(Nadya Ovelia Wijaya)

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata utama yang diburu oleh para travellers ketika mereka mengunjungi Pulau Dewata, Bali. Terdapat ratusan pantai cantik dan menawan tersebar di berbagai bagian dari pulau ini. Pasir putih dan air laut yang biru kehijauan menjadi ciri khas utama dari pantai-pantai di Bali seperti Pantai Pandawa, Pantai Nusa Dua, Pantai Kuta, dan masih banyak lagi. Namun selain beberapa pantai ternama tersebut, masih banyak juga pantai indah lainnya yang belum diketahui oleh khalayak luas.

Salah satu pantai cantik yang belum banyak diketahui adalah Pantai Melasti. Terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, pantai ini berada di dekat Pantai Pandawa yang terkenal. Mendengar kata melasti, apakah Sobat Atourin sudah mengetahui apa artinya? Melasti merupakan upacara sembahyang umat Hindu dengan tujuan untuk penyucian diri serta benda sakral milik pura. Biasanya upacara ini dilaksanakan dalam rangka menyambut hari raya Nyepi dan dilakukan di pantai atau danau dengan maksud menghanyutkan segala perbuatan buruk menggunakan air kehidupan. Pantai ini dinamakan Pantai Melasti karena merupakan tempat yang sering dipilih oleh masyarakat Hindu setempat untuk melaksanakan Upacara Melasti. Namun sebenarnya ada juga pantai di daerah lain yang juga bernama Pantai Melasti, yakni di daerah Tabanan lho. Jadi untuk membedakan keduanya, pantai ini diberi tambahan nama menjadi Pantai Melasti Ungasan sesuai dengan daerahnya.

Sobat Atourin dapat menempuh perjalanan selama kurang lebih satu jam dari Kota Denpasar untuk mengunjungi Pantai Melasti. Untuk memasuki pantai ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp8.000,00 untuk dewasa dan Rp3.000,00 untuk anak-anak. Harga tiket parkir di sini juga wajar, sama seperti di tempat lainnya yaitu Rp5.000,00 untuk mobil dan Rp2.000,00 untuk motor. Meski di pantai ini sudah tersedia sejumlah kursi pantai yang bisa membuatmu bersantai dan menikmati suasana dengan nyaman, namun fasilitas di pantai ini masih tergolong minim. Hanya ada segelintir pedagang yang menjajakan makanan dan minuman ringan, maka dari itu jika kamu berencana untuk mengunjungi pantai ini, jangan lupa persiapkan bekalmu dengan baik ya! Jika kamu memiliki rencana untuk menginap di sekitar pantai ini, tenang saja karena terdapat beberapa penginapan yang berada dekat pantai dengan harga yang cukup murah. Penginapan di sekitar pantai ini dibanderol dengan kisaran harga Rp200.000,00 sampai Rp500.000,00 per malam.

Pemandangan pasir putih dan ombak biru pantai melasti
Pemandangan Pantai Melasti (Dokumentasi Pribadi Penulis)

Penulis menyebut pantai ini sebagai permata di Pulau Dewata, karena keindahannya yang tak kalah dari sejumlah pantai ternama seperti Pantai Kuta. Pasir putih yang halus dengan air laut yang biru mampu memanjakan mata kita selama mengunjungi pantai ini. Ombak yang tidak terlalu besar juga membuat tempat ini cocok untuk dijadikan lokasi berenang, namun sobat Atourin harus berhati-hati ya karena terdapat banyak karang juga di pantai ini. Selain itu, pancaran matahari yang akan terbenam ketika sore tiba juga menambah kecantikan pantai ini. Dengan angin yang berhembus pelan, kamu dapat menikmati sore yang tenang di Pantai Melasti.

Salah satu keunikan Pantai Melasti yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya adalah ketika akan masuk ke pantai ini, kamu akan melewati jalanan menurun dan berliku-liku yang cukup menantang. Selain itu, lokasi pantai yang terletak di balik bukit kapur yang menjulang tinggi juga menambah kesan unik dari Pantai Melasti. Biasanya terdapat banyak pasangan yang mengambil foto pre-wedding mereka di lokasi ini karena keunikan dan keindahannya. Nah, buat sobat Atourin yang jarang atau bahkan tidak pernah jalan-jalan ke pantai, berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini.

Duduk & Bersantai

Terdapat banyak orang yang mengunjungi pantai ini untuk sekedar duduk, bersantai, dan menikmati suasana sambil ditemani oleh angin laut yang sepoi-sepoi. Biasanya mereka akan datang bersama teman atau keluarga untuk berbincang dan bermain bersama. Namun kamu juga bisa banget datang sendirian ke pantai ini dikala membutuhkan refreshing.     

Berenang dan Snorkeling     

Ombak laut yang tidak terlalu besar di bibir pantai membuat tempat ini cocok untuk dijadikan lokasi berenang dan juga snorkeling. Air laut yang jernih serta pemandangan bawah laut yang indah dijamin akan membuatmu betah untuk berlama-lama di dalam air. Namun untuk melakukan berbagai aktivitas tersebut, jangan lupa untuk membawa peralatanmu sendiri ya Sobat Atourin seperti kacamata snorkeling, sabun, sampo, dan handuk karena di pantai ini belum ada pengelola yang menyediakan sarana prasarana seperti toilet atau tempat bilas.      

Baca Buku

Membaca buku di tepi pantai memang memberikan sensasi yang menenangkan. Dengan suara deburan ombak, kamu bisa berfokus untuk membaca buku dan menenangkan diri. Pada saat penulis berkunjung ke pantai ini, penulis juga menemukan terdapat banyak sekali orang yang duduk santai sambil membaca buku terutama para wisatawan asing.     

Berburu Sunset

Ilustrasi Sunset di Pantai Melasti

Karena letaknya yang berada di sisi selatan Pulau Bali, jika posisi matahari sedang condong ke arah selatan maka kamu akan dapat melihat pemandangan sunset yang menakjubkan. Warna langit yang biru akan berubah menjadi gabungan antara warna merah, oranye, dan kuning ketika matahari sudah mendekati horizon. Banyak orang yang datang ke pantai ini pada sore hari untuk berburu sunset dan mengambil beberapa foto tentunya.     

Membuat Konten

Pada zaman sekarang ini media sosial merupakan bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari semua orang. Jika kamu berkunjung ke pantai ini, kamu juga bisa melakukan aktivitas kreatif seperti membuat konten. Dengan pemandangan laut yang indah dan tebing-tebing kapur yang menjulang tinggi, kamu bisa menciptakan banyak konten menarik baik foto maupun video.     

Tidak Ngapa-Ngapain

Aktivitas yang terakhir ini juga banyak dilakukan oleh para pengunjung lho Sobat Atourin! Memandangi ombak yang datang dan pergi bisa membuat perasaan menjadi tenang. Selain itu, suasana pantai yang nyaman juga bisa menciptakan mood yang menyenangkan. Jadi tidak apa-apa jika kamu bingung atau tidak tahu ingin melakukan apa, cukup nikmati saja suasananya. 

Bagaimana, penasaran dengan pesona Pantai Melasti? Jadi tunggu apa lagi? Yuk kunjungi Pantai Melasti bersama teman maupun orang-orang tercinta! Namun, tetap jangan lupakan protokol kesehatan ya sobat Atourin untuk menjaga kesehatan bersama. Pastikan kalian membawa hand sanitizer dan perlengkapan kebersihan lainnya ya. Selamat berwisata!