Time to Read: 5 menit

(Ratu Sahara Frasetia)

Jalan-jalan ke berbagai tempat wisata atau kuliner baik musim liburan maupun saat akhir pekan selalu menjadi agenda favorit setiap orang. Umumnya jalan-jalan dipilih sebagai agenda untuk melepas penat setelah seminggu beraktivitas, kumpul bersama keluarga, bertemu teman, atau sekedar meluangkan waktu untuk me time. Banyaknya destinasi wisata dan kuliner di Indonesia tidak kalah menjadi opsi para travelers untuk berkunjung, baik travelers lokal maupun dari mancanegara. 

Sebelum pergi jalan-jalan, tentunya sobat Atourin harus memperhatikan beberapa hal agar perjalanmu nyaman dan menyenangkan. Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan ialah cuaca dan iklim. Di Indonesia, sejak akhir tahun 2020 hingga kini awal 2021 sudah memasuki musim penghujan. Tapi, bukan berarti kamu ngga bisa jalan-jalan, lho. Yuk, simak tips-tips berikut yang bisa membantu sobat Atourin dalam merencanakan kegiatan jalan-jalan dan tentunya agar perjalananmu tetap nyaman dan berkesan! 

  1. Tentukanlah Destinasimu!
Tentukan destinasi. Foto: canva.com

Sebelum pergi jalan-jalan, sobat Atourin sebaiknya sudah menentukan destinasi yang akan dikunjungi. Buatlah daftar destinasi yang dapat dikunjungi saat musim penghujan. Destinasi indoor sangat disarankan untuk menjadi pilihan destinasi. Pilihan destinasi outdoor seperti pantai, air terjun, perbukitan, atau kegiatan seperti snorkeling, arum jeram sangat tidak disarankan. Hal ini karena tujuan-tujuan tersebut bisa membahayakan keselamatan atau kesehatan sobat Atourin selama jalan-jalan bila hujan datang. Gelombang pasang di laut, air bah atau longsor dapat saja terjadi saat hujan turun. Hal itu dapat mengubah rencana menyenangkanmu menjadi bahaya. Sobat Atourin tetap bisa jalan-jalan dengan mengunjungi destinasi seperti museum, tempat kuliner indoor, pusat perbelanjaan, wisata ibadah, pusat oleh-oleh atau kawasan kerajinan. 

  1. Pastikan Tubuhmu dalam Kondisi yang Sehat

Tubuh yang tidak sehat akan sangat berpengaruh pada perjalanmu. Bila sesaat sebelum pergi tubuhmu tidak fit sebaiknya jangan memaksakan untuk pergi jalan-jalan, apalagi bila jarak destinasi yang akan dikunjungi cukup jauh, sebab bila selama jalan-jalan keadaanmu memburuk hal itu tentu saja dapat merusak rencana liburan. Ditambah jika sobat Atourin jalan-jalan saat musim hujan dan daya tahan tubuh melemah, maka tubuh dapat mudah terserang penyakit akibat kondisi cuaca yang tidak menentu atau ekstrim.  

  1. Memeriksa Perkiraan Cuaca

Memeriksa ramalan cuaca di hari perjalanan menjadi salah satu langkah penting. Meskipun tidak selalu akurat, perkiraan cuaca dapat membantu sobat Atourin dalam memberikan gambaran cuaca saat jalan-jalan. Dengan begitu, sobat Atourin bisa lebih mempersiapkan perlengkapan yang tepat untuk digunakan bila hujan turun. 

  1. Perlengkapanmu Harus Tepat!
Perlengkapan jalan-jalan saat hujan. Foto: canva.com

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat berpergian di musim hujan ialah sedia perlengkapan yang tepat, karena perlengkapan yang tepat dapat membantu sobat Atourin saat hujan turun, seperti payung lipat, jas hujan, sandal jepit, backpack cover untuk melindungi ransel, kantong plastik, tas dengan permukaan waterproof, pakaian yang tidak mudah tembus pandang saat terkena air, tisu atau sapu tangan. Baju hangat juga sangat disarankan untuk dimasukkan saat packing. Selain itu, jangan lupa membawa obat-obatan dan vitamin yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

  1. Asupan Gizi Seimbang Selama Jalan-Jalan
Gizi seimbang selama jalan-jalan. Foto: canva.com

Asupan gizi selama jalan-jalan tentunya diperoleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi selama perjalanan. Asupan gizi menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan agar perjalanan sobat Atourin tetap nyaman dan menyehatkan. Sangat dianjurkan untuk menyeimbangkan asupan gizi yang dikonsumsi, hal ini agar tetap menjaga kesehatan tubuh selama perjalanan dan setelah perjalanan. Terlebih saat musim hujan, sobat Atourin harus lebih selektif dalam memilih tempat makan atau membeli makanan. Perhatikan kebersihan tempat makan dan jenis makanan yang dipilih. Makanan atau minuman yang hangat dapat membantu menjaga kehangatan tubuh saat jalan-jalan di musim hujan. 

  1. Memperhatikan Akomodasi

Saat berpergian di musim hujan, akomodasi juga harus dipersiapkan. Apabila berpergian dengan menggunakan motor, sobat Atourin harus siap dengan perlengkapannya seperti jas hujan dan sandal jepit. Kondisi kendaraan pribadi yang digunakan juga harus dipastikan dalam keadaan optimal, dikarenakan apabila hujan turun terdapat kemungkinan terjadinya luapan air di jalan atau jalanan yang menjadi licin. Apabila jalan-jalan dengan menggunakan pesawat terbang, disarankan memiliki penerbangan tanpa transit. Hal ini bisa membantu agar sobat Atourin lebih cepat sampai tujuan. Jangan lupakan mengenai peluang keterlambatan transportasi akibat cuaca buruk terutama pesawat terbang. Antisipasi yang dapat dilakukan menyiapkan spare waktu apabila terjadi penundaan jadwal penerbangan, mengisi waktu selama menunggu jadwal penerbangan yang tertuda dengan membaca buku, bermain game atau mengunjungi tempat yang ada di bandara. Dengan begitu perjalanmu tidak akan membosankan meskipun penerbanganmu tertunda!

Itulah tips-tips yang bisa sobat Atourin pertimbangkan saat merencanakan jalan-jalan di musim hujan. Perjalananmu tetap akan menyenangkan dan berkesan bila dipersiapkan dengan baik dan tepat. Kamu bisa mendapatkan inspirasi jalan-jalan keren di Indonesia hanya di website dan media sosial Atourin. Happy Travelling!