(Salsabilla Hisyana Zahra)

Mulai kehabisan pilihan tempat seru untuk dikunjungi di Jakarta? Yuk coba wisata berbagai museum di Jakarta!  Selain museum yang membahas tentang sejarah, di Jakarta banyak juga loh museum berupa artspace yang merupakan wadah bagi seniman menuangkan karya-karya seninya. Museum pada umumnya memang menampilkan karya seni, namun tidak sedikit di antaranya juga menyediakan aktivitas seru untuk kamu coba. Dengan mengunjungi museum, kamu berupaya mengapresiasi para pegiat seni yang ada, selain itu kamu juga dapat menambah wawasan, teman, dan tentu saja koleksi foto untuk kamu posting atau sekedar kamu simpan.

Untuk kamu pecinta seni, atau sekedar penasaran ingin tahu, berikut ini beberapa museum galeri yang wajib kamu coba kunjungi bersama orang-orang terdekatmu!

BIASA Artspace

Berawal dari tujuan untuk menjembatani pertemuan pendirinya dengan para seniman muda di Jawa dan Bali, BIASA Artspace merupakan galeri seni yang tidak biasa. BIASA Artspace senantiasa berkembang menjadi wadah bagi para seniman untuk melakukan dialog dan interaksi dengan publik. Pameran yang diadakan di galeri ini juga terkenal ‘tidak biasa’ seperti contohnya pameran karya Arya Pandjalu yang mengubah ruang galeri tersebut menjadi taman dengan hewan-hewan kecil atau pameran karya Sara Nuytemans yang menghadirkan ciptaan rasi bintang. Dengan demikian, pengunjung yang datang ke sini senantiasa mendapatkan pengalaman yang unik dan menarik. Selain galeri seni, kamu juga dapat mengunjungi butik dari brand BIASA.

Ilustrasi Pameran Lukisan

Galeri Salihara

Galeri sahara memiliki desain bangunan silindris sehingga memberikan ruang dan sudut pandang yang luas bagi para pengunjungnya. Bentuk galeri yang bundar tersebut juga senantiasa memberikan kesempatan bagi para seniman untuk mengeksplorasi ruang tersebut dalam memamerkan karyanya, maka dari itu banyak pameran yang dinilai unik pada galeri ini. Selain sebuah galeri seni, di sekitar tempat ini juga terdapat kedai, teater, anjung, dan juga beberapa gerai yang menjual berbagai buku, aksesoris pernak-pernik, dan lain-lain. Berbagai fasilitas yang ditawarkan di tempat ini memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai aktivitas.

Art:1 New Museum

Kesan artsy yang diciptakan dari arsitektur museum ini akan langsung kamu rasakan saat melangkahkan kaki ke depan pintu museum ini.  Art:1 New Museum yang dahulu bernama Mon Décor Gallery ini menyimpan berbagai koleksi lukisan, patung hingga karya instalasi mulai dari karya seniman ahli, seniman modern, hingga seniman kontemporer. Selain sebuah galeri seni, tempat ini juga menyediakan jasa konsultasi seni, restorasi seni dan pendidikan seni. Art:1 Museum ini merupakan satu-satunya museum yang memiliki standar operasional internasional, oleh sebab itu harga yang ditawarkan juga cukup mahal dibandingkan dengan museum-museum lainnya di Jakarta.

Ilustrasi Pameran Lukisan

Dia.Lo.Gue.

Galeri yang dilengkapi dengan kafe ini sudah sangat populer bagi kaum muda, terlebih lagi spot foto tangga melayangnya yang fenomenal. Konsepnya yang santai dan berbagai instalasi desain dan seni yang modern sangat menarik perhatian pengunjungnya untuk datang baik menikmati seni yang ada maupun sekedar ngopi bersama. Tema yang diusung di tempat ini juga seringkali berubah setiap bulannya dengan mengangkat isu yang ada di lingkup sosial tanpa menghilangkan konsep modern yang ada. Dia.lo.gue memang memiliki tujuan mengajak anak muda untuk lebih mengenal dunia seni, selain itu juga menjadi media komunikasi yang diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni kontemporer. Karena konsepnya yang menarik dan nyaman, tempat ini juga sering dijadikan sebuah acara festival seni dan semacamnya.

