(Olga Laurenza)

Jika kamu sedang mencari tempat seru untuk sekadar nongkrong atau berbelanja, Blok M tentu bisa menjadi pilihan. Kawasan ini telah lama menjadi destinasi favorit bagi muda-mudi di Jakarta, bahkan sejak tahun 1980—1990-an. Selain karena letaknya yang strategis, kawasan Blok M dikenal sebagai surganya fashion, buku, kuliner, dan masih banyak lagi.

Pada era ’80—’90-an, kawasan Blok M, khususnya Jalan Melawai, menjadi tujuan favorit anak-anak muda yang mencari hiburan, bersosialisasi dengan teman, atau bahkan berburu barang-barang bermerek di pusat perbelanjaan seperti Aldiron Plaza (Blok M Square), Melawai Plaza atau Pasaraya. Istilahnya, belum “gaul” kalau belum bertandang ke Blok M.

Namun, seiring berkembangnya kota Jakarta, banyak mal-mal atau pusat hiburan yang ikut bermunculan dan semakin menjamur dimana-mana. Kemunculan mall-mall yang lebih modern ini nyatanya mampu menggeser pamor Blok M yang semula menjadi primadona.

Meskipun sempat meredup, tetapi keberadaan Moda Raya Transportasi (MRT) bisa kembali melambungkan namanya. Blok M tetap menjadi salah satu pilihan menarik bagi kamu yang ingin melepas penat. Berikut beberapa area di Blok M yang bisa kamu eksplor:

Ilustrasi Toko Buku

Surganya Buku Murah

Bagi pecinta buku, tentu lapak buku murah di Blok M tidak boleh terlewatkan. Lapak buku di Blok M terletak di lantai paling dasar Blok M Square. Buku murah yang dijual pun sangat beragam; mulai dari novel, buku pelajaran sekolah, hingga komik yang bisa kamu dapatkan baik dalam kondisi bekas atau masih baru. Soal harga, kamu juga bisa bernegosiasi dengan para penjual buku agar mendapat harga terendah. Rata-rata lapak buku di Blok M ini buka dari pukul 10.00—21.00 WIB.

M Bloc Space yang Sedang Hits

Salah satu spot yang berada di Jalan Panglima Polim Raya ini masih terbilang baru. M Bloc Space berdiri di atas lahan bekas rumah dinas Peruri yang sempat mati suri. Ruang publik ini ternyata menjadi wadah bagi anak-anak muda Indonesia untuk berkreativitas. Kalau kamu ingin nongkrong sambil makan, boleh tengok Suwe Ora Jamu, Kedai Tjikini, atau Tokyo Skipjack.

Bagi para pecinta fashion, boleh intip brand-brand lokal seperti Unionwell yang kualitasnya tak perlu diragukan. Ada pula toko-toko musik, pernak-pernik lucu, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada pula live music dan spot mural yang bisa kamu nikmati. Pokoknya, lengkap!

Sayangnya, M Bloc Space belum menyediakan lahan parkir sehingga kamu harus menaiki transportasi umum seperti MRT atau bus Transjakarta.

Ilustrasi Makanan Jepang

Wisata Kuliner dengan Nuansa Jepang

Kawasan yang disebut “Little Tokyo” ini terletak di Jalan Melawai. Sepanjang jalan, kamu bisa merasakan atmosfir khas Jepang yang kental. Selain supermarket yang menjual barang-barang impor Jepang, berbagai restoran autentik ala negeri sakura ini juga menjadi andalan utama, sebut saja Daitokyo Sakaba, Kashiwa, hingga Echigoya Ramen. Beberapa restoran buka ketika menjelang sore, jadi disarankan kamu datang pada jam-jam tersebut.

Nah, itulah beberapa area yang bisa kamu kunjungi di kawasan Blok M. Meskipun tidak se-gaul dulu, tetapi Blok M masih menjadi tujuan yang menyenangkan dengan paket lengkap; terutama bagi anak-anak muda. Apalagi kini telah hadir Moda Raya Transportasi (MRT)yang langsung terintegrasi dengan Plaza Blok M, tentu semakin mempermudah para pengunjung untuk menjangkaunya.

Di era new normal ini, beberapa area di Blok M telah dibuka seperti biasa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kalau kamu berkunjung, harap ikuti protokol kesehatan dengan baik, ya!

Kamu juga bisa menemukan banyak informasi dan inspirasi jalan-jalan yang menarik di berbagai daerah di Indonesia dan informasi pariwisata lainnya, tentunya hanya di website Atourin!