Indonesia merupakan negara dengan beraneka ragam perbedaan di dalamnya. Salah satunya dalam hal cita rasa kuliner. Keberagaman tersebut juga telah menjadi salah satu daya tarik Indonesia. Bahkan, terdapat beberapa makanan khas nusantara yang masuk kedalam list makanan terenak di dunia, lho!


Makanan Nusantara

Makanan nusantara merupakan makanan yang menginterpretasikan kebudayaan atau kearifan lokal di suatu daerah. Makanan nusantara diolah dengan berbagai teknik, sesuai dengan ciri khas dari daerah tersebut.

Di Indonesia, terdapat banyak sekali makanan khas. Makanan khas nusantara terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya. Misalnya saja seperti, cabai, bawang, jahe, kunyit, lengkuas, kencur, temu kunci, ketumbar,  kelapa, gula aren, dan masih banyak lagi.


Makanan Enak di Bandung Khas Nusantara

Bandung menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Baik itu untuk wisata kuliner, wisata alam, wisata ke tempat peninggalan bersejarah, ataupun hanya sekedar berbelanja. 

Terdapat makanan khas Bandung yang tentunya wajib untuk dicoba jika berkunjung kesana. Beberapa  diantaranya tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Makanan tersebut sudah terkenal akan kelezatannya, misalnya saja yaitu:


1. Surabi Bandung

Surabi (dalam bahasa Sunda), atau Kue Serabi dalam bahasa Indonesia, merupakan kuliner tradisonal Indonesia yang tak lekang oleh waktu. Saat ini, penyajian surabi telah mengikuti selera pasar dengan berbagai topping yang membuatnya terlihat lebih menarik.


2. Seblak

Untuk yang satu ini tentunya sudah sangat tidak asing lagi. Makanan yang satu ini sudah banyak tersebar di berbagai daerah. Tentu saja hal tersebut karena kelezatannya sehingga menarik peminat atau para pecinta kuliner di daerah lain.


3. Bandros

Bandros terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, daun suji dan santan. Kue ini biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir yang sangat menarik untuk dicoba.


4. Peyeum

Peyeum merupakan salah satu makanan enak di Bandung yang berbahan dasar ketela atau umbi singkong. Makanan ini dibuat melalui proses peragian sehingga menciptakan rasa dan aroma yang unik dan khas.


5. Colenak

Colenak atau sering disebut juga tape bakar merupakan salah satu makanan khas Bandung yang telah mendunia. Makanan ini berbahan dasar singkong yang dijadikan tape atau peyeum. Lalu, tape dibakar menggunakan arang. Setelah itu, hidangan tape bakar dilumuri kelapa parut dan cairan gula merah.


6. Tahu Susu Lembang

Selain rasanya yang enak, tahu susu lembang juga kaya manfaat, lho! Tahu susu lembang kaya akan protein dan zat besi. Hal tersebut bisa mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan produksi energi, dan mencegah pengeroposan tulang.


7. Ulukutek Leunca

Ulukutek leunca merupakan makanan yang berbahan dasar oncom. Rasa gurih dan pedasnya dijamin membuat lidahmu ketagihan! Kandungan kalori, vitamin, karbohidrat hingga senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh juga terdapat dalam makanan ini.


Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Bandung

Di Bandung, juga terdapat banyak sekali lokasi wisata kuliner yang menyediakan berbagai makanan khas nusantara. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat untuk kamu melakukan wisata kuliner di Bandung:

  • De Ranch
  • Braga City Walk
  • Floating Market Bandung
  • Paskal Food Market
  • Kampung Daun
  • Farmhouse Lembang
  • Sapu Lidi
  • The Lodge Maribaya
  • Colenak Murdi Putra


Ayo, Nikmati Cita Rasa Kuliner Khas Nusantara di Bandung!

Untuk kamu yang ingin menikmati cita rasa kuliner khas nusantara yang ada di Bandung sekarang tak perlu khawatir lagi nih. Atur perjalananmu secara lebih mudah dan menyenangkan dengan Atourin!