Time to Read: 5 menit

(Steven)

“Gimane kabarnye abang none?” Nah, kalian tahu ga sih itu bahasa apa dan artinya apa? Jadi bagi kalian yang belum tahu itu adalah Bahasa Betawi dan artinya adalah “Apa kabar kakak-kakak?”. Bahasa Betawi merupakan bahasa khas bagi penduduk asli Jakarta, yaitu orang Betawi. Salah satu kesenian dari khas Betawi adalah ondel-ondel. Kalian pernah liat ga ondel-ondel itu gimana? Kalau belum pernah kalian bisa melihat ondel-ondel di Monumen Nasional (Monas). Lokasi Monas yang terletak di Jakarta Pusat membuat akses terhadap transportasi umum semakin mudah. Kalian bisa naik bus transjakarta yang harga tiketnya sekitar Rp 3.500,00 dan turun di halte busway Monas, Balai Kota, Gambir 1, atau Gambir 2. Setelah turun dari bus transjakarta, lalu perjalanan dapat dilanjutkan dengan jalan kaki dengan waktu tempuh kurang dari 15 menit.

Monas merupakan ikon Jakarta yang diresmikan pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu Monas dijadikan sebagai monumen peringatan akan perjuangan masyarakat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Perlu kalian ketahui juga bahwa emas yang terletak di atas tugu Monas merupakan emas asli yang beratnya mencapai 50 kg. Kalian yang ingin berkunjung ke Monas bisa mencoba juga untuk memasuki Museum Sejarah Nasional hanya dengan Rp 5.000,00. Museum ini berada di bagian dalam Monas dan berisikan sejarah Indonesia dari masa prasejarah sampai masa orde baru. Selain itu, jika kalian ingin melihat pemandangan Jakarta dari puncak Monas kalian hanya perlu untuk menambah biaya Rp 15.000,00. Dijamin kalian ga bakal menyesal karena pemandangannya sangat bagus dan memberikan sensasi yang berbeda.

Pasti setelah menelusuri fasilitas yang ada di Monas kalian akan merasa haus dan lapar, tapi tenang ada yang namanya Lenggang Jakarta. Letaknya masih di area Monas dan di Kawasan ini banyak dijual makanan dan souvenir khas Jakarta. Bisa dipastikan bahwa harga makanan dan minuman di sana terjangkau. Ada nih satu rekomendasi dari Atourin bagi kalian yang ingin mencoba makanan khas Jakarta yang tersedia di Lenggang Jakarta, yaitu kerak telor. Kisaran harganya sekitar Rp 25.000,00 dan kalian bisa dapatkan kerak telor yang dapat dijadikan snack sambil menikmati pemandangan Monas.  

Jika kalian masih punya waktu lebih, kalian bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi area Monas yang dapat diakses melalui aplikasi. Terdapat kurang lebih 100 sepeda yang tersebar di 7 titik lokasi di Monas. Jadi jangan pada takut nggak kedapetan pinjem sepedanya ya! Lalu, sambil bersepeda kalian juga bisa menikmati pemandangan yang asri.

Bagi kalian yang penasaran boleh banget kunjungin Monas dan refreshing bersama keluarga atau teman. Selain menambah pengalaman kalian juga bisa menambah wawasan mengenai sejarah Indonesia. Jika kalian sedang berkunjung ke Monas jangan lupa ya untuk foto di tugu Monas biar bisa jadi kenang-kenangan!

Kamu juga bisa menemukan banyak informasi dan inspirasi jalan-jalan yang menarik di berbagai daerah di Indonesia dan informasi pariwisata lainnya, tentunya hanya di website Atourin!