(Iqbal Maulana)

Halo Sobat Atourin, gimana kabarnya? Nah libur Lebaran sudah tiba. Waktu yang ditunggu untuk berkumpul bersama keluarga, melepas rindu dengan mereka. Selain bersilaturahmi, tentu banyak aktivitas lain yang bisa kalian lakukan. Kalian bisa bersantai di rumah dengan sekedar menonton film atau bisa juga nih kalian healing dengan berwisata ke alam, salah satunya air terjun. Mungkin sebagian dari kalian akan merasa nyaman dan tenang ketika melihat gemercik air yang turun dari ketinggian tersebut. Kali ini, Atourin punya beberapa rekomendasi wisata air terjun di daerah Sukabumi, Jawa Barat yang cocok buat kamu yang sedang butuh healing nih sambil menghabiskan liburan Lebaran. Yuk simak berikut beberapa wisata air terjun di Sukabumi:

Air Terjun Sodong Geopark Ciletuh

Air terjun Sodong atau Curug Sodong merupakan salah satu wisata air terjun yang ada di Sukabumi, tepatnya di Kawasan Geopark Ciletuh. Air terjun Sodong ini terbilang unik loh sobat karena bentuknya menyerupai sebuah gua. Selain bentuknya yang unik, wisata air terjun Sodong juga memiliki dua air terjun sekaligus loh. Pemandangan alam sekitarnya juga sangatlah cantik. Apabila kamu ingin menikmati keindahan dari air terjun Sodong ini kamu harus melakukan tracking. Jalurnya berupa medan yang menanjak dan tidak mudah. Namun, kamu tidak perlu khawatir ya karena rasa lelah kamu akan terbayarkan lunas ketika melihat keindahan air terjun ini.

Air Terjun Sodong

Air Terjun Cikanteh Geopark Ciletuh

Air terjun Cikanteh atau orang-orang sekitar mengenalnya dengan istilah ‘curug’ Cikanteh ini terletak di Kawasan Geopark Ciletuh, Dusun Cikanteh, Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Lokasi air terjun ini tidak jauh dari lokasi air terjun Sodong, tepatnya berada di atasnya. Jadi kalau kamu mau mengunjungi air terjun Cikanteh, maka kamu bisa menuju area di atas air terjun Sodong ya. Track atau jalan yang dilalui dari air terjun Sodong ke Cikanteh agak sedikit berbatu, namun masih aman untuk dikunjungi loh jadi kamu tidak usah khawatir. Setelah itu, kamu masih harus melalui beberapa jalan dengan pemandangan hutan yang dipenuhi oleh pohon-pohon. Apabila kamu telah menyebrangi sebuah sungai dengan jembatan bambu, tandanya tidak lama lagi kamu akan sampai di lokasi air terjun ini.

Setelah melewati perjalanan yang cukup panjang tersebut, kamu akan menemukan air terjun Cikanteh yang begitu indah. Apabila kamu telah sampai, kamu bisa melihat pemandangan air terjun yang bertingkat. Air terjun yang mengaliri dan turun di bebatuan tersebut cocok banget buat kamu yang pengen bersantai sambil menikmati alam. Pokoknya pemandangannya indah banget deh, serasa lagi di film-film petualangan. Selama di air terjun ini kamu bisa berenang ataupun hanya sekadar bermain air saja. Satu hal yang tidak boleh terlewatkan tentunya adalah mendokumentasikan perjalanan kalian ya. Sayang banget kalau udah jauh-jauh tapi lupa didokumentasikan.

Air Terjun Cikanteh

Air Terjun Kembar Situgunung

Air terjun kembar Situgunung, sesuai dengan namanya terletak di Kawasan Situgunung, tepatnya berada di Lembah Purba. Lembah Purba sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Sukabumi yang menawarkan wisata alam yang masih asri dan alami. Air terjun ini dikenal dengan nama air terjun kembar karena memang memiliki dua air terjun sekaligus, sama seperti air terjun Sodong. Kalau kamu mau pergi ke air terjun ini pastikan kondisi fisik kamu dalam keadaan fit ya, soalnya lokasi dari air terjun ini cukup jauh dari pintu masuk Kawasan Wisata Situgunung Suspension Bridge.

