Atourin mengucapkan selamat menjalankan rangkaian ibadah Bulan Ramadhan bagi Sobat Atourin yang menjalankan. Di bulan puasa ini tentunya kita bisa isi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat misalnya dengan beribadah, menyalurkan hobi, berbuat amal dan ikut dalam berbagai kegiatan sosial atau lainnya. Seperti yang dilakukan Atourin dengan menjadi pembicara dalam acara Workshop Ngabuburit: Belajar Digital Marketing untuk Tour Guide. Acara ini diselenggarakan oleh DPD HPI DKI Jakarta pada Sabtu, 16 April 2024 di New Batavia Cafe, Kota Tua Jakarta, Jakarta Barat. HPI atau Himpunan Pramuwisata Indonesia adalah asosiasi pramuwisata di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1969 dengan nama awal Bali Guide Association (BGA). Pada tahun 1988 BGA berubah menjadi Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI).

Menerima piagam apresiasi dari DPD HPI DKI Jakarta

Workshop ini diselenggarakan karena di zaman serba Digital seperti saat ini, keahlian untuk mempromosikan diri lewat dunia digital sangat perlu dimiliki oleh profesi tour guide. Peserta adalah para tour guide baik yang telah bergabung dengan DPD HPI DKI Jakarta maupun belum. Ada lebih dari 20 peserta yang ikut serta dalam acara ini. Menghadirkan dua orang pembicara yakni Reza Permadi (COO Atourin) serta Farid Ardian (Founder Jakarta Good Guide), para pembicara sharing pengalaman serta keahlian yang mereka miliki. Reza bercerita tentang pentingnya optimasi penggunaan media sosial serta platform digital untuk mendukung eksistensi tour guide di dunia digital serta mendorong mereka bisa menjual layanan pariwisata. “Atourin sendiri memiliki platform berupa Direktori Pemandu Wisata Bersertifikat. Semua pemandu bisa mendaftar di platform ini. Platform kami juga memungkinkan chat antara pemandu dan wisatawan dalam satu wadah yang terintegrasi.” Ujar Reza dalam penjelasannya.

Reza juga menekankan pentingnya copy writing apabila tour guide sedang membuat konten. Foto dan video bisa makin menarik jika didukung oleh copy writing yang menarik pula. Atourin juga menyediakan games berhadiah seperti tebak tagline pariwisata negara-negara di dunia, review Cafe New Batavia di google review, serta pembuatan video pendek pengenalan yang kemudian diunggah ke instagram dan tag instagram Atourin.

Salah satu pemenang games berhadiah

Pembicara kedua, yakni Mas Farid Ardian, juga sharing berbagai hal menarik. Termasuk bagaimana pengalamannya mendirikan Jakarta Good Guide atau JGG. Awalnya JGG tidak fokus ke pembuatan konten di media sosial namun karena semakin banyaknya kebutuhan dan menyesuaikan ke dinamika dunia digital, akhirnya JGG punya admin media sosial yang salah satunya adalah bertugas untuk membuat konten yang menarik. JGG menyediakan layanan walking tour di berbagai lokasi yang menarik di Jakarta. Peserta akan dibawa ke berbagai lokasi menarik dan diceritakan seluk beluknya oleh tour guide JGG. Walking tour ini ada setiap minggu dan terbuka untuk umum dengan sistem pay as you wish. Artinya peserta bisa membayar dengan jumlah berapapun yang ikhlas.

Peserta terlihat antusias dan aktif dalam kegiatan tanya jawab serta diskusi. Atourin mengapresiasi acara ini serta undangan untuk menjadi salah satu pembicara. Kami berharap sharing kami bisa menambah wawasan teman-teman peserta. Kami mengharapkan semua kesuksesan untuk rekan-rekan DPD HPI DKI Jakarta serta Jakarta Good Guide. Semoga suatu saat bisa berkolaborasi lebih luas lagi untuk pariwisata Indonesia, khususnya Jakarta.