Time to Read: 7 menit

Ranny Irani Tumundo

(Ricky)

“Raja Ampat itu kaya dan indah sekali. Saya ingin dan selalu berdoa agar masyarakat dan Raja Ampat bisa semakin maju, terutama pariwisata bisa makin dikenal dunia.” 

Ranny Tumundo.

Tangerang – Menjadi sosok seorang Tour Guide bukanlah hal yang mudah, membutuhkan kesabaran ekstra serta jiwa sosial yang tinggi terutama kepada masyarakat sekitar, dimana Tour Guide diharapkan tidak hanya sekedar memikirkan kepentingan pribadi saja. Merupakan sebuah pedoman yang selalu dijunjung tinggi dan menjadi motivasi tersendiri untuk menjadi sosok seorang tour guide bagi Ranny Irani Tumundo atau kerap disapa Mbak Ranny.

Kp Salio – Waigeo Barat Daratan

Gemar menelusuri berbagai kekayaan alam Indonesia yang tidak terbatas dan tersebar di”seluruh penjuru Tanah Air, Mbak Ranny pada awalnya tidak pernah membayangkan akan menjadi sosok seorang tour guide yang dikagumi oleh masyarakat seperti sekarang ini. Berawal dari modal nekat pada tahun 2010 bersama dengan teman-temannya dengan hanya membawa satu tas koper yang berisikan pakaian dan perlengkapan pribadi, mereka berangkat untuk memulai karir di Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Sunset Kota Sorong

Dengan tujuan awal berkunjung untuk menelusuri  kekayaan seni, budaya, dan alam serta bertemu dengan masyarakat lokal  di Raja Ampat ini, Mbak Ranny pernah memulai karirnya menjadi seorang pekerja kantoran di salah satu perusahaan ternama di Indonesia yang pada akhirnya berhenti dan mulai mencari pengalaman baru yaitu menjadi sosok seorang tour guide.

Senset Waiwo – Pulau Waigeo

Dengan menjadi tour guide ini, Mbak Ranny berkesempatan untuk memperkenalkan beberapa objek wisata yang ada di Raja Ampat seperti misalnya Piaynemo, Wayag, Batu Pensil, Misool, Arborek dan masih banyak lagi. Mbak Ranny juga mengenalkan dan mengajak wisatawan dalam melakukan berbagai aktivitas seru seperti tracking, diving, serta banyak aktivitas lainnya yang dapat dilakukan ketika berkunjung di Raja Ampat. Mbak Ranny juga menawarkan berbagai paket perjalanan mulai dari paket 4 hari 3 malam (normal/ short trip) sampai dengan paling lama yaitu dua bulan di salah satu destinasi wisata bahari terbaik dunia ini.

Kenalkan Wisatawan dan Warga Lokal dengan Human Touch

Beser Bay Homestay – Pulau Gam

Hal menarik yang akan dirasakan para traveller ketika mempercayakan Mbak Ranny sebagai tour guide-nya adalaah saat menelusuri Raja Ampat, kita tidak hanya sekedar dipandu mengelilingi berbagai tempat wisata nan indah yang ada di sana,  namun kita juga akan diajak bertemu dan berkomunikasi secara langsung kepada masyarakat sekitar serta melihat kehidupan masyarakat di sana. Sungguh pengalaman yang menarik pastinya.

Tentu kita tahu bahwa sebagai wisatawan atau pejalan yang bertanggung jawab kita selalu diingatkan untuk menjunjung tinggi rasa kemanusiaan dan penghormatan kepada sesama, khususnya kepada para masyarakat sekitar dimana kita berwisata. Sebagai tamu tentunya kita wajib menghargai tuan rumah seperti peribahasa: dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.

Mbak Ranny selalu mengedepankan sisi human touch selama bertahun-tahun menjalankan profesinya sebagai tour guide. Hal ini pula yang mengajarkan arti kehidupan yang sangat berharga untuk dibagikan kepada para wisatawan dan masyarakat sekitar. Tujuannya adalah agar mereka dapat merasakan kebahagiaan yang sama. Hal ini kadang  menimbulkan adanya kesan haru dari para wisatawan karena ikut merasakan kehidupan masyarakat sekitar, secara langsung dengan human touch itu.  Pengalaman berharga ini pula yang membuat Mbak Ranny sangat mencintai pekerjaan ini.Saat ini bahkan Mbak Ranny tercatat sebagai ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Raja Ampat.

