Gambar Orang sedang Snorkeling (pixabay.com)

Time to Read: 4 menit

(Lovindah Catra Ratnanggadi)

Snorkeling atau bisa disebut selam permukaan adalah kegiatan berenang atau menyelam menggunakan peralatan seperti masker dan snorkel. Snorkel adalah alat bantu bernafas dengan mulut saat berada di permukaan air. Snorkeling adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang, karena dapat melihat indahnya pemandangan di dalam laut, sehingga tak jarang banyak orang menjadikan snorkeling hobi atau kegiatan olahraga. Kegiatan snorkeling bisa dilakukan oleh semua orang dari yang bisa berenang dan tidak bisa berenang. Karena snorkeling adalah kegiatan menyelam di permukaan laut, para pemula dapat mempelajarinya dengan singkat dari pemandu selam. Namun tak jarang snorkeling banyak ditakuti oleh banyak orang, banyak alasan yang ditakuti banyak orang terhadap snorkeling seperti takut tenggelam, biaya mahal, tidak bisa berenang, dan banyak alasan lainnya. Padahal snorkeling tidak semenakutkan yang mereka bayangkan. Artikel ini akan membahas tentang tips & trik snorkeling bagi pemula mulai dari dalam hal segi keuangan dan segi keamanan.

Gambar Orang sedang Snorkeling (pixabay.com)

Dalam segi keuangan mungkin bagi para orang awam snorkeling sangat mahal padahal snorkeling tidaklah semahal yang dibayangkan. Banyak tempat wisata yang menyediakan wisata snorkeling dengan harga terjangkau, seperti di Probolinggo tepatnya di Gili Ketapang harga snorkeling di sana mulai dari Rp90.000,00 per orang harga tersebut sudah termasuk naik kapal untuk menyebrang, sewa peralatan snorkeling dan juga makan siang gratis. Selain di Probolinggo harga snorkeling di Lombok tepatnya di Gili Trawangan adalah Rp150.000,00 per orang, harga tersebut sudah termasuk naik kapal, sewa peralatan snorkeling dan makan siang gratis. Di Bali tepatnya di Tanjung Benoa harga snorkeling Rp150.000,00 per orang harga tersebut sudah termasuk biaya asuransi dan sewa peralatan snorkeling. Jadi persoalan harga sudah tidak perlu menjadi alasan seseorang untuk takut snorkeling.

Dalam segi keamanan dan kenyamanan banyak hal yang harus diperhatikan saat snorkeling, utamanya bagi para pemula. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai snorkeling.

Memakai pakaian renang

Gambar Orang sedang Snorkeling (pixabay.com)

Memakai pakaian renang sebenarnya bukan menjadi hal yang sangat penting saat snorkeling, namun menggunakan pakaian renang akan membuat pengguna nyaman saat berenang dan juga dapat melindungi tubuh dari suhu air laut.

Periksa masker & snorkel 

Gambar Orang sedang Snorkeling (pixabay.com)

Ini adalah hal penting saat sebelum memulai snorkeling, untuk memastikan bahwa masker tidak bocor saat digunakan. Pakailah masker sesuai ukuran Anda agar saat berada di dalam air tidak ada air yang masuk, jangan menggunakan masker terlalu kencang karena akan menimbulkan embun dan akan mengurangi pandangan mata saat berada di dalam air.

Melatih bernafas dengan menggunakan mulut

Saat snorkeling tentunya bernafas menggunakan hidung sangat tidak memungkinkan untuk dilakukan, oleh karena itu salah satu cara bernafas saat snorkeling adalah menggunakan mulut. Biasakan bernafas menggunakan mulut sebelum memulai snorkeling.

Periksa jaket pelampung 

Bagi Anda yang tidak bisa berenang, sangat disarankan untuk menggunakan pelampung. Periksa pelampung untuk memastikan bahwa pelampung layak digunakan dan tidak bocor. Pasang pelampung sesuai ukuran badan, rekatkan pelampung agar tidak terlepas saat berada di dalam air.

Gunakan alas kaki katak

Gambar Alas Kaki Katak (pixabay.com)

Kaki katak memang tidak wajib digunakan saat snorkeling, namun berguna untuk menambah kecepatan berenang saat berada di dalam air.

Kenali binatang dan tumbuhan laut

Gambar Biota Laut (pixabay.com)

Pemandangan bawah laut memang sangatlah indah namun jangan sampai keindahan itu Anda rusak dengan menyentuh binatang dan tumbuhan laut, beberapa binatang laut juga dapat berbahaya bagi tubuh seperti babi laut. Apabila terkena babi laut Anda akan mengalami lemas, nyeri otot dan lumpuh. Jadi pastikan tetap menjaga keselamatan Anda dan biota laut.

Jangan takut air

Sebagai pemula jangan takut tenggelam saat berada di laut karena Anda tidak akan tenggelam selama Anda menggunakan jaket pelampung dengan baik. Apabila anda panik justru akan membuat Anda tenggelam. Tetap tenang dan jangan panik. 

Jangan berenang terlalu jauh

Gambar Orang sedang Snorkeling (pixabay.com)

Pastikan bahwa Anda tidak berenang terlalu jauh dari kapal atau tim Anda, agar pemandu selam dapat memantau Anda.

Bawa makanan dan minuman saat berada di kapal

Biasanya snorkeling membutuhkan waktu 2-3 jam, yang tentunya akan menguras tenaga. Bawalah cukup makanan saat berada di dalam kapal, karena saat berenang tentunya perut akan terasa lapar ditambah lagi air laut menyebabkan tenggorokan sangat perih dan kering. Namun jangan lupa untuk membawa kembali sampah sisa makanan dan minuman.

Jaga kebersihan

Gambar Suasana Laut saat Snorkeling (pixabay.com)

Menjaga kebersihan sangat penting untuk menjaga ekosistem biota laut agar tetap terjaga. Jangan merusak laut dengan sampah yang kalian bawa, bawalah sampah kembali ke pelabuhan. 

Tips & trik di atas dapat anda gunakan saat melakukan snorkeling. Jangan lupa untuk memastikan bahwa stamina dan kesehatan tubuh baik sebelum memulai snorkeling, agar Anda dapat menikmati dan melakukan snorkeling dengan menyenangkan. 

Atourin juga memiliki kampanye atau campaign bertajuk The Travellers Power loh! Yang intinya adalah mengajak masyarakat untuk menjadi pejalan yang bertanggung jawab termasuk saat melakukan snorkeling. Silahkan cek website Atourin untuk detailnya ya, kamu tentu bisa ikut serta dalam kampanye ini. Happy snorkeling!