Time to Read: 12 menit

(Ridwan Satrio Hadikusuma)

Semasa pandemi tentu membuat kehidupan terkesan sedikit membosankan. Tak jarang Kita selalu berandai-andai menentukan destinasi wisata yang akan didatangi selepas pandemi ini. Buat Kalian yang berada di jawa tengah, terdapat destinasi wisata menarik yang jarang diketahui namun kayak untuk dikunjungi. Dimana lagi kalau bukan Jepara! Tanah Jawa Yang dikenal dengan bumi Kartini ini memiliki beragam destinasi wisata yang sangat melepas rasa jenuh semasa pandemi baik wisata kuliner, budaya maupun objek wisata lainnya.

Beragam informasi destinasi wisata disuguhkan dengan sangat informatif dan menarik dengan penjabaran yang sederhana dan mengundang penasaran, dilengkapi foto-foto yang memanjakan mata, membuat pembaca terasa tak berjarak dengan penulisnya dan serasa berada di tempat yang diceritakan. Berikut merupakan informasi terkait destinasi yang dapat kamu coba untuk melepas kejenuhan pasca pandemi. Artikel ini berisi informasi sekaligus menjadi rekomendasi bagi kamu yang ingin berwisata dengan dana yg terjangkau.

Pantai Bandengan

Salah satu Dari berbagai objek wisata dari berbagai tempat wisata yang menarik di Jepara adalah Pantai Tirto Samudro atau yang lebih dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan Pantai Bandengan. Pantai Bandengan kami rekomendasikan karena menjadi destinasi wisata yang murah serta strategis karena letaknya yang mudah diakses dan dijangkau dari Kudus, Solo, Semarang, Malang, dan berbagai kota besar di Jawa Tengah lainnya.

Karena letaknya di pesisir utara Pulau Jawa membuat pantai indah ini memiliki arus laut yang tenang dan tidak terlalu kuat seperti pantai pantai di wilayah selatan sehingga sangat aman bagi wisatawan segala umur termasuk anak-anak. Namun tentunya masih di bawah pengawasan orang tua. Tampilan pantai bandengan sangat memukau dengan hamparan pasir putih keemasan dengan pemandangan birunya air laut yang belum tercemar. Pantai ini juga dilengkapi dengan siur-siur angin Yang membuat tubuh kamu merasa lebih relax. Di samping pemandangannya yang memukau, Pantai Bandengan juga dilengkapi berbagai wahana permainan air yang sangat lengkap dan dapat disewa. Salah satunya adalah bermain banana boat sepuasnya, tarif yang ditawarkan berkisar dari Rp 35.000,00 hingga Rp 50.000,00. Bersantai ria dengan keluarga sambil menikmati indahnya pemandangan pantai akan terasa sangat menenangkan, terutama saat menyantap makanan khas Jepara.

Berbagai tempat makan pun tersedia sepanjang jalan Pantai Bandengan dan tentunya dengan harga yang sangat bersahabat di kantong. Bagi pelancong  yang ingin menginap, tersedia berbagai macam penginapan di sekitar pantai ini. Bagi kamu  Yang gemar berfoto ria untuk diunggahke media sosial, kami rekomendasikan untuk datang ke pantai ini saat sore hari. Suasana matahari terbenam di pantai ini sangatlah cantik sehingga cocok bagi kamu yang ingin berfoto. Kalian juga dapat membakar ikan atau menyantap seafood lainnya sambil menikmati terbenamnya matahari. 

Nah, wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini harus membayar tiket masuk yang  relatif murah mengingat indahnya pemandangan Yang disajikan pantai ini.  Tarif masuk tersebut merupakan bagian dari retribusi pembangunan tempat wisata ini.

Untuk hari kerja Senin-Jumat orang dewasa akan dikenakan tarif sebesar Rp 3.000,00 rupiah dan anak-anak Rp 2.000,00 rupiah. Sedangkan untuk hari libur, orang dewasa akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000,00 rupiah dan anak-anak sebesar Rp 3.000,00, Sedangkan tidak terdapat biaya parkir karena sudah termasuk dalam harga tiket masuknya.

Pantai Bondo

Rekomendasi selanjutnya adalah objek wisata Pantai Bondo yang terletak di Bondo Bangsri, Kabupaten Jepara. Pantai yang satu ini memiliki suasana yang tidak jauh beda dengan Pantai Bandengan, yakni pasir putih keemasan yang begitu melimpah serta air laut yang hijau agak kebiruan. Dua hal yang dapat membuat mata kita terkagum kagum dengan keindahan suasana pantai ini.  Yang membedakan Pantai Bondo dengan pantai-pantai lainnya di Jepara adalah terlihat dari kejauhan jumlah kapal nelayan yang amat banyak melintasi pantai.  Perlu diingat, tenangnya air pantai di sini patut diwaspadai sebab seringkali ombak besar datang secara tiba-tiba karenanya, jika kamu datang bersama anak-anal, maka awasi terus mereka agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Pantai Bondo (Pantainesia.com)

Saat memasuki Pantai Bondo, kita akan disambut oleh pemandangan gazebo-gazebo di sepanjang jalan yang kadang dipenuhi pengunjung yang singgah menikmati pantai ini bersama keluarga. Di pantai ini juga memiliki beragam spot foto yang tidak kalah menarik dengan Pantai Bandengan. Tidak hanya spot foto, disekitar sini juga tersedia café-café berkelas namun dengan harga yang  sangat terjangkau sehingga Pantai Bondo ini lebih sering dikunjungi oleh remaja-remaja millennial daripada orang dewasa yang membawa keluarganya.

