(Putri Inatisya)

Time to Read: 7 menit

Jalan-jalan ke tempat bermain adalah hal yang menyenangkan, terlebih jika kamu pergi bersama teman dekat, keluarga, ataupun pasangan kamu. Salah satu tempat wisata untuk kamu mencoba berbagai wahana bermain adalah Dufan. Dunia fantasi atau yang sering disebut Dufan ini adalah theme park yang pertama kali resmi dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1985. Dufan berlokasi di Kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Indonesia. Kamu dapat mengunjungi Dufan di jam bukanya yaitu pada pukul 10.00-17.00 WIB. Kamu akan merasakan suasana fantasi keliling berbagai dunia dengan bermain di sini!

Fasilitas yang disediakan oleh Dufan untuk pengunjung cukup banyak seperti free drinking water, free wifi, charger point, toilet di setiap kawasan dan wahana, baby care room, musholla dan masjid, P3K dan ambulance, serta stroller bayi dan kursi roda yang dapat dipinjam secara gratis. Dufan memiliki berbagai wahana yang memiliki teknologi tinggi untuk menciptakan suasana dunia fantasi keliling dunia. Wahana di Dufan terbagi menjadi 9 kawasan yaitu kawasan Asia, Jakarta, Indonesia, Hikayat, Amerika, Eropa, Yunani, Kalila dan Fantasy Lights. Kawasan yang terdapat di Dufan pun tahun demi tahun terus bertambah, seperti bertambahnya kawasan dalam ruang (indoor) yang dilengkapi dengan wahana Ice Age dan Kontiki, wahana Hello Kitty Adventure dan Dufan Glow. Kurang lebih terdapat 35 wahana permainan di Dufan yang dapat kamu coba.

Nah sebelum pergi ke Dufan ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui nih agar petualangan kamu di Dufan tetap mengasyikan, yuk simak tips dan tricks pergi ke Dufan dibawah ini:

1. Mengisi Perut Sebelum Masuk ke Dufan

Ilustrasi Makan Sebelum Masuk ke Dufan (unsplash.com)

Mengisi perut sebelum masuk ke Dufan dapat menghemat pengeluaranmu selama di Dufan loh! Kamu juga bisa membawa minuman sendiri dan beberapa snack jika ingin berhemat. Beberapa wahana permainan di Dufan mungkin dapat membuat kamu mual karena tubuh kamu akan diputar-putar atau diayunkan oleh beberapa wahana. Oleh karena itu, usahakan kamu makan dulu ya sebelum masuk ke Dufan. Hal ini untuk mencegah rasa mual karena perut yang masih kosong. Jika kamu habis beristirahat dengan makan siang di Dufan, jangan langsung menaiki wahana karena dapat membuat perut kamu terkocok dan mual. Berilah jeda waktu antara waktu makan dan bermain wahana. Tentu kamu tidak mau kan muntah di Dufan?! Salah satu wahana yang dapat kamu hindari setelah makan adalah tornado, karena wahana tornado dapat membuat tubuhmu berputar-putar.

2. Merasakan Semua Wahana di Dufan dengan Datang di Pagi Hari

Ilustrasi Wahana di Dufan (unsplash.com)

Dufan memiliki kurang lebih 35 wahana bermain. Tentu kurang puas bukan jika kamu hanya bermain beberapa wahana saja? Jika kamu tidak mau hal ini terjadi maka kamu dapat datang ke Dufan lebih pagi, yaitu pukul 10.00 WIB sesuai dengan jam buka Dufan. Hal ini agar kamu dapat merasakan berbagai wahana seru di Dufan. Suasana wahana bermain di Dufan yang terkadang ramai antrian, membuat kamu perlu menunggu lama untuk menaiki wahananya. Jika kamu datang lebih pagi, meskipun kamu harus mengantri kamu tetap berkemungkinan untuk dapat mencoba semua wahana. 

Cobalah untuk bermain wahana yang tidak mengantri dahulu atau antrian yang tidak terlalu panjang dahulu, baru yang wahana dengan antrian lebih panjang agar kamu dapat mencoba banyak wahana lain. Kalau kamu tidak ingin mengantri, kamu dapat membeli tiket fast track yang merupakan jalur khusus bebas antrian, sehingga kamu tidak perlu mengantri lama-lama. Tentu kamu perlu mengeluarkan uang lebih untuk akses fast track ini.

