(Theresia Geraldin Sinurat)

Hai Sobat Atourin! Kalian pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan Provinsi Papua dan Papua Barat? Selain terkenal dengan kekayaan maupun keindahan alamnya. Makanan khas sana juga enak-enak loh! Pada umumnya makanan khas di Papua banyak yang terbuat dari olahan sagu, hal tersebut yang membuat rasanya sangat unik. Langsung aja deh Atourin kasih tau makanan-makanan yang wajib kalian icip-icip di Papua!

Papeda

Wah untuk yang satu ini pasti kalian sudah tidak asing lagi bukan? Benar sekali! Papeda adalah salah satu makanan pokok di Papua. Papeda terbuat dari sagu yang dicampur dengan air panas, biasanya ikan kuah kuning, daun singkong, dan ubi jalar dijadikan lauk pendamping saat menyantap papeda. Tekstur papeda sendiri lengket seperti lem, dan mungkin bagi kalian yang belum terbiasa akan mengatakan rasanya tawar. Oleh karena itu, kalian butuh makanan pelengkap lainnya saat makan papeda. Cara memakan papeda pun cukup unik yaitu dengan menggulung-gulung papeda hingga melingkari sumpit atau garpu yang kemudian diletakkan di piring dan disantap bersama makanan pelengkapnya. Kalian dapat menemukan makanan khas Papua yang satu ini di restauran-restauran dengan harga mulai dari Rp20.000,00 hingga Rp140.000,00 sesuai dengan restoran yang kalian kunjungi tentunya.

Ikan Bakar Manokwari

Ilustrasi ikan bakar yang disajikan dengan bumbu dan jeruk nipis
Ilustrasi Ikan Bakar Manokwari

Bagi kalian yang bingung kenapa makanan berikut namanya ikan bakar Manokwari, berikut penjelasannya. Jadi gini guys Manokwari adalah salah satu nama daerah yang terdapat di Papua. Manokwari mempunyai makanan yang autentiknya terletak di bumbu yang digunakan. Bumbunya yang menjadi kunci kelezatan pada ikan bakar ini dan hanya dapat kalian temukan di Papua. Ikan laut yang digunakan biasanya ikan tongkol. Kisaran harga untuk makanan ini sekitar Rp50.000,00 tapi buat jaga-jaga kalian bawa uang lebih ya hehehe.

Ikan Mujair Rica-Rica

Selain sagu, makanan laut juga menjadi bahan dasar khas makanan Papua. Jadi jangan heran guys jika Ikan menjadi makanan favorit di daerah Papua. Berbeda dengan rekomendasi sebelumnya, kali ini ikan yang digunakan adalah mujair. Cara memasaknya pun berbeda, pada kali ini ikannya disiram dengan bumbu rica-rica. Harga satu porsi makanan ini sekitar Rp50.000,00. 

Kue Bagea

Beralih dari makanan berat, kita ke makanan ringan khas Papua. Kue bagea adalah kue tradisional yang dapat kalian temukan di Papua. Bahan dasar dari kue bagea adalah tepung sagu, rasanya pun bermacam-macam seperti kenari, vanili, dan kacang. Kue bagea kerap dijadikan kudapan saat hari raya atau hari-hari istimewa. Tekstur kue bagea sedikit keras, namun saat sudah dimasukkan ke mulut sangat renyah dan lembut. Harga setoples kue bagea sendiri berkisar di Rp20.000,00.

Keripik Keladi 

Keripik keladi atau dapat dikenal dengan keripik talas yaitu keripik khas daerah Papua dengan bahan dasar utama campuran talas atau keladi yang dibumbui dengan bawang putih, garam, cabe rawit, lalu digoreng. Keripik ini memiliki varian rasa yang beragam, seperti asin, manis, pedas, balado, keju, dan lainnya. Jika kalian ingin mencoba keripik keladi, harga untuk per bungkusnya mulai dari Rp15.000,00.

Abon Gulung

Untuk  yang terakhir makanan ringan khas papua rekomendasi Atourin adalah abon gulung. Kalau kalian penasaran kenapa sih namanya abon gulung? Jawabannya simpel banget, diberi nama abon gulung karena dibungkus dengan roti kemudian digulung. Bentuknya ya mirip-mirip dengan kue bolu. Eits, bahan dasar abon gulung tentunya abon ya guys hehehe, abon gulung saat kalian gigit sangat lembut. Rasanya pun bermacam-macam tidak hanya abon sapi saja, tetapi ada rasa lain seperti, abon gulung pedas, asin, coklat, sosis, dan susu. Harga abon gulung pun relatif mahal sekitar Rp75.000,00. Tapi, harga abon gulung disesuaikan dengan tempat kalian membelinya ya! Bisa lebih murah ataupun lebih mahal.

Nah, gak bingung lagi kan kalau mau berkunjung ke Papua harus makan apa? Pokoknya kalian harus wajib banget banget nyobain makanan rekomendasi dari Atourin! Oh iya, kalian juga jangan lupa tengok-tengok ke media sosial dan website Atourin yaaa. Kalian dapat meminta rekomendasi wisata-wisata dan tempat makanan daerah lain juga ke Atourin. Atourin juga sedang mengadakan kampanye loh! Siapa tau kalian tertarik bisa banget cek website-nya.