(Gaby Vanessa Br Sembiring)

Sumatera Utara merupakan provinsi dengan berbagai destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Wisata di sini baik alam, budaya, sejarah, minat khusus, dan lainnya.. Cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga, teman, atau juga pasangan kamu loh!

Kali ini kita bakal membahas Kota Berastagi yang berjarak sekitar 60 km dari Kota Medan. Berastagi bisa ditempuh sekitar 1 jam 30 menit untuk sampai ke kota ini. Berastagi terletak di area pegunungan, karena itu kamu akan merasakan atmosfer yang berbeda dengan udaranya yang sejuk.

  1. Penatapen

Tempat ini dekat dengan hamparan hutan hujan tropis yang merupakan habitat bagi orang utan. Daerah ini disebut Penatapen atau berarti tempat menatap, yang merupakan awal dari perjalanan yang dapat dinikmati ketika menuju Berastagi. Kalian juga bisa beristirahat sembari menikmati pemandangan indah Kota Deli Serdang. Ada banyak penjual yang menjajakan jagung bakar, camilan, teh panas untuk mengganjal perut sembari menikmati pemandangan.

  1. Pemandian air panas sidebuk–debuk

Ketika meneruskan perjalanan, kamu bisa singgah di pemandian air panas yang sumber air panasnya diperoleh langsung dari sumber air panas Gunung Sibayak. Gunung ini merupakan salah satu gunung terletak di Kabupaten Karo ini selain Gunung Sinabung. Harga yang ditawarkan juga cukup relatif terjangkau yaitu sekitar Rp15.000,00-Rp20.000,00 per orang dan kamu sudah bisa menikmati pemandian di sini sepuasnya.

  1. Gundaling

Masuk ke daerah Berastagi, ada bukit yang terkenal dan dinamakan Bukit Gundaling. Bukit ini memiliki cerita unik dari asal penamaannya. Konon katanya seorang pribumi yang menjalin kasih dengan orang asing. Namun mereka harus berpisah karena jarak mereka yang memisahkan dan akhirnya mereka berpisah di bukit itu. Kata “Goodbye my darling” sempat diduga menjadi awal dari kata Gundaling. Namun, ada banyak versi asal usul yang berkembang di tengah masyarakat. Yang pasti bukit ini terkenal karena keindahannya dimana kamu bisa menatap keseluruhan Kota Berastagi, dan juga berolahraga di sana. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyewa kuda untuk berkeliling loh!

  1. sidebuk–debuk

Bukit ini sedikit berbeda dengan Bukit Gundaling. Bukit Kubu terdiri dari banyak gundukan dengan hamparan rerumputan yang luas sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin berpiknik bernuansa outdoor, bermain bola dengan keluarga atau bermain layang–layang.

  1. Pasar buah

Berastagi juga terkenal dengan produksi buah–buahan juga sayuran yang memang sudah diekspor ke mancanegara. Pasar buah ini menjajakan berbagai buah dan sayuran lokal yang sangat segar. Selain itu, kamu juga bisa membeli beberapa oleh–oleh, seperti baju, gantungan kunci, dan aksesoris lainnya.

  1. Mikie Funland

Berastagi juga punya taman bermain terbesar di Sumatera Utara loh! Taman bermain ini punya puluhan atraksi wahana yang bisa kamu nikmati. Terletak di Mikie Holiday Hotel and Resort, kamu harus membayar Rp100.000,00 untuk menikmati wahana di sini seharian dan sepuasnya. Stttt! Sekedar informasi, Boyband asal Korea Selatan yaitu BTOB juga pernah bermain di Funland ini loh! Saat menggelar konsernya di Mikie Star Theater tahun 2015 silam.

Masih ada banyak sekali tempat dan atraksi yang dapat dinikmati ketika berkunjung ke Berastagi. Jangan ragu untuk berwisata ke tempat ini, karena memang Berastagi tidak kalah dengan wilayah lain. Kalau kamu mau tahu informasi lain mengenai wisata di Indonesia, jangan lupa untuk terus pantengin websitenya Atourin atau follow sosial medianya Atourin. Dengan Atourin, wisata jadi lebih menyenangkan! Ciao!