(Yassmyn Khairussalima)

Halo Sobat Atourin! Buat kamu yang sedang mengunjungi Sumatera Utara, wajib banget nih untuk mampir ke Bukit Sibea-Bea di Kabupaten Samosir, tepatnya di Harian Boho. Perbukitan dengan jalanan berkelok yang sempat viral karena indahnya panorama alam Toba di ketinggian 1.021 meter di atas permukaan laut ini, cocok untuk dijadikan tujuan wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk tahu lebih detailnya, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Rute 

Mencapai Bukit Sibea-Bea, pengunjung biasanya berangkat dari Kota Medan. Melalui perjalanan ini, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup panjang yaitu sekitar 177 kilometer, dengan waktu tempuh diperkirakan selama 4 jam 30 menit untuk sampai di sana. Walaupun jalanan terasa sedikit terjal dan berkelok, kamu tidak akan merasa bosan karena bisa menikmati pemandangan alam secara bersamaan. Dengan rute yang berkelok ini, Bukit Sibea-Bea akan berada di sisi kanan jalan. Dari Medan, kamu bisa menyewa mobil atau menggunakan transportasi umum seperti bus antar kota. Kamu harus jeli mencari informasi transportasi umum ini karena jumlah dan jadwalnya yang mungkin terbatas.

Aktivitas

Sesampainya di sana, kamu bisa menikmati langsung keindaham alam yang tersaji di depan mata, yaitu alam hijau yang melengkapi hamparan luasnya Danau Toba, ditambah lagi dengan bentuk jalur trek berkeloknya yang unik.

Untuk kamu yang datang bersama rombongan, bisa juga mencoba aktivitas utama yaitu touring menuju puncak bukit. Kamu akan melewati banyak titik menakjubkan yang bisa dijumpai sepanjang jalanan berkelok ini. Aktivitas ini dapat kamu lakukan baik dengan menggunakan motor maupun mobil. Sebagai tambahan, kamu tidak perlu terburu-buru untuk mencapai puncak agar bisa menikmati keindahan alamnya lebih lama.

sibea-bea

Selain touring, kamu juga dapat menikmati keindahan patung Yesus Kristus yang berada di puncak Bukit Sibea-Bea. Memiliki bentuk yang menawan, patung ini juga memiliki nilai religi tersendiri khususnya bagi para umat Kristiani.

Terakhir, jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk berfoto di sini, ya! Dengan latar jalanan berkelok, kamu juga akan mendapatkan keindahan Danau Toba sekaligus panorama sunrise dan sunset yang indah.

Tiket masuk & Jam Buka

Disini, kamu tak perlu mengeluarkan uang yang banyak karena harga tiket masuk objek wisata ini bisa dibilang cukup terjangkau. Tiket seharga 50.000 rupiah untuk kendaran roda empat seperti mobil dan 20.000 rupiah untuk kendaraan motor. Ditambah 5.000 rupiah untuk harga tiket pengunjung umumnya, baik dewasa maupun anak-anak, dilansir dari pariwisatasumut.net.

Saat ini, Bukit Sibea-bea bisa dikunjungi setiap hari mulai dari pagi hingga sore hari. Efektifnya, tempat wisata ini dibuka dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Waktu ini bisa kamu gunakan untuk menikmati indahnya matahari terbit juga tenggelam. Sebagai tips, kamu bisa datang ke Bukit ini di hari-hari kerja karena biasanya bukit ini akan ramai saat akhir pekan.

toba sunset

Walaupun Bukit ini belum resmi dibuka, namun Bukit Sibea-Bea sudah dikenal dengan keelokan dan keindahan alamnya yang memperlihatkan jalanan berkelok dan menanjak. Rencananya, Bukit Sibea-bea akan menjadi destinasi wisata rohani, karena terdapat patung Yesus Kristus setinggi 61 meter di puncaknya. Patung ini diperkirakan akan selesai dibangun pada September 2021. Namun, penataan lokasi wisata ini rencananya akan selesai ditata pada Juni 2022 mendatang. 

Bagaimana Sobat Atourin? Selagi berlibur ke Danau Toba, jangan lupa kunjungi Bukit Sibea-Bea juga, ya! Dapatkan inspirasi perjalanan lainnya menuju Sumatera Utara dan daerah sekitarnya hanya di website Atourin!