Kamu juga perlu bantuan pemandu dari Kawasan Wisata Situgunung Suspension Bridge untuk menenami perjalanan kamu menuju air terjun tersebut. Sepanjang perjalanan kamu akan disajikan pemandangan yang indah dan juga akan diberikan informasi-informasi mengenai tumbuh-tumbuhan yang ada di Situgunung. Setelah melewati track yang cukup panjang tersebut, kamu akan menyaksikan keindahan dari pemandangan air terjun kembar ini. Kamu akan merasakan rasa tenang dan nyaman sembari menghirup udara segar dan menyaksikan dua air terjun yang mengalir di antara tebing tersebut.

Air Terjun Cikaso

Air Terjun Cikaso

Air terjun Cikaso terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Sukabumi. Lokasi dari air terjun ini terbilang unik teman-teman karena kalau kamu mau mengunjungi air terjun ini, kamu perlu menaiki perahu terlebih dahulu untuk menyeberangi sungai. Jadi kalau kamu sudah tiba di pintu masuk area wisata air terjun Cikaso, kamu akan berjalan sebentar lalu kamu harus menggunakan perahu loh. Biaya untuk penyewaan perahunya sendiri terbilang murah. Kamu dan teman-teman kamu cukup membayar Rp60.000,00 untuk pulang pergi dengan maksimal 10 orang ya. Selama di perahu kamu akan menyaksikan pemandangan yang masih asri. Setelah itu, kamu masih harus berjalan kaki sebentar saja hingga akhirnya bisa sampai di air terjun Cikaso. Sebenarnya masih ada rute lainnya tanpa menggunakan perahu, namun kamu harus menempuh selama 1 km dengan track yang lumayan berat loh. Jadi disarankan kamu menyewa perahu saja ya sobat Atourin.

Setelah tiba, kamu bisa menikmati keindahan air terjun Cikaso yang terdiri dari tiga air terjun sekaligus. Selama di air terjun ini kamu hanya diperbolehkan untuk bermain air di pinggiran kolamnya saja ya sobat. Kamu dilarang untuk berenang mendekati air terjun karena airnya cukup deras dan dalam. Selain bermain air, kamu juga bisa sekadar santai sambil mengabadikan momen-momen indah dengan nuansa alam yang masih asri dengan kamera ataupun handphone kamu loh.

Air Terjun Bibijilan Nyalindung

Air terjun Bibijilan terletak di Kawasan Wisata Rindu Alam yang berada di Jalan Lebak Nangka, Kertaangsana, Nyalindung, Sukabumi. Air terjun Bibijilan ini merupakan salah satu air terjun yang cukup terkenal loh di Sukabumi. Air terjun ini terbilang memiliki keunikan dalam hal track menuju area air terjunnya. Ketika pengunjung telah tiba di pos masuk area wisata air terjun ini, kamu harus berjalan sejauh 1,5 km menyusuri hutan pinus yang ada di area tersebut. Setelah menyusuri hutan pinus itu, baru deh kamu bisa menikmati keindahan dari air terjun Bibijilan.

Selain track-nya yang unik berupa hutan pinus, bentuk dari air terjun ini juga unik banget loh sobat. Air terjun Bibijilan ini memiliki bentuk berundak-undak, jadi terdapat lima undakan atau tingkatan dari air terjun ini. Undakan pertama berada pada posisi paling atas. Pada undakan pertama ini pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang ataupun bermain air ya, soalnya pada undakan pertama ini airnya digunakan untuk keperluan sehari-hari dari masyarakat sekitar. Kalau kamu mau berenang dan bermain air, disarankan untuk ke undakan kedua karena pada undakan ini terdapat kolam yang biasa digunakan oleh pengujung untuk bermain air maupun berenang. Setelah itu, terdapat undakan ketiga dan keempat yang dimana air terjunnya mengaliri bebatuan yang membulat. Pada undakan ketiga dan keempat ini pengunjung bisa foto-foto nih karena pemandangannya indah banget. Tapi, kalian harus berhati-hati ya karena batuannya licin. Terakhir, terdapat undakan kelima yang memiliki air terjun yang agak pendek dan terdapat kolam air juga sehingga pada undakan terakhir ini kamu bisa untuk bermain air juga atau hanya sekedar berfoto-foto saja juga boleh.

Wah banyak juga ya rekomendasi wisata air terjun yang ada di Sukabumi. Kalau lihat foto-fotonya sih pasti udah buat kamu ingin buru-buru kesana bukan? Bayangkan bisa merasakan keindahan alam sekaligus merasakan ketenangan hidup sembari melihat air terjun. Nah, berdasarkan lima air terjun yang telah Atourin rekomendasikan itu, kira-kira menurut kalian air terjun mana nih yang cocok menenami waktu healing kalian?