(Putri Inatisya)

Time to Read: 5 menit

Berwisata ke Kota Bandung bersama orang terdekat memang terdengar menyenangkan. Kota Bandung yang terletak di wilayah Jawa Barat sekaligus sebagai ibukota provinsi ini, dikenal dengan udaranya yang sejuk dan terdapat banyak gunung yang mengelilinginya. Hal ini merupakan salah satu faktor yang membuat kota ini sering dijadikan destinasi untuk liburan. Banyak orang yang memilih Kota Bandung sebagai tempat untuk berlibur atau sekedar melepas penat karena kota ini menawarkan berbagai macam tempat wisata, mulai dari tempat wisata untuk kuliner, berbelanja, wisata permainan, serta berwisata ke destinasi alamnya yang indah.

Selama berwisata ke Bandung, belum lengkap kalau kamu belum mengunjungi 3 tempat wisata hits berikut ini:

1. Nara Park 

Ilustrasi Nara Park (unsplash.com)

Jika kamu berkunjung ke Bandung, maka salah satu tempat yang kamu harus kunjungi adalah Nara Park. Nara Park merupakan tempat makan yang berlokasi di Jalan Rancabentang nomor 28, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat. Di Nara Park ini, kamu dapat menikmati keindahan alam Kota Bandung karena konsep alamnya. Sesuai dengan namanya, Nara Park adalah tempat yang menyajikan berbagai wisata kuliner, dengan suasana tamannya yang terdapat banyak pohon yang mengelilinginya serta bukit-bukit dengan rumput hijaunya. Taman hijau ini sering dijadikan tempat untuk piknik-piknikan. Tak heran jika tempat ini sering dikunjungi oleh anak muda karena tempat ala-ala untuk piknik di zaman sekarang ini memang sedang hits banget di kalangan anak muda.

Terdapat kurang lebih 7 restoran yang tersedia di Nara Park, harga yang ditawarkan masing-masing restoran juga cukup bervariasi. Masing-masing tempat restoran memiliki desain yang instagramable yang tidak terlepas dari unsur alam. Berbagai pilihan tempat makan dengan tema alamnya yang indah inilah yang menjadi alasan mengapa tempat ini banyak dikunjungi orang, karena selain menikmati pemandangan dan kulinernya, kamu dapat berfoto-foto cantik dengan tema alamnya bahkan sambil piknik-piknikan. Selain itu, Nara Park juga cocok menjadi destinasi untuk liburan wisata keluarga loh! Di sana terdapat outbound dan taman bermain yang dapat menjadi hiburan bagi anak-anak. Terdapat live music yang juga disediakan oleh Nara Park. Nara Park ini sering dijadikan tempat untuk kumpul keluarga, makan romantis bersama pasangan, piknik di taman, tempat foto pre-wedding dan masih banyak lagi. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Nara Park, tempat ini dibuka pukul 08.00-18.00 WIB. 

2. Ranca Upas

Ilustrasi Ranca Upas (unsplash.com)

Salah satu tempat wisata paling hits dan terkenal di Bandung adalah Ranca Upas, khususnya bagi para pecinta alam. Jika kamu tertarik untuk berkemah kamu dapat berkemah di tempat ini. Ranca Upas merupakan bumi perkemahan yang berlokasi di Jalan Raya Ciwidey Patengan KM 11, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Menawarkan pemandangan alam Kota Bandung yang indah dengan suasana sejuknya, menjadikan Ranca Upas ini menjadi tempat kesukaan bagi para pecinta alam. Kamu dapat berkemah dengan orang-orang tersayang seperti keluarga dan teman dekat. Harga tiket masuk yang ditawarkan cukup terjangkau yaitu Rp 15.000,00, sedangkan untuk berkemah di sini kamu perlu membayar lagi Rp 10.000,00.

Ingin berkemah namun tidak punya perlengkapannya? Tenang, di Ranca Upas ini terdapat berbagai perlengkapan berkemah yang dapat kamu sewa untuk memenuhi kebutuhan kamu seperti tenda, matras, kompor gas, sleeping bag, pisau lipat, rantang memasak, dan masih banyak lagi perlengkapan yang disewakan. Di Ranca Upas ini, kamu tidak hanya berkemah, namun kamu juga bisa melihat penangkaran rusa secara gratis. Di sini kamu dapat berinteraksi dengan ratusan rusa yang memang hidup dan tumbuh besar di tempat ini seperti memberi makan rusa, berfoto dengan rusa, serta menyentuh rusa tersebut. Menarik bukan? Terutama jika kamu pergi membawa anak kecil, hal ini akan menjadi wisata yang seru dan menyenangkan bagi si kecil, kamu juga dapat mengajak si kecil untuk seru-seruan di fasilitas adventure, games & outbound yang disediakan di sini. 

Salah satu tempat favorit orang yang berkunjung ke Ranca Upas adalah pemandian air panasnya. Menikmati hangatnya air sambil melihat pemandangan alam Ranca Upas yang dipenuhi dengan dataran tinggi pegunungan hijau, cocok untuk kamu bersantai dan melepas penat. Di Ranca Upas juga terdapat kolam renang dan waterboom bagi kamu yang suka berenang. Kamu cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp 15.000,00.

3. D’Dieuland

Ilustrasi Spot Foto (unsplash.com)

Berasal dari Bahasa Sunda “didieu” yang berarti di sini, D’Dieuland ini merupakan tempat rekreasi yang terletak di Kawasan Wisata Punclut, Jalan Pagermaneuh, Kawasan Wisata Punclut, Dago Bandung. Jika ingin menikmati keindahan Kota Bandung maka tempat hits di Bandung yang satu ini gak boleh kamu lewatkan. Di tempat ini, kamu dapat menghabiskan waktu untuk berkumpul atau nongkrong bersama teman ataupun orang terdekat. Tempat ini cocok bagi kamu yang ingin merefleksikan diri karena udara sejuknya. Terdapat beberapa restoran dengan desainnya yang unik, kamu juga dapat menikmati pemandangan indah lembah serta pohon di Bandung yang hijau. Saat malam hari, kamu dapat melihat kehidupan malam Bandung dari kejauhan sambil mengamati lampu-lampu cantiknya. 

Di D’Dieuland ini terdapat banyak tempat yang dapat dijadikan spot foto yang instagramable. Salah satu spot foto disini yang paling hits adalah istana Eropa yang mirip dengan istana di Disneyland. Desainnya yang indah membuat banyak pengunjung yang ke sini dengan tujuan untuk berfoto di istana ini. Istana ini merupakan restoran yang bernama Dago Bakery Punclut. Tempat wisata ini juga cocok bagi kamu dan keluarga, terutama jika kamu membawa anak karena terdapat beberapa wahana permainan yang seru seperti outbound, playground, gyroscope flywheel, dan masih banyak permainan lainnya. Harga tiket masuk ke D’Dieuland berkisar dari harga Rp 10.000,00-15.000,00.

Nah itu dia 3 tempat wisata hits yang dapat kamu kunjungi di Bandung. Bandung terkenal dengan berbagai macam wisata yang ditawarkan sehingga masih banyak lagi pilihan tempat wisata hits di sana. Jika kamu ingin merencanakan liburan ke Bandung, kamu dapat merencanakannya dengan Atourin dan memesan tour guide profesional dari Atourin, untuk info lebih lanjut dapat kamu lihat di website Atourin ya.