(Ragil Melindah)

Solo traveling memang pilihan terbaik untuk mengisi waktu liburanmu! Selain berwisata, solo traveling juga bisa sebagai media untuk mengenal diri sendiri. Meskipun seru, solo traveling agak sedikit butuh perhatian ekstra khususnya bagi wanita. Tapi itu bukan alasan untuk tidak mencoba solo traveling loh! Yuk simak tips dan trik ini agar kamu bisa tetap berwisata dengan aman!

Cari tahu tentang tujuan wisatamu

Langkah utama sebelum melakukan traveling tentu saja kamu harus membuat perencanaan dengan matang. Tidak perlu terlalu rinci, setidaknya kamu tahu apa yang akan kamu lakukan selama perjalananmu.

Kasih tahu tentang rencana perjalanan dengan orang yang kamu percayai!

Penting untuk memberi tahu tentang rencana perjalananmu dengan kerabat terdekat. Dengan begitu, secara tidak langsung mereka bisa sedikit memantau kegiatanmu.

Pastikan kamu memiliki koneksi internet!

Selain uang, internet adalah alat terbaik yang akan membantu perjalananmu. Internet akan membantu mendapatkan informasi seputar tempat wisata atau daerah asing yang menjadi tujuan wisatamu. Selain membantu dalam hal perjalanan, internet juga bisa membuatmu keep in touch dengan kerabat yang jauh. Jadi, pastikan kamu memiliki persediaan kuota, ya!

Jika memungkinkan, berwisatalah di siang hari

Akan sedikit lebih banyak resiko ketika kamu berpergian di malam hari. Kamu akan sulit untuk menghafal atau sekedar beradptasi dengan daerah asing ketika malam hari. Jika kamu benar-benar ingin berpergian pada malam hari, pastikan kamu tetap berada di karamaian dan jangan pulang larut malam, ya!

Ilustrasi Wisata di Siang Hari

Jangan berikan alamat penginapanmu!

Jangan pernah memberitahu kepada orang asing tentang alamat penginapanmu, ya! Hal ini bisa kamu lakukan untuk antisipasi ketika ada seseorang yang memiliki niat jahat ingin memata-mataimu, lho!

Memiliki versi kedua dari dirimu

Selain tidak memberitahu tentang alamat penginapanmu, memiliki versi kedua dari dirimu juga bisa menjadi alternatif untuk melindungi diri dari orang yang ingin mengintaimu. Kamu bisa memalsukan identitas ketika berkenalan dengan orang baru. Atau hanya sekedar mengatakan berwisata dengan keluarga ketika kamu sedang solo traveling. Jadi, harus tetap hati-hati, ya!

Berpikir dan bertindaklah seperti penduduk lokal!

Salah satu cara beradaptasi di daerah baru adalah dengan berprilaku seperti penduduk lokal. Mungkin kamu akan membutuhkan waktu sehari atau dua hari untuk mengamati seperti apa kebiasaan kehidupan penduduk lokal. Dengan begitu, kamu bisa lebih berbaur dengan masyarakat dan tidak terlihat seperti “turis asing”. Cara ini juga akan membuatmu semakin percaya diri ketika berpergian.

Ilustrasi Jalan-Jalan Sendiri

Trust your instinct

Di sinilah kamu bisa belajar untuk mengenal diri lebih dalam dan mengasah kekuatan instingmu. Mulailah untuk belajar percaya diri, hadapi keraguan karena hal itu bisa menjadi penghambat perkembangan dalam dirimu. Jadi gunakan kesempatan ini untuk terus belajar mencintai diri sendiri, ya!

Simpan nomor kontak penting

Penting untuk tahu dan menyimpan nomor-nomor kontak penting seperti kantor polisi terdekat, rumah sakit atau klinik kesehatan atau fasilitas mendasar lain yang kiranya kamu butuhkan ketika berpergian. Kamu juga harus paham dimana lokasi-lokasinya. Jadi ketika dibutuhkan, kamu tidak perlu repot lagi mencari informasi dari awal.

Jangan memakai perhiasan atau gadget yang mencolok

Keep down to earth adalah kunci yang artinya kamu perlu menjaga penampilanmu sesederhana mungkin dengan tidak memakai banyak perhiasan atau menggunakan gadget di tempat umum secara berlebihan. Hal ini akan menjagamu lebih aman dari timbulnya potensi kejahatan.

Ilustrasi Jalan-Jalan Sendiri

Bawa uang secukupnya

Bawalah uang secukupnya dan simpan uang itu di berbagai tempat, jangan hanya di satu tempat saja. Jika uangmu habis, tinggal pergi ke ATM terdekat. Dua hal ini akan membuatmu lebih tidak beresiko atas potensi kecopetan atau tindakan kriminal lainnya.’

Pelajari basic self-defense skill

Ada banyak martial art atau bela diri yang bisa kamu pelajari sebagai bentuk persiapan jika, dalam kondisi yang buruk, di perjalanan kamu bertemu dengan orang jahat. Jika ada waktu, maka kamu pelajari salah satu bela diri ini ya.

Nah, itu dia beberapa tips dan trik berpergian yang aman untuk wanita! Meskipun solo traveling adalah yang menyenangkan, namun kita tetap harus hati-hati, ya! Sekarang kamu tidak memiliki alasan untuk tidak melakukan solo traveling, bukan? Yuk simak tips dan trik berserta info wisata lainnya dengan mengunjungi website Atourin!