(Windy Meiliyanti Puspita Dewi)

Halo Sobat Atourin! Gimana hari ini? Semoga menyenangkan ya! Kali ini kita mau bahas soal makanan nih, yuk yuk food lovers mari bergabung. Kalian pasti suka banget kulineran keliling kota kan? Apalagi kalau lagi jalan-jalan ke suatu daerah, hal yang wajib banget dilakukan adalah cari kuliner khas dari daerah tersebut. 

Oke, kalian pasti udah penasaran, makanan apa saja sih yang wajib dicobain kalo ke Indramayu, Jawa Barat. Let’s check this out!

Nasi Lengko
  1. Nasi Lengko atau Sega Lengko

Nasi Lengko ini adalah makanan yang wajib banget dicobain pas lagi sarapan guys. Nasi lengko ini terdiri dari nasi putih hangat, potongan tempe dan tahu goreng, beberapa jenis sayuran, seperti toge yang sudah disiram air hangat, mentimun, seledri, dan daun kucai. Kemudian akan diberikan kecap dan sambal serta kerupuk sebagai pelengkapnya. Nasi lengko ini sangat mudah dicari karena biasa dijual di pinggir jalan sama seperti penjual nasi uduk di Jakarta. 

  1. Burbacek

Burbacek merupakan singkatan dari bahan utama makanan ini, yaitu bubur, rumbah, dan cecek atau kikil. Percampuran antara bubur, rumbah, dan cecek ini menghasilkan cita rasa yang khas yaitu asam, pedas, dan gurih. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan atau makan siang, lho. Kalian juga bisa menemukan makanan ini dengan mudah karena banyak dijajakan hampir di setiap daerah di Indramayu. 

  1. Pindang Gombyang Manyung

Pindang Gombyang Manyung adalah makanan yang berbahan dasar ikan manyung, biasanya menggunakan bagian kepala ikan manyung. Makanan ini mirip dengan gulai karena kuahnya berwarna kuning dan gurih. Ikan manyung ini nantinya akan dimasak dengan bumbu olahan kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kemiri, kacang tanah, asem jawa, tomat, cabe rawit, dan belimbing wuluh. Bumbu olahan tersebut akan menghasilkan rasa yang pedas, asam, gurih, dan segar dari adanya campuran belimbing wuluh. 

  1. Pedesan Entog

Pedesan Entog ini berbahan dasar daging entog atau disebut juga mentog dan sangat cocok untuk kalian yang menyukai rasa pedas. Rasa pedas ini dihasilkan dari campuran cabai dan merica. Makanan ini juga mirip dengan gulai, hanya saja tidak menggunakan santan. Selain itu, yang menarik adalah makanan ini dimasak menggunakan tungku kayu bakar agar bumbu-bumbu yang digunakan lebih meresap, menghasilkan aroma harum, dan menghilangkan bau amis dari daging entog. Pedesan entog ini sangat cocok dijadikan menu makan siang lho, apalagi disantap dengan nasi hangat.

Ilustrasi Rumbah
  1. Rumbah

Rumbah ini mirip dengan gado-gado dan pecel karena sama-sama berbahan dasar sayuran yang direbus. Biasanya menggunakan daun kangkung, tauge, dan kacang panjang yang diberikan bumbu kacang dengan campuran air rebusan asam jawa, tidak lupa ditambah pewangi dari daun semanggi. Rumbah ini biasanya menjadi menu sarapan atau makan siang dengan pelengkap seperti kerupuk, gorengan tempe, tahu, bakwan, atau telur asin. Rumbah yang cukup terkenal di Indramayu ada rumbah darinih, rumbah kopek, rumbah wanikal, dan lain-lain. Makanan ini juga sangat mudah dicari, karena tersebar dari Indramayu sampai Cirebon.

Nah, itu dia 5 kuliner khas Indramayu yang wajib kalian cobain. Kata siapa Indramayu terkenalnya cuma sama mangga doang? Terbukti kan masih ada kuliner lain yang wajib dicoba. Pastikan kalian cobain makanan-makanan itu ya kalau berkunjung ke Indramayu atau sekedar melewati Jalur Pantura (jalur pantai utara Jawa) lama, karna rasanya sangat enak dan wajib banget dicoba.

Jangan lupa juga untuk check and re-check website Atourin ya untuk mencari informasi mengenai pariwisata lainnya di Indonesia. See you there!