Time to Read: 5 Minutes

(Fitriah Khairunnisa)

Seringkali kita udah pengen banget untuk berlibur, tapi selalu capek jika harus menyusun koper agar rapih dan takut barang-barang tidak muat di dalam koper. Jangan sampai hal tersebut menghalangi kalian untuk tidak jadi berlibur ya. Atourin punya tips nih untuk kalian, yuk disimak!

Melipat Pakaian Dengan Rapih dan Benar

Ilustrasi Melipat Pakaian (unsplash.com)

Melipat pakaian tentu sangat mempengaruhi space di koper kalian. Agar masih luas dan terlihat rapih, caranya adalah lipat sisi bawah pakaian ke arah luar dan pastikan lipatannya lurus karena akan menjadi ‘kantung’ yang menjaga gulungan pakaian tetap pada tempatnya. Setelah itu, lipat sisi kiri dan kanan baju seperti biasa dan pastikan lipatan kiri dan kanan seimbang sehingga bertemu di titik tengah. Jika sudah rapi, mulailah gulung baju dari bagian atas menuju ujung baju yang sudah dilipat. Pastikan gulungan tersebut tidak terdapat rongga sedikitpun. Setelah gulungan sampai di ujung (bagian lipatan), genggam erat gulungan dan buka lipatan bawah baju. Tarik lipatan bawah baju hingga membungkus gulungan baju dengan sempurna dan disusun berhadap-hadapan secara vertikal. Susunan packing baju seperti ini akan mempermudah kalian saat mengambil dan menyimpan barang kembali ke koper.

Maksimal 3 Sepatu

Ilustrasi Sepatu (unsplash.com)

Jika kalian seseorang yang unplanned, maka aturan dasar packing alas kaki kalian adalah sandal kasual, sneakers, dan sepatu untuk acara formal. Ini pun tergantung dari kegiatan yang akan dilakukan selama liburan. Agar space koper lebih luas, gunakan sepatu yang paling berat saat berangkat dan masukkan sepatu lain di koper. Namun, jika kalian telah memiliki plan yang jelas selama liburan (contohnya
hiking), berarti kalian hanya perlu membawa sepatu sneakers saja.

Bawa Produk Sample atau Travel Size

Ilustrasi Travel Size (unsplash.com)

Bagi kalian yang menggunakan skincare atau make up yang harus dibawa saat berpergian, kalian bisa membawa versi ukuran kecil seperti produk sample atau travel size. Jika tidak tersedia dalam ukuran kecil, pindahkan
produk tersebut ke botol traveling kit yang dijual di toko terdekat agar beban koper menjadi berkurang. Jika kalian sudah dipastikan menginap di tempat penginapan, kalian tidak perlu membawa perlengkapan mandi atau dapat membelinya di toko terdekat.

Mengelompokkan Setiap Barang

Kesalahan yang sering terjadi dalam packing baju adalah tidak memilah dengan baik barang-barang yang dimasukkan ke dalam koper. Tinggalkan barang-barang yang tidak terlalu penting, jumlah baju bisa diminimalisir dengan membawa lebih banyak baju warna netral sehingga lebih mudah dipadupadankan. Barang-barang selain baju, seperti pakaian dalam, peralatan mandi, make up, dan sepatu sebaiknya disimpan terpisah dalam kompartemen sendiri. Khusus untuk peralatan mandi dan make up, gunakanlah kompartemen anti air agar tidak mengotori baju dan barang-barang lainnya.

Tumpuk Pakaian Sesuai Jadwal Pemakaian

Koper akan langsung terlihat berantakan jika kalian tidak menyusunnya sesuai dengan jadwal pemakaian. Sebaiknya tumpuk pakaian dengan urutan yang paling bawah adalah pakaian yang dipakai paling terakhir. Jadi, pakaian teratas adalah pakaian pertama yang akan kalian gunakan. Cara packing barang seperti ini lebih memudahkan kalian dalam mengambil pakaian agar tetap rapih dan tersusun.

Gunakan Travel Bag Organizer dan Kantong Zipper Transparan

Jika ingin terlihat lebih rapih, hal yang dapat dilakukan adalah dengan
menggunakan travel bag organizer atau packing cube. Tak hanya membuat pakaian lebih rapih dan tertata, hal tersebut juga lebih memudahkan kalian dalam mencari dan mengambil barang. Packing setiap barang sesuai dengan kelompoknya agar tidak tercampur dengan jenis barang lain dan mudah untuk mengambilnya saat ingin dipakai. Untuk peralatan kecil seperti aksesoris dan peralatan kecantikan, kalian bisa menggunakan kantong zipper transparan untuk menyimpan semua barang tersebut agar mudah menemukannya. Masukkan barang barang kecil ke dalam kantong dan letakkan kantong di sisi kiri atau di sisi samping koper. Untuk benda liquid, kalian bisa menyimpannya di dalam kantong zipper transparan untuk mengantisipasi jika botol tumpah sehingga lebih mudah dibersihkan.

Kompres Jaket atau Pakaian Kotor dengan Vacuum Travel Bag

Gunakan vacuum sealer dan vacuum travel bag yang dirancang khusus
untuk traveling agar tidak ada udara yang tersisa di dalamnya, sehingga pakaian kalian terkompresi dan kalian menjadi memiliki lebih banyak ruang di dalam koper. Keunggulan lain dari vacuum travel bag adalah baju tidak akan berbau apek walaupun telah dipak selama berhari-hari, namun pakaian menjadi harus disetrika sebelum digunakan. Seringkali pas berangkat koper rapi, tapi saat pulang amburadul gara-gara pakaian kotor yang terlipat secara berantakan dalam plastik. Gunakan vacuum bag atau plastik kedap udara untuk menaruh semua pakaian kotor. Plastik kedap udara ini bisa mencegah bau menguar sekaligus menghemat space koper hingga 80 persen. Silakan pakai ruang ekstra tersebut untuk bawa oleh-oleh atau belanjaan kita.

Dengan mempraktekan berbagai tips yang telah kalian baca, dipastikan kalian tidak harus merasa pusing atau kesulitan mencari barang didalam koper. Kalian akan lebih enjoy untuk menikmati liburan tanpa harus merapihkan koper tiap malam nya. Destinasi wisata sudah tersusun, sejumlah uang untuk memaksimalkan liburan sudah siap, ide kreatif untuk mix and match pakaian sudah terbayang, nah tunggu apa lagi? Yuk, rapihkan koper kalian!

Kemanapun rencana jalan-jalanmu dan apapun isi kopermu, kamu juga bisa menemukan banyak informasi dan inspirasi jalan-jalan yang menarik di berbagai daerah di Indonesia dan informasi pariwisata lainnya, tentunya hanya di website Atourin!