3. Memakai Tas Ransel

Ilustrasi Tas Ransel (unsplash.com)

Pakailah tas ransel untuk membawa perlengkapan yang kamu butuhkan selama di dufan, karena tas ransel dapat menampung banyak barang dan mudah dibawa. Jika kamu memakai tas ransel yang tidak terlalu besar, kamu dapat membawanya bersamamu saat menaiki wahana dan tidak perlu takut tas tersebut jatuh. Jika memakai tas ransel, kamu memikul beban barang bawaan kamu secara imbang dibandingkan dengan memakai tas selempang yang hanya membebani sebelah tubuh kamu.

4. Membawa Payung atau Jas hujan

Ilustrasi Jas Hujan (unsplash.com)

Bawalah payung atau jas hujan ketika kamu pergi ke Dufan. Wahana di Dufan yang kebanyakan outdoor membuat kamu harus memperhatikan atau berjaga-jaga mengenai cuaca di sana. Hal ini bisa mempengaruhi keseruan kamu saat bermain. Jika cuaca sedang turun hujan, maka kamu dapat menggunakan payung atau jas hujan agar terhindar dari hujan. Bahkan, kamu dapat menggunakan payung kamu untuk melindungi diri dari panasnya sinar matahari yang terik saat siang hari di Dufan.

5. Jangan Lupa Lindungi Diri Kamu dari Sinar Matahari Ya!

Ilustrasi Memakai Sunscreen (unsplash.com)

Menjaga diri dari panasnya matahari di siang hari dengan memakai tabir surya atau sunscreen/ sunblock, topi, dan baju lengan panjang. Cuaca di Dufan pada siang hari yang kadang panas, dapat membuat kepala pusing dan kulit kamu menjadi belang atau terbakar. Kalau kamu takut terpapar sinar matahari secara langsung, kamu dapat menguranginya dengan memakai sunscreen atau sunblock, baju lengan panjang dan topi. Usahakan baju yang kamu pakai berwarna cerah seperti putih agar sinar matahari terpantul ya!

6. Memakai Sandal yang Anti Air dan Anti Slip

Ilustrasi Sandal Anti Slip (unsplash.com)

Saat pergi ke Dufan lebih baik jika kamu memakai sandal, karena jika kamu memakai sepatu hal itu akan mempersulit kamu ketika bermain. Terdapat beberapa wahana yang mengharuskan pengunjung untuk melepas alas kaki, jadi jika kamu mengenakan sandal akan lebih mudah dan tidak terlalu repot. Bermain wahana air akan membuat sepatu yang kamu kenakan terkena air dan basah, sepatu yang basah dapat membuat kaki kamu menjadi bau, mengkerut, bahkan dapat menyebabkan kerusakan kulit loh! Gak mau hal itu terjadi kan? Nah lebih baik memakai sandal, khususnya sandal yang anti air dan anti slip agar kamu tidak terpeleset.

7. Membawa Baju Ganti dan Handuk Kecil

Handuk (unsplash.com)

Terdapat beberapa wahana air di Dufan, jika kamu ingin bebas merasakan keseruan semua wahana termasuk wahana air, lebih baik kamu persiapkan bawa baju ganti ya! Karena jika kamu bermain wahana air, maka baju yang kamu pakai akan basah. Walaupun tidak bermain wahana air, baju kamu mungkin akan terkena keringat karena bermain seharian di Dufan. Jadi lebih baik jika membawa baju ganti. Selain itu, kamu dapat membawa handuk kecil untuk mengelap keringat kamu atau untuk mengelap wajah dan rambut kamu setelah bermain wahana air.

8. Bermain Wahana Air di Akhir Bermain

Ilustrasi Wahana Air (unsplash.com)

Simpan wahana air di akhir permainan mu ya! Mencoba setiap wahana di Dufan mulai dari wahana yang kering atau biasa dulu agar kamu terhindar dari masuk angin. Lebih baik, bermain wahana air di sore hari ketika kamu sudah ingin pulang. Sehabis bermain wahana air, kamu dapat langsung mengganti baju kamu deh.

Nah itu dia, tips dan tricks yang kamu perlu ketahui sebelum pergi ke Dufan. Harga tiket Dufan bervariasi mulai dari harga Rp 225.000 per orang untuk weekday dan Rp 320.000,00 per orang untuk weekend tergantung pada hari kamu berkunjung. Bahkan, Dufan sering mengadakan promo setiap bulannya yang dapat kamu cek secara berkala loh! Biasanya, jika kamu pergi dengan orang yang berjumlah lebih dari 15, kamu bisa mendapatkan harga promo. Bagaimana? Apakah kamu sudah siap pergi ke Dufan?

Jika kamu ingin pergi ke Dufan jangan lupa untuk memesan tour guide profesional dari Atourin ya agar perjalananmu di Dufan dapat ditemani dan jadi lebih seru. Kamu bisa cek di website Atourin untuk info lebih lanjut ya.