Liburan sering dijadikan momen untuk bersantai dari kesibukan dan berkumpul bersama keluarga maupun kerabat. Perihal destinasi liburan paling populer di Indonesia, Pulau Bali selalu berada di daftar pilihan teratas berkat keindahan alam, keramahan penduduk, dan keunikan budayanya. Di kala pandemi sekalipun, Pulau Bali masih menyimpan pesona dan menjanjikan berbagai wisata menarik untuk dijelajahi. 

Kira-kira, destinasi serta penginapan jenis apa saja yang nyaman untuk berlibur di Bali saat pandemi ini, ya? Mari simak rekomendasi destinasi wisata yang aman serta menerapkan protokol kesehatan dan keamanan ketat di wilayah Bali Utara, serta tipe akomodasi terbaik untuk liburan yang lebih nyaman! 

Jelajah Bali Utara

Mungkin Sobat Atourin sudah sering mendengar daerah-daerah wisata seperti Ubud, Kuta, Seminyak, atau Canggu. Namun, ternyata Pulau Bali masih menyimpan segudang destinasi wisata menarik di wilayah utaranya, lho. Meski jauh dari bandara, Bali Utara punya sederet destinasi menarik, mulai dari pantai, gunung, danau, hingga pura bersejarah. Yuk, simak ada tempat wisata seru apa saja yang bisa ditemukan di Bali Utara! Destinasi-destinasi berikut ini ramah keluarga juga, lho!

1. Volcano Jeep Tour, Kintamani

Pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur saat sunrise.
Pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur saat sunrise. 

Siapa bilang di Bali hanya ada pantai dan olahraga air, Sobat Atourin juga bisa seru-seruan naik Jeep sambil menikmati pemandangan menakjubkan bila berkunjung ke Kintamani! Dengan mengikuti Volcano Jeep Tour, Sobat Atourin akan diajak bertualang menggunakan Jeep 4WD untuk menyaksikan indahnya sunrise di area vulkanik Gunung Batur. Selain itu, Sobat Atourin juga bisa melihat lava berwarna hitam yang hanya bisa ditemukan di Gunung Batur serta berkeliling di sekitar area hutan. Cocok banget untuk Sobat Atourin yang suka alam! 

2. Pemandian Air Panas Toya Devasya

Salah satu kolam pemandian air panas di Toya Devasya. Foto: Igor Lushchay/Shutterstock.com 

Jangan lewatkan sensasi berendam di pemandian air panas alami, Toya Devasya. Dengan total delapan kolam air panas alami, Sobat Atourin dan keluarga dapat bersantai sambil menikmati fasilitas-fasilitas lengkap yang tersedia, seperti perosotan air, spa, dan restoran yang menyajikan kuliner Bali yang menggugah selera.

3. Pura Ulun Danu Beratan

Pura Lingga Petak, salah satu pura yang berada di dalam area Pura Ulun Danu.

Pura Ulun Danu merupakan destinasi yang wajib Sobat Atourin kunjungi ketika berlibur ke Bali Utara! Suasananya yang sejuk serta pemandangannya yang menakjubkan seolah-olah membawa para pengunjungnya masuk ke dalam sebuah negeri dongeng. Sebagai satu dari sembilan “Pura Kahyangan Jagat” yang tersebar di Bali, pura ini termasuk dalam daftar pura paling agung bagi umat Hindu. Di sini, Sobat Atourin bisa menjajal berbagai aktivitas, mulai dari berkeliling Danau Beratan dengan speed boat, menaiki jukung atau perahu kayu, berjalan-jalan di taman sambil menikmati pemandangan, hingga berfoto dengan satwa!

4. Danau Batur

Pemandangan Danau Batur dari ketinggian.

Danau Batur yang terletak di Kintamani juga bisa menjadi salah satu tujuan wisata untuk Sobat Atourin yang ingin berlibur jauh dari keramaian. Lokasinya yang berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut menjadikan Danau Batur sebagai tempat yang cocok untuk mencari ketenangan sembari menikmati keindahan alam. Keindahan Danau Batur yang berwarna hijau kebiruan ini pun diakui oleh UNESCO sebagai Global Geopark Network, Sobat Atourin. Waktu paling cantik untuk mendatangi Danau Batur adalah saat matahari terbit dan terbenam, agar Sobat Atourin bisa menyaksikan bayangan langit berwarna jingga terpantul di permukaan air Danau Batur yang tenang.

5. Museum Geopark Batur

Museum pertama dengan konsep Geopark di Indonesia. Foto: Instagram @geoparkbatur

Sobat Atourin yang membawa anak bisa juga membawa sang buah hati untuk wisata edukasi ke Museum Geopark Batur. Museum dengan konsep geopark pertama di Indonesia ini memaparkan tentang keanekaragaman hayati (biodiversity), geologi (geodiversity), dan budaya (cultural diversity) dari Gunung Batur. Hal menarik lainnya yang bisa ditemukan saat berkunjung ke Museum Geopark Batur adalah pengunjung dapat menyaksikan proses terbentuknya dua kaldera atau kawah dari 29.300 tahun silam. 

Menginap di villa

Damai Lovina Villas. Foto: thedamai.com 

Sobat Atourin juga tidak perlu khawatir soal kontak fisik dengan tamu-tamu lainnya ketika menginap di villa. Ketersediaan ruang makan, kolam renang, dan dapur pribadi menjadi keunggulan tipe akomodasi ini. Menginap jadi lebih nyaman karena tidak perlu cemas akan risiko kontak fisik dengan orang banyak.

Di Bali, ada banyak sekali pilihan villa yang bisa Sobat Atourin pilih sesuai dengan kebutuhan liburan. Bila Sobat Atourin ingin menginap di villa yang harganya terjangkau dengan pemandangan laut Lovina yang menawan dan identik dengan lumba-lumba, maka The Kayu Manis Villa & Spa bisa jadi pilihan kamu. 

Sobat Atourin juga bisa menikmati liburan yang lebih privat dengan keluarga di villa Joglo Lata Lama. Villa yang populer di kalangan wisatawan berkat bangunannya yang bergaya tradisional ini memiliki kolam renang pribadi, ruang tengah, serta dapur, sehingga Sobat Atourin bisa menikmati liburan keluarga dengan nyaman dan aman!

Bila Sobat Atourin ingin villa lain yang tenang dan dekat dengan pantai, maka Damai Lovina Villas merupakan pilihan yang tepat! Terletak strategis di area Pantai Lovina, Sobat Atourin dapat menikmati villa dan pelayanan eksklusif ala hotel bintang lima. Seru banget, ya!  


Sudah siap untuk liburan lagi, Sobat Atourin? Tentunya di masa pandemi ini, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga diri kita, keluarga, serta orang-orang di sekitar kita, sehingga penting untuk tetap melaksanakan protokol keamanan dan kesehatan saat liburan sekalipun. 

Tentunya, supaya bisa liburan yang nyaman dan aman, Sobat Atourin harus membuat rencana perjalanan secara matang terlebih dahulu. Agar memudahkan Sobat Atourin saat berlibur, pesan tiket pesawat dan penginapan tanpa ribet dengan aplikasi Wego saja! Temukan berbagai penawaran spesial serta rekomendasi wisata yang bisa bikin Sobat Atourin makin puas berlibur. Tunggu apalagi? Yuk, pesan tiketmu sekarang!