desa yang berudara sejuk ini menawarkan beraneka ragam fasilitas bagi wisatawan yang berkunjung, seperti penginapan, kafetaria, outbound, dan area wifi. Selain itu, terdapat juga Air Terjun Manuaba (Manuaba Waterfall) yang memiliki keunikan yakni percampuran dari ketujuh mata air suci yang mengalir melalui Air Terjun Manuaba sehingga memancarkan aura kesucian dan efek penyembuhan bagi yang mempercayainya, serta didukung dengan adanya hamparan sawah yang luas membentang dengan pemandangan Gunung Agung yang menjadikan perjalanan ke Air Terjun Manuaba sangat menyenangkan.

Air Terjun Manuaba yang Indah

Air Terjun Manuaba merupakan air terjun yang indah dan suci karena diyakini terdiri dari tujuh sumber mata air campuhan. Air Terjun Manuaba merupakan representasi dari kesucian Tirta Campuhan Pitu (7). Tirta yang diyakini sebagai berkah Betara (Bahasa. Indonesia: dewa) di Danau Batur yang keluar dari Empelan Manuaba di Pura Buka Banjar Bayad Desa Kedisan yang mengaliri sawah dan daerah sekitarnya. Keunikan lain dari air terjun ini adalah pemandangan sawah sepanjang perjalanan menuju pintu masuk atau pos. Kita dapat melihat hijaunya sawah yang luas membentang dengan berlatarkan pemandangan Gunung Agung. Tidak hanya itu, kita juga bisa menikmati aliran air yang keluar dari goa tinggi di tebing bebatuan, yang di bawahnya terdapat Tirta Celebutan atau Celebutan holy water. Warga setempat meyakini bahwa Tirta Campuhan Pitu (7) yang bertemu menjadi satu di Air Terjun Manuaba memiliki manfaat untuk pembersihan jiwa dan raga dari aura negatif.

Prosesi Agama Hindu Warga Desa Kenderan

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum berkunjung ke Kenderan. Yang pertama, pengunjung harus melapor telebih dahulu sebelum memasuki kawasan wisata (pos jaga). Tamu harap melakukan reservasi dalam 2 hari sebelumnya, jika tidak mengabari informasi kedatangan maka akan dianggap telah melakukan pembatalan reservasi. Yang kedua, areal di sekitar air terjun adalah kawasan suci. Maka itu, pengunjung wajib menjaga kebersihan lingkungan area wisata dan tidak diperkenankan buang air kecil sembarangan.

Sarkofagus di Desa Kenderan

Untuk mencapai Desa Wisata Kenderan, kamu bisa mencoba menyewa taksi atau rental mobil dari Denpasar. Jangan lupa, gunakan aplikasi Atourin untuk mendapat kemudahan akses ke Air Terjun Manuaba di Desa Wisata Kenderan, ya. Kamu bisa membeli tiket masuk ke air terjun ini dan berbagai atraksi menarik di Desa Wisata Kenderan melalui Atourin Virtual Management System (AVMS). Di AVMS, kamu bisa membeli tiket ke berbagai destinasi wisata yang seru di Indonesia. Sampai jumpa di Kenderan dan selamat ber-healing ria!