(Ririn Atourin)

Berbicara terkait Bali memang tidak ada habisnya. Pulau ini, dengan segala hal yang menarik, selalu menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk berkunjung atau setidaknya tahu berita terbarunya. Nah, bagi kamu Sobat Atourin yang gemar akan seni dan budaya, kali ini Atourin punya berita bagus. Pesta Kesenian Bali atau kerab disingkat PKB kini hadir. PKB adalah rangkaian festival seni budaya yang digelar selama beberapa minggu dan menampilkan banyak atraksi atau pertunjukan dari duta kesenian 8 kabupaten dan 1 kota di Bali. Tidak hanya itu, pertunjukan seni budaya dari berbagai daerah lain di Indonesia serta berbagai negara kerap juga digelar.

Tari Barong Bali

PKB tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-44 dan diselenggarakan sebulan penuh mulai 12 Juni 2022 sampai 10 Juli 2022. Yang menarik adalah setelah dua tahun digelar secara virtual dan tanpa diperbolehkan adanya pengunjung karena pandemi, PKB tahun ini seperti ‘kembali sepenuhnya’. Kasus covid-19 yang melandai membuat penyelenggaraan acara ini boleh disaksikan secara langsung oleh khalayak ramai di Bali Art Centre atau Taman Werdhi Budaya yang berkolasi di Panjer, Denpasar Selatan. Seperti tahun sebelumnya, selalu ada tema yang diangkat dari pesta kesenian ini. Tahun ini bertema Danu Kerthi Huluning Amreta yang bertujuan untuk memuliakan air. Tentu Sobat Atourin tahu bahkan paham betul ya betapa pentingnya air untuk kehidupan semua.

Penari Pendet

Pembukaan PKB tahun ini berlangsung pada Minggu, 12 Juni 2022 bertempat di Monumen Bajra Sandhi, Renon Denpasar. Dihadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Bapak Tito Karnavian, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam sambutannya, Pak Tito Karnavian memberikan apresiasi yang besar bagi para seniman dan seniwati Bali, juga berharap bahwa ini menjadi momen kebangkitan pariwisata di sana. Bali, lanjut dia merupakan kiblat pariwisata dan seni budaya di Indonesia dan menjadi percontohan bagi daerah lain. Acara pembukaan kemudian dimeriahkan oleh pawai atau peed aya dari berbagai delegasi baik kabupaten, kota, maupun instansi. Pembukaan benar-benar berlangsung meriah setelah vakum dua tahun lamanya karena pandemi.

Meriahnya Baleganjur

Selama PKB berlangsung, akan digelar berbagai pertunjukan seni budaya mulai dari aneka tarian, gamelan, drama gong, baleganjur, dan banyak lainnya. Kamu bisa datang langsung ke lokasi penyelenggaraan acara di Panjer, Denpasar dan melihatnya secara gratis. Ada juga banyak pameran dimana kamu bisa belanja produk UMKM Bali serta mencicipi aneka ragam makanan dan minuman khas Bali. Pokoknya bakal seru deh.

Atourin konsisten mengajak Sobat Atourin semua untuk menghargai dan melestarikan seni dan budaya Indonesia, sebagai bagian penting bagi jati diri bangsa kita.