Ruci Artspace

Nama Ruci diambil dari kata Sansekerta yang memiliki arti ‘sumber cahaya’ dan ‘rasa’, maksud yang ingin disampaikan adalah Ruci berusaha memberikan secercah cahaya kepada kerumunan apatis dengan karya seni yang menggugah selera. Ruci Artspace merupakan ruang seni yang memiliki tujuan untuk merangkul semua kalangan untuk berkontribusi membentuk dan mempertahankan identitas budaya Indonesia yang terus berkembang. Seni yang biasanya ditampilkan di sini berupa lukisan, fotografi, patung, dan video. Selain sebuah galeri seni, pada lantai bawah gedung ini juga tersedia kafe untuk kamu bersantai sambil ngopi.

Ilustrasi Pameran Video

Museum MACAN

Museum MACAN dapat disebut sebagai salah satu museum favorit kaum muda saat ini, karena tempat dan koleksi seni yang ditawarkan selalu instagrammable. Museum ini menampilkan sekitar 90 karya seni rupa modern dan kontemporer dari Indonesia maupun seluruh dunia. Museum MACAN juga tidak hanya menampilkan lukisan, tetapi juga menampilkan berbagai medium, teknik dan seni instalasi dengan gaya kontemporer. Selain menampilkan karya seni, museum ini juga dapat menjadi sarana edukasi untuk anak sekolah dan para penikmat seni. Jika kamu mencari museum yang sangat bagus dijadikan tempat untuk ajang foto-foto, tempat ini sangat sesuai karena selain tempatnya yang keren, disediakan pula beberapa instalasi khusus untuk kamu berfoto.

Galeri Nasional Indonesia

Berbicara tentang artspace di Jakarta, tidak afdol rasanya jika tidak menyebutkan galeri yang satu ini.  Kamu wajib mencoba mengunjungi galeri milik pemerintah ini yang merupakan bangunan cagar budaya. Galeri ini memiliki koleksi berbagai karya seni seperti lukisan, sketsa, patung, keramik hingga seni instalasi. Sampai saat ini terdapat 1.785 koleksi karya seniman  Indonesia dan mancanegara. Galeri Nasional Indonesia ini juga seringkali mengadakan seminar, diskusi, workshop hingga performance art.  Sehingga kamu tidak hanya menikmati karya seni , galeri ini memberi kesempatan bagi kamu untuk berinteraksi dengan karya seni yang ada.

Dengan berbagai referensi galeri seni di atas harapannya kamu dapat turut ikut serta dalam pengembangan dan pengapresiasian seni.  Beberapa galeri secara rutin mengadakan pameran yang berbeda beda baik setiap tahun maupun setiap bulannya, sehingga setiap kamu berkunjung ke sana, kamu akan menemukan karya baru dan suasana yang baru. Memang tidak semuanya gratis, namun tentunya pengalaman dan wawasan yang kamu peroleh akan sepadan dan terbayarkan.

Namun perlu diperhatikan  bahwa sebagian besar galeri seni di atas memiliki waktu pameran yang berbeda-beda sehingga kamu disarankan untuk memeriksa jadwalnya terlebih dahulu sebelum datang berkunjung. Kamu dapat memeriksa jadwal kegiatan melalui website atau akun media sosial galeri tersebut. Perlu diperhatikan juga peraturan peraturan dan etika yang ada pada masing-masing galeri, karena bisa saja setiap galeri memiliki peraturan yang berbeda-beda. Sehingga, ketika sampai disana kamu sudah siap menikmati seni yang ada tanpa khawatir dengan hal-hal lainnya.