(Jeremy Octavian T.M)

Time to Read: 6 menit

Wonderful Indonesia

Ada yang pernah dengar slogan itu ga sih? 

Tapi dari mana ya? 

Buat kalian yang belum atau udah pernah dengar slogan tersebut. Berikut sedikit tentang penjelasannya. Seperti yang kita ketahui bahwa pemerintah sempat berjanji akan mengembangkan ekonomi kreatif dan memperkenalkan pariwisata Indonesia kepada dunia, untuk menggapai visi tersebut maka terciptalah slogan ini. 

Wonderful Indonesia memiliki tujuan untuk menarik perhatian wisatawan mancanegara agar berwisata ke Indonesia. Yang menarik adalah pemerintah juga menyiapkan strategi kepada para wisatawan lokal, pemerintah juga menciptakan slogan ‘Pesona Indonesia’ untuk warga lokal. Slogan ini bertujuan agar wisatawan lokal dapat mengetahui objek–objek wisata menarik yang ada di Indonesia yang belum banyak diketahui dan terjamah oleh orang–orang. 

Untuk menggapai tujuan tersebut pemerintah juga menciptakan sebuah komunitas yang bernama Generasi Pesona Indonesia atau GenPI. Generasi Pesona Indonesia (GenPI) sendiri adalah sebuah komunitas yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) (dulu masih bernama Kementerian Pariwisata) Republik Indonesia. GenPI merupakan pengejawantahan dari program promosi wisata “go digital” yang tengah gencar dilakukan oleh Kemenparekraf sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata Indonesia. Anggota GenPi terdiri atas anak-anak (berjiwa) muda yang selama ini aktif melakukan promosi pariwisata melalui media sosial (medsos) seperti blog, facebook, twitter, instagram dan media informasi lainnya. Karena fokus promosi dalam dunia digital maka anggota GenPi sering dijuluki Laskar Digital Merah Putih.

Ilustrasi Sosial Media (unsplash.com)

Sejarah berdirinya GenPI bermula dari komunitas Wonderful Lombok Sumbawa yang digawangi Taufan Rahmadi selaku Ketua BPPD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Komunitas ini memulai kegiatan pada 15 Desember 2015 dengan hanya 12 relawan. Tujuan pendiriannya adalah membangun pariwisata NTB melalui medsos, membuat akun medsos, dan membesarkannya untuk kepentingan promosi pariwisata Lombok Sumbawa. Pada September 2016, komunitas ini resmi mengganti namanya menjadi GenPI Lombok Sumbawa, lalu diresmikan secara langsung oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, pada 3 Oktober 2016.

GenPI merupakan generasi milenial yang mempunyai kemampuan lebih dalam dunia internet. Ini generasi berbasis komunitas yang memililiki aktivitas rutin dan aktif dalam mempromosikan pariwisata Indonesia baik melalui blog, medsos, dan lainnya kepada masyarakat luas. Semula GenPI dibentuk sebagai bagian tim pemenangan kompetisi World Halal Tourism Award (WHTA) tahun 2016 dan hasilnya luar biasa, Indonesia berhasil memenangkan 12 penghargaan bergengsi tersebut dari 16 kategori yang dikompetisikan, ini harus dijaga dan dilanjutkan.

Ilustrasi Stone Garden (unsplash.com)

Fakta di atas merupakan asal muasal GenPI tercipta, tetapi terdapat hal menarik lainnya mengenai GenPI ini. Seiring berjalannya waktu, para pemuda di Jawa Barat juga menciptakan GenPI Jawa Barat khusus untuk memperkenalkan objek–objek wisata yang ada di Jawa Barat. Jika kita lihat di web nya terdapat berbagai macam objek wisata mulai dari Stone Garden yang berada di Padalarang, Nat Geo Park Sukabumi, dan masih banyak lagi. 

GenPI Jawa Barat sendiri dikukuhkan pada hari Sabtu, 6 Agustus 2016, di The Green Forest Resort Bandung oleh Katijah, Kepala Bidang Target Pasar yang mewakili Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara (Asdep SP2N) yang saat itu masih dijabat oleh Waty Moenari. Dari sejarah di atas, GenPI Jabar adalah komunitas kedua yang dibentuk setelah GenPI Lombok Sumbawa. Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan bahwa pembentukan GenPi merupakan salah satu bentuk komitmen Kemenpararekraf untuk menghidupkan medsosdi kalangan anak-anak muda Indonesia. Apalagi untuk memenangkan pasar pariwisata dunia, Indonesia harus menguasai dunia digital. “More Digital, More Personal! More Digital, More Global! More Digital, More Professional!”

Seiring berjalannya waktu, GenPI kemudian dijadikan komunitas resmi Kemenpar yang mempunyai peran untuk membantu Kemenpar dalam mempromosikan Pariwisata Indonesia. Tujuan pembentukan GenPI untuk mendukung program pemasaran pariwisata Indonesia sehingga terjadi percepatan, peningkatan, dan perluasan capaian promosi pariwisata Indonesia. Sampai saat ini sudah lebih dari 2.000 orang terdaftar menjadi anggota GenPI dari 13 provinsi yakni Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, Aceh, Sumatera Barat, Maluku, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Selatan, Kepulauan Riau, DI Yogjakarta, Banten, Nusa Tengara Timur, dan terakhir Lampung. Anggota GenPI Jabar sendiri sekarang yang aktif mencapai 60  orang dengan koordinator yang ditunjuk adalah Ghera Nugraha.

Ilustrasi Relawan (unsplash.com)

GenPI sendiri memiliki format community base, tidak boleh ditunggangi oleh apapun dan siapapun. Tidak perlu memikirkan siapa ketuanya atau siapa pengurusnya. Jiwa mereka adalah relawan yang memiliki semangat pantang menyerah. Menjadi anggota GenPI itu mudah, asal memiliki tiga aset, yaitu mau berkomunitas, memiliki akun dan waktu untuk bersosmed, dan memiliki minat di bidang pariwisata. Salah satu bukti keunggulan GenPI di medsos adalah keberhasilan mereka membuat trending topic di twitter tentang acara pariwisata di daerahnya masing-masing.

Seru sekali kan komunitas ini! Jika kamu tertarik, kamu bisa gabung lo dengan mereka. Kamu bisa lihat informasi lebih lanjut di media sosial seperti Instagram @genpiindonesia. Sama seperti GenPi, Atourin juga berkomitmen untuk mempromosikan dan mendorong kemajuan pariwisata, seni, dan budaya Indonesia. Kamu juga bisa menemukan banyak informasi dan inspirasi jalan-jalan yang menarik di berbagai daerah di Indonesia dan informasi pariwisata lainnya, tentunya hanya di website dan medsos Atourin!