(Hasna Nurul Izzah)

Pada Minggu, 5 Juni 2022, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Bapak Luhut Binsar Panjaitan, mengumumkan bahwa tiket naik ke Candi Borobudur akan diubah menjadi 750.000 rupiah untuk turis domestik. Harga tiket masuk ke pelataran candi tetap 5.000 rupiah untuk pelajar dan 50.000 rupiah untuk wisatawan lokal serta USD 25 untuk wisatawan mancanegara. Wacana kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur tersebut mendapat tanggapan dari banyak kalangan. Rata-rata menyebut harga tersebut terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan kemampuan atau daya beli masyarakat Indonesia pada umumnya. Pihak pengelola Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) yakni Direktur Edy Setijono memberikan penjelasan bahwa penerapan tarif khusus itu diterapkan untuk membatasi jumlah wisatawan yang menaiki candi. Alasannya adalah untuk perlindungan terhadap bangunan bersejarah tersebut.

Sobat Atourin, terkait adanya peningkatan harga tiket masuk objek wisata di Indonesia, tahukah kamu bahwa ternyata di beberapa objek wisata dalam negeri sudah mematok harga tiket masuk yang fantastis untuk wisatawan. Tentunya harga ini akan relatif terhadap daya beli atau kemampuan keuangan tiap wisatawan ya. Sobat Atourin ingin tahu destinasi mana sajakah itu? Mari kita lihat bersama.

Sky Dining – Gondola Ancol, Jakarta Utara, DKI Jakarta

Bagi Sobat Atourin yang hendak merasakan sensasi Sky Dining atau makan di area kabin Gondola, bisa mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol yang berada di Jakarta. Berbagai paket menu ditawarkan, mulai dari 250.000 hingga 500.000 rupiah untuk sekali makan. Porsi yang ditawarkan sesuai dengan jumlah penumpang dalam satu cabin, yakni maksimal 4 orang. Suasana ini cocok untuk keluarga maupun pasangan.

The Apurva Kempinski – Badung, Bali

Ingin merasakan staycation di hotel bintang 5 terbaik? The Apurva Kempinski jawabannya. Memiliki 475 kamar yang terdiri dari vila, junior suite, grand deluxe dan grand deluxe Lagoon. Harga yang ditawarkan permalam tidak main-main, yaitu sebesar tiga hingga lima juta rupiah. Fasilitas yang tersedia pun sangat beragam untuk para tamu, antara lain menikmati minuman dingin di bar/lounge, bermain voli pantai, mengunjungi spa, dan sebagainya. Tidak lupa pula hotel mewah ini sudah tersertifikasi CHSE lho!

Museum Angkut – Batu, Jawa Timur

Termasuk salah satu destinasi wisata kekinian, museum angkut ternyata mematok tiket masuk yang cukup lumayan mahal. Harga tiket untuk perorangan dikenakan senilai 110.000 rupiah. Wisatawan dapat melihat langsung berbagai koleksi transportasi jaman dahulu sampai sekarang yang masih tersusun rapi di museum ini. Worth it banget lah ya dengan budget yang dikeluarkan.

Source : mldspot.com

Dufan – Jakarta Utara, DKI Jakarta

Masih berada di Jakarta, Taman Rekreasi Dufan (Dunia Fantasi) juga masuk ke dalam daftar objek wisata dengan harga tiket masuk yang tinggi. Pasalnya, tiket regular untuk all day berkisar 275.000 rupiah untuk satu orangnya. Jika wisatawan ingin melanjutkan kunjungan ke Gondola maupun Samudra, harga yang diberikan naik menjadi 310.000 hingga 320.000 rupiah.

The Trans Luxury Hotel – Bandung, Jawa Barat

Dinobatkan sebagai the most luxurious family friendly hotel, hotel bintang enam yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto 289 ini memiliki standar harga 1,5 juta rupiah permalam bagi pengunjung yang ingin staycation. Uniknya, hotel tersebut menyatu dengan pusat perbelanjaan dan taman bermain dalam ruangan, yakni Trans Studio Mall.

Source : kayak.co.id

Nah di atas adalah beberapa contoh destinasi saja ya Sobat Atourin. Tentu masih banyak destinasi dengan harga yang sama atau lebih mahal. Yang jelas, harga yang dibayar oleh wisatawan akan sebanding dengan pengalaman wisata yang didapat. Sobat Atourin juga perlu menggunakan anggaran jalan-jalan dengan bijak ya. Selamat berlibur!