Hai Atourin explorer!

Gimana kabar kalian semua? semoga selalu sehat dan selalu bisa beraktivitas yaa gimana ni kamu pasti udah ga sabar kan untuk baca artikel-artikel kece dari atourin kan? 

Untuk pembahasan kali ini atourin bakal ngebahas tentang Bengkulu kalian tau ga si Bengkulu ada dimana? di Indonesia pastinya hehehe, Bengkulu terletak di pesisir laut, bersebelahan dengan Samudera Hindia, sehingga hampir semua sejumlah besar makanan khasnya berbahan baku ikan laut yang menjadi potensi dan kekayaan alam wilayah pesisir.

Image result for peta bengkulu

Photo By Sejarah Negara.com

Buat kamu semua kalo lagi liburan pastinya bawa oleh-oleh atau cendramata untuk saudara dan tetangga kamu yang ingin atau sedang berada di bengkulu gaperlu binggung atourin punya banyak info ni buat oleh-oleh apa aja si yang kece di Bengkulu. berikut ulasannya 

1. Lempuk Durian

Oleh-oleh Khas Palembang
Sumber gambar: Wikpedia

Bengkulu terkenal dengan olahan Buah Durian. Agar bisa dikonsumsi jangka panjang, masyarakat mengolah Buah Durian menjadi olahan makanan yang mirip seperti dodol dan berbahan tepung gandum. Olahan makanan tersebut disebut dengan Lempuk Durian. Untuk membeli buah tangan khas Bengkulu satu ini, kamu bisa cek toko oleh-oleh di jalan Soekarno Hatta atau mendapatkannya secara online

2. Manisan Terong

Oleh-oleh khas Bengkulu
Sumber gambar: Tokopedia

Oleh-oleh khas Bengkulu menarik lainnya ialah Manisan Terong. Jika biasanya Terong diolah dengan digoreng atau disayur, masyarakat Bengkulu mengolahnya menjadi manisan. Oleh-oleh asal Provinsi Bengkulu yang berbahan dasar terong ungu serta gula pasir ini konon rasanya seperti buah kurma Kenyal dan manis.

Dengan daya tahan Manisan Terong yang dapat mencapai 3 minggu, makanan ini cocok dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh. Cukup banyak toko-toko yang menjajakan kurma khas Bengkulu ini dengan harga mulai dari Rp. 8.000 per kemasan.

3. Emping Bengkulu

emping-bengkulu

Photo By wikipedia

Emping merupakan sejenis makanan yang terbuat dari biji buah melinjo yang digodok lalu ditumbuk untuk dimemarkan. Emping bisa dijadikan camilan saat bersantai bersama keluarga tercinta atau sebagai suguhan untuk tamu yang bertandang ke rumah.

Jenis makanan ringan yang satu ini biasa dijual dalam bentuk mentah belum digoreng. Harga per kilogramnya cukup lumayan bisa sampai ratusan ribu rupiah dikarenakan bahan baku dan proses pembuatannya yang cukup memakan waktu. Oleh oleh khas Bengkulu Selatan ini bisa di temukan di toko-toko yang menjajakan makanan khas daerah bumi rafflesia.

4. Kopi Bengkulu

Image result for kopi bengkulu

Photo by Bengkulutoday.com

Aceh dan Sumatera merupakan wilayah penghasil kopi yang cukup potensial dimana dan terkenal baik nusantara maupun mancanegara. Bengkulu yang merupakan wilayah bagian dari Pulau Sumatera juga merupakan memiliki cita rasa kopi yang khas.

Banyak wisatawan menjadikan kopi Bengkulu ini sebagai oleh-oleh khas untuk dibagikan kepada kerabat dekat. Jika ingin memboyong kopi Bengkulu ini sebagai buah tangan, Anda bisa mendatangi toko kopi ataupun sentra oleh-oleh dikisaran pusat kota. Kemasan yang ditawarkan cukup beragam mulai dari bungkusan kecil hingga kiloan.

5.Batik Berusek

batik-besurekPhoto By Instagram (@batik_ceceh)

Warisan leluhur bangsa Indonesia diantaranya adalah kain batik yang hadir dengan motif khas dari masing-masing daerah. Di Bengkulu sendiri, ada batik besurek dengan ciri khas motif kaligrafi yang dipadukan dengan motif lain seperti rembulan, relung paku, bunga rafflesia, dan burung kuau. Kain batik ini dibuat dengan tidak menggunakan mesin cetakan alias asli tulis tangan sehingga kualitasnya pun mampu bersaing dengan batik daerah lain.

Batik Besurek cocok dijadikan sebagai bahan sarung, bawahan hingga atasan pakaian. Selain makanan dan minuman khas, batik besurek bisa juga dijadikan pilihan oleh oleh khas Bengkulu.

6. Kerajinan dari Kulit Lantung

kerajinan-dari-kulit-lantungPhoto by Instagram (@yogi_issigie)

Lantung merupakan sebutan untuk kulit kayu kerap yang tumbuh didaerah Bengkulu. Tekstur dari kulit lantung sendiri adalah berserabut dan lumayan kasar dan para pengrajin biasanya mempertahankan warna aslinya. Lantas apa saja bentuk kerajinan dari kulit lantung tersebut?

Jawabannya adalah bermacam-macam seperti tas, gantungan kunci, pigura, miniatur bunga rafflesia hinga kota Bengkulu. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Spesialnya, kerajinan kulit lantung ini hanya bisa ditemukan di Bengkulu, Jadi jangan lewatkan untuk membelinya sebagai oleh-oleh.

Nah, itulah tadi beberapa daftar jual oleh oleh khas Bengkulu mulai dari makanan, minuman, pakaian, hingga kerajinan. Keragaman tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Bengkulu masih menjaga warisan leluhur bangsa Indonesia. Untuk turut berpartisipasi, membeli oleh-oleh khas saat berkunjung ke bumi rafflesia merupakan salah satu upayanya. Selain itu, membeli produk dalam negeri juga mampu meningkatkan laju ekonomi serta menumbuhkan cinta pada budaya bangsa sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat dan mampu menambah pengetahuan tentang Bengkulu dan ciri khas yang sayang jika di lewatkan.