Mbak Ranny memiliki pembawaan yang menghibur dan jenaka sehingga tidak membuat wisatawan bosan maupun lelah untuk mengenal, mengetahui, serta mempelajari berbagai pengetahuan baru yang akan  ditemukan di sana.

Tidak pantang menyerah dalam menghadapi berbagai rintangan selama menjadi tour guide menjadi motivasi tersendiri untuk terus belajar dan berkembang tentang pengetahuan hal-hal yang baru. Seperti misalnya ketika menghadapi situasi yang tidak terduga ketika membawa para wisatawan ataupun menolong para wisatawan yang tertipu. Pernah, bahkan beberapa kali Mbak Ranny dan teman-teman tour guide lainnya menolong wisatawan yang tertipu oleh oknum tour travel yang menjual paket wisata murah, namun kemudian sesampai di Raja Ampat, wisatawan ditelantarkan begitu saja. Hal ini melatihnya  untuk mempunyai tingkat kesabaran yang tinggi serta kepekaan untuk saling tolong menolong kepada sesama yang membutuhkan. 

Mbak Ranny mempunyai impian agar tempat wisata yang berada di seluruh Indonesia agar sama-sama berkembang dan menyesuaikan diri dalam perkembangan zaman.  Namun, Mbak Ranny tetap bijaksana dan memegang teguh nilai pribadi untuk tidak selalu mencari keuntungan pribadi semata. Selain itu, Mbak Ranny juga berharap agar kita semua dapat menjaga warisan leluhur kita ini agar tetap terawat ataupun tidak direbut oleh negara asing misalnya kekayaan alam Indonesia yang sangat banyak dan beragam.

Memanfaatkan Teknologi di Kala Pandemi

Dafalen Love Lake – Misool

Kemajuan teknologi di era digital saat ini, nyatanya dapat digunakan untuk inovasi di bidang pariwisata terutama dalam momen saat pandemi covid-19. Mbak Ranny tercatat pernah mengikuti pelatihan virtual travelling dan juga juga menyelenggarakan virtual travelling bersama Atourin tentunya. Mbak Ranny berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi pelepas rindu masyarakat untuk mengelilingi Indonesia dan juga menjadi sebuah media promosi dan presentasi atas keindahan alam dan potensi wisata Indonesia lainnya,khususnya bagi masyarakat yang berkebutuhan khusus atau tidak memiliki kesempatan untuk dapat melakukan wisata secara langsung. Mbak Ranny berharap agar mereka bisa merasakan hal yang sama untuk menjelajahi keindahan Indonesia walau secara virtual.

Mbak Ranny selalu memiliki harapan dan doa yang tiada hentinya kepada masyarakat di Raja Ampat untuk terus berkembang dan pantang menyerah supaya mendapatkan kesempatan yang sama di Tanah Air kelahiran mereka yaitu Indonesia ini. Mbak Ranny berharap agar dapat mengenyam pendidikan setinggi mungkin dan membawa sukses mengharumkan nama tempat kelahiran mereka yakni Raja Ampat.

Nah, seru kan membaca profil Mbak Ranny.Bagaimana Atourin Traveller? Kerenkan betapa tingginya jiwa sosial sosok tour guide yang satu ini. Selain dapat mengetahui dan menjelajahi kekayaan wisata alam di Raja Ampat, kita juga diajarkan untuk melakukan berbagai kegiatan dan kepedulian sosial loh bahkan dengan cara sederhana sekalipun. Dengan pembawaannya yang sangat ringan dan juga menghibur pasti akan membuat para traveller tertarik untuk mengunjungi wisata Raja Ampat bersama Mbak Ranny. Yuk, agendakan jalan-jalanmu ke Raja Ampat bersama Atourin dan Mbak Ranny!