Gambar Pantai Kuta di Bali (pixabay.com)

Time to Read: 2 minutes

(Arneta Iftita Pramadhani)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah merencanakan pembukaan kawasan wisata di Indonesia di era new normal. Adanya rencana ini tentu saja menjadi angin segar bagi industri pariwisata. Salah satu kawasan pariwisata yang akan dibuka saat new normal adalah kawasan pantai. Pantai-pantai keren seperti Pantai Pandawa (Bali), Pantai Senggigi (Nusa Tenggara Barat), Pantai Balekambang (Jawa Timur) dan lainnya akan dibuka kembali.

Gambar Pantai Nusa Dua di Bali (pixabay.com)

Melalui konferensi pers pada 22 Juni 2020 lalu, Kemenparekraf menyatakan bahwa pembukaan kawasan pariwisata harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pembina kawasan pariwisata setempat. Meskipun tempat wisata telah menyesuaikan kondisi new normal, kita sebagai wisatawan tetap harus waspada lho. Ingat! Kesehatan adalah yang utama.

Bagi kamu yang udah nggak sabar buat jalan-jalan ke pantai setelah lama #dirumahaja, yuk simak tips ini dulu. Cekidot!

1. Selalu Jaga Jarak

Gambar Pantai di Indonesia (pixabay.com)

Kini, jaga jarak adalah koentji agar tidak terinfeksi. Usahakan untuk jaga jarak antara 1 sampai 3 meter dengan orang lain, apalagi dengan orang asing. Pilihlah pantai yang sepi pengunjung. Kalau kamu ingin bertamasya di pantai dan memasang tikar, pastikan untuk selalu berada dalam jarak aman. Begitu pula saat berenang, jangan terlalu dekat dengan orang lain. Manfaatkan himbauan jaga jarak untuk explore bagian-bagian pantai yang belum pernah kamu kunjungi.

2. Bawa Peralatan Sendiri

Gambar Seorang Wanita Membawa Papan Selancar (pixabay.com)

Penggunaan barang secara umum berpotensi menyebarkan virus COVID-19. Oleh karena itu sebaiknya kamu bawa sendiri barang-barang seperti baju renang, papan selancar, kacamata selam, pelampung, dan lainnya dari rumah. Jangan meminjam dari tempat peminjaman untuk sementara. Selain lebih nyaman, kebersihan barang juga lebih terjamin karena milik sendiri.

3. Selalu Cuci Tangan atau Mandi Aja Sekalian

Gambar Orang yang Mencuci Tangan (pixabay.com)

Tak hanya selalu jaga jarak, di masa new normal ini kita juga harus rajin cuci tangan pakai sabun. Pantai adalah tempat umum, bisa saja kita nggak sengaja menyentuh sesuatu yang telah terkontaminasi virus. Tempat-tempat wisata yang telah menerapkan protokol kesehatan biasanya akan menyediakan tempat cuci tangan bagi pengunjung. Jadi, kamu bisa sering-sering mencuci tangan. Selain itu, setelah berenang sebaiknya langsung mandi aja. Nggak cuma tangan yang bersih, seluruh badan juga bersih.

4. Tetap Pakai Masker dan Face Shield

Gambar Orang yang Memakai Masker (pixabay.com)

Loh? Di pantai kok tetep pakai masker? Kan pengen menghirup udara segar. Eitts, jangan lengah guys. Penyebaran virus bisa melalui apa saja. Pakai masker juga membantu mencegah kamu untuk menyentuh area wajah. Banyak desain masker kekinian yang bisa kamu mix and match sama OOTD baju kamu, jadi makin kece deh. Jika ingin lebih aman, pakai juga face shield sebagai alat pelindung tambahan. Pemakaian masker disertai face shield dapat mencegah penyebaran cairan yang berpotensi menyebarkan virus COVID-19. 

5. Bawa Surat Keterangan Sehat atau Hasil Rapid Test

Gambar Ilustrasi Perlengkapan Dokter (pexels.com)

Untuk jaga-jaga, jangan lupa untuk bawa surat keterangan sehat atau hasil uji cepat virus COVID-19. Terkadang pihak pengelola tempat wisata mewajibkan pengunjung untuk menunjukkan dokumen-dokumen tersebut. Hal itu dilakukan untuk memastikan kesehatan pengunjung dan mencegah adanya klaster baru penyebaran virus. Kalau belum punya, sebaiknya urus terlebih dahulu agar lebih tenang ketika liburan.


Itulah beberapa tips liburan ke pantai ketika new normal yang bisa kamu terapkan. Selalu patuhi anjuran pemerintah demi kesehatanmu dan orang-orang terdekatmu, ya! Jangan lupa untuk menjadi wisatawan yang bijak dan bertanggung jawab dengan menjaga kebersihan tempat pariwisata. Selamat berlibur!