Bandara Soekarno-Hatta (unsplash.com)

Time to read: 4 minutes

(Ragil Melindah)

Bertemu dengan orang baru sekaligus mengenal budaya baru adalah salah satu bagian paling seru dalam travelling. Dengan menetap di suatu daerah dalam jangka lama, kamu bisa mendapatkan paket komplit seperti belajar sekaligus travelling dalam waktu bersamaan.  Bagi kamu yang memiliki kesulitan beradaptasi di lingkungan baru, yuk simak tips dan trik ini agar bisa berbaur dengan masyarakat setempat. 

1.Belajar dan Pahami Daerah yang Akan Kalian Singgahi 

(unsplash.com)

Sebelum kamu tiba di daerah tujuan, alangkah baiknya kamu mempelajari seperti apa budaya mereka terlebih dahulu. Kamu perlu memahami bahwa masing-masing kita memiliki budaya dan menjalani hidup secara berbeda satu dengan lainnya. Dengan cara ini, nantinya kamu akan lebih siap untuk beradaptasi dengan menerima perbedaan-perbedaan  yang ada di daerah wisata tujuanmu.

2.Jangan Membandingkan 2 Budaya yang Ada 

Ketika kamu sedang beradaptasi dengan budaya di daerah wisata tujuanmu, jangan pernah membandingkan budaya itu dengan budaya yang kamu jalani atau budaya dimana kamu besar atau hidup sehari-hari. Dengan membandingkan dua budaya yang berbeda, kamu akan mencoba mencari kelemahan dari budaya di daerah wisata yang kamu singgahi. Cukup pahami bahwa setiap budaya memiliki keunikan masing-masing.

3.Cobalah untuk Bergabung dengan Kegiatan Sosial yang Ada! 

Ilustrasi Kegiatan Budaya Di Indonesia (unsplash.com)

Kamu bisa menunjukan antusias terhadap daerah wisatamu dengan cara ikut berkontribusi di kegiatan sosial yang ada. Entah itu gotong royong, kegiatan budaya, atau sekedar berkumpul dengan warga setempat. Dengan begitu, warga setempat akan terbiasa dengan kehadiranmu dan kamu akan mudah diterima di lingkungan mereka! 

4.Tetaplah Berperilaku Positif 

Menjaga perilaku adalah kunci dari adaptasi dimanapun kamu berada. Cobalah untuk menjadi lebih ramah dengan warga sekitar, berpenampilan sesuai dengan norma ada, hingga hindari perkataan yang kasar atau terkesan megumpat. Sejatinya, jika kita memiliki adab dan etika yang baik, maka masyarakat di sekeliling kita juga akan menghargai keberadaan kita.

5.Keep Open Minded!

Beradaptasi memang bukan hal yang mudah. Hal yang normal jika kamu merasa tidak nyaman dengan perbedaan yang ada. Tapi perasaan tidak nyaman itu tidak bisa kamu jadikan bagian dari sebuah kekurangan budaya di daerah wisatamu. Di sinilah proses pengenalan budaya itu sendiri, kamu akan benar-benar memahami budaya itu ketika kamu mengalaminya. Dengan begitu, nantinya kamu akan lebih terbiasa dan bisa menghargai setiap perbedaan yang ada.

Nah itu dia tips dan trik beradaptasi di desa wisata. Menetap dalam jangka waktu yang cukup lama di desa wisata akan menambah pengalaman yang sangat berkesan karena kamu tidak sekedar berkunjung ke tempat wisata tapi juga sekaligus mempelajari budaya yang ada! Jadi tunggu apalagi? Tentukan rencana perjalananmu dengan Atourin dan kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi dan inspirasi travelling menarik lainnya!