Di sekitar pantai ini saya tidak menemukan bangunan hotel, jadi bagi pelancong yang ingin bermalam di sini mau tidak mau harus mendirikan tenda. Pantai Bondo dikenal erat di masyarakat sebagai satu satunya pantai yang masih asri, tidak terdapat bangunan semen di sekitarnya, hanya hamparan pasir putih dengan dikelilingi pohon dan gazebo. Pantai ini cocok bagi kamu yang suka dengan keheningan karena meskipun ramai pengunjung, pantai ini tidak terlalu bising. Saat saya berkunjung ke pantai ini, tidak ada biaya masuk. Hanya tiket parkir saja, untuk motor akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,00 dan mobil Rp 8.000,00. 

Pantai Kartini

R.A. Kartini merupakan sosok pahlawan wanita kelahiran Kota Jepara, namanya kini diabadikan sebagai nama pantai di Jepara. Pantai Kartini menjadi salah satu kebanggaan pariwisata masyarakat Jepara. Pemandangan sekitar yang indah sesuai dengan nama pantainya membuat kita seolah-olah tidak ingin kembali ke rumah. Selain keindahan pemandangan alamnya, terdapat berbagai wahana menarik untuk keluarga dan beragam wisata kuliner yang dapat membuat piknik kamu lebih berwarna.

Saat memasuki area Pantai Kartini, terlihat jelas dari kejauhan sebuah gedung berbentuk kura-kura raksasa. Gedung kura-kura ini merupakan iconik dari pantai Kartini itu sendiri. Pantai kartini juga dilengkapi dengan berbagai wahana untuk bermain anak serta tempat menunggu yang nyaman bagi orang tua yang ingin berelaksasi selama menunggu anak-anaknya bermain. Konon dalam Gedung kura-kura ini, terdapat berbagai macam hiburan seperti pada saat memasuki lantai satu kita akan disuguhkan dengan pemandangan aquarium yang cukup besar serta kolam sentuh kura-kura. Sedangkan di lantai dua merupakan tempat edukasi bagi anak-anak. Untuk memasuki gedung kura-kura ocean ini, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 12.500,00 – Rp 17.500,00. 

Sama halnya dengan Pantai Bondo, Pantai Kartini ini juga memiliki banyak gazebo yang sering digunakan pengunjung untuk berkumpul keluarga sekaligus menikmati indahnya pantai. Lokasi menuju Pantai Kartini juga mudah dijangkau dan dapat diakses oleh kalian yang tinggal di sekitar Jawa Tengah.

Pantai Teluk Awur

Rekomendasi wisata kali ini sangat cocok untuk kalian yang menyukai bersantai dengan sambil melihat sunset. Yaps, Teluk Awur. Pantai yang berlokasi di Desa Teluk awur, Kecamatan Tahunan, Jepara. Dinamakan Teluk Awur karena pantai yang dikenal akan spot sunset-nya ini memiliki karakteristik yang menjorok ke daratan membentuk setengah lingkaran dengan jarak antara pantai dengan daratan cukup pendek. Berbeda dengan pantai pantai yang berlokasi di Jepara, pantai yang satu ini tidak terlalu memiliki tekstur pasir yang bagus namun memiliki suasana hening dengan hembusan angin sayup-sayup sehingga cocok bagi kamu yang ingin melepas stres pasca pandemi ini. Sepanjang jalan menuju Pantai Teluk Awur juga terdapat beragam penginapan dan rumah makan dengan harga yang pas di kantong. Selain ramai pengunjung karena keindahannya, pantai ini juga kerap kali dikunjungi bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing. Menurut keterangan salah satu pengunjung saat saya kesini, ikan di pantai ini cukup banyak dari ukuran kecil hingga besar.

Ombak di pantai ini juga tenang sehingga meninggalkan rasa aman bagi anak-anak namun tetap harus di bawah pengawasan orang tua. Saat berkunjung ke pantai ini tidak dikenakan biaya sepeserpun termasuk biaya parkir, namun selama pandemi jam operasional pantai ini dibatasi dari jam 05.00-22.00 WIB.

Pantai Teluk Awur (Penatawisata.com)

Di sepanjang sisi pantai juga terdapat warung yang dilengkapi dengan tempat duduk dan gazebo. Sangat nyaman dan mudah untuk sekalian makan. Mata pengunjung akan dimanjakan dengan pesona eksotis pohon mangrove yang selain untuk penahan abrasi juga sebagai peneduh di Pantai Teluk Awur. Sebelum terjadi pandemi, pantai ini akan sangat ramai pengunjung bila sore hari. Saat mentari mulai terbenam, keindahan pantai ini akan terasa sangat eksotis dan memukau. Sinar matahari saat terbenam akan membuat langit di Pantai Teluk Awur tampak berwarna jingga hingga kekuning-kuningan ditambah dengan semilir angin yang cocok bagi kamu bila ingin menghilangkan stres paska pandemi.

Itulah rekomendasi wisata pasca pandemi di Jepara bumi Kartini. Sebagian besar pantai ini masih sangat alami. Kalau kamu masih ingin mengeksplorasi wisata pasca pandemi lainnya, kamu hanya tinggal mengunjungi situs Atourin.com. di situs tersebut kamu dapat merencanakan tempat-tempat mana saja yang ingin kamu kunjungi.