Time to Read: 6 minutes

(Gaby Vanessa Br Sembiring)

Hi, Sobat Atourin! Kalau berbicara tentang Medan dan segudang obyek wisatanya, mungkin gak akan pernah habis ya. Medan bukan hanya salah satu kota besar di Indonesia, namun kota ini juga menyimpan banyak sekali budaya, kuliner beserta dengan spot yang menarik dan unik. Kali ini, kita akan membahas beberapa spot unik yang ada di Medan dan daerah sekitarnya. Mulai dari spot yang menyajikan alam yang indah, sampai kepada bangunan arsitektur yang megah. Penasaran kan? Yuk kita cek ulasannya berikut!

  1. Danau Linting

Foto : Ilustrasi Danau Linting. Sumber : Canva.com

Berjarak sekitar 70km dari Kota Medan, Danau Linting merupakan salah satu hidden gems yang merupakan obyek wisata yang baru dibuka di tengah pandemi Covid-19. Danau ini dikelilingi banyak sekali pepohonan sehingga ada banyak ayunan yang sengaja dibuat agar pengunjung dapat menikmati keindahan sambil bersantai di atas ayunan tersebut. Biaya kontribusi untuk memasuki tempat ini relatif terjangkau yaitu sekitar Rp5.000,00 per orang. Danau ini menyimpan cerita misteri dimana belum ada yang dapat mengukur kedalaman danau ini. Ada yang menyebutkan bahwa danau ini memiliki gua di bawah danau. Danau ini terlihat cerah, namun di kedalaman 4 meter air sudah sangat gelap. Jika ingin berenang di tempat ini, diharapkan pengunjung untuk mematuhi peraturan yang ada. Bagaimana, kira-kira kamu tertarik berkunjung ke sini?

2. Taman Wisata Le Hu Garden

Gambar: ilustrasiTaman Wisata Le Hu Garden. Sumber : Canva.com

Foto : Ilustrasi Taman Wisata Le Hu Garden. Sumber : Canva.com

Letaknya tak jauh dari Kota Medan, taman ini terletak di Jalan Pendidikan daerah Deli Barat, Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Cukup membayar hanya mulai dari Rp20.000,00 kalian sudah bisa berfoto di berbagai spot foto menarik dan indah. Selain itu pengunjung bisa menyewa sampan untuk mengarungi sungai, bermain permainan seperti ayunan, melihat berbagai jenis burung atau bahkan menikmati santapan di restoran di obyek wisata ini.

3. Upside Down World Medan

Bagaimana jika spot foto ini semuanya terbalik? Hanya ada kamu di posisi yang benar? Apakah ini akan menjadi foto unik? Pastinya orang jarang berfoto dengan lemari yang ada di atas kepala! Terletak di Kota Medan yaitu Jalan K.H. Wahid Hasyim nomor 29, Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan. Museum ini memberikan pengalaman unik dimana semua barang memiliki posisi yang terbalik. Menjadi spot foto yang hits di kota Medan, tempat ini dapat kamu kunjungi dengan harga tiket mulai dari Rp25.000,00 – Rp35.000,00 per orangnya.

4. Istana Maimun

Foto : Istana Maimun. Sumber : Canva.com

Bukan ke Kota Medan namanya jika kamu belum datang ke ikon Kota Medan ini yaitu istana Maimun. Selain menjadi tempat bersejarah yang merupakan bukti dari kejayaan Kesultanan Deli, Istana Maimun juga merupakan obyek wisata yang gak kalah hits. Buat kamu yang ingin berfoto dengan nuansa zaman dulu dan bernuansa Melayu, tempat ini cocok kamu kunjungi. Terletak di Jalan Brigjend Katamso nomor 66, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan. Kalau berkunjung ke sini, jangan lupa naik betor ya! Agar suasananya lebih menyenangkan! Betor adalah kendaraan transportasi umum khas daerah sini. Harga tiket masuk Istana Maimun sebesar Rp3.000,00 – Rp5.000,00 saja.

5. Tjong Yong Hian Gallery

Tjong Yong Hian merupakan pedagang dari Tiongkok yang memberikan banyak kontribusi dalam perkembangan Kota Medan. Taman bunga ini menjadi bukti adanya kerukunan umat beragama dan suku yang sudah tumbuh di dalam masyarakat Kota Medan. Taman ini memberikan nuansa Tiongkok yang dapat memanjakan mata. Kamu dapat mengunjungi tempat ini yang terletak di Jalan Kejaksaan, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan tanpa dipungut biaya!

6. Tjong A Fie Mansion

Tempat ini terletak di Jalan Jend. Ahmad Yani nomor 105, Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan. Merupakan perpaduan dari tiga desain yaitu Eropa, Melayu dan Tionghoa bangunan ini menjadi bangunan unik yang sering dikunjungi ketika berada di Medan. Selain itu tempat ini juga sering dijadikan tempat foto prawedding karena memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Cukup merogoh kocek mulai dari Rp20.000,00 untuk pelajar dan Rp35.000,00 untuk umum, kamu bisa berswafoto di tempat bersejarah dengan arsitektur yang unik ini.

Itulah dia ada 6 tempat wisata instagramable yang dapat kamu kunjungi di sekitar Kota Medan. Jika datang ke tempat di atas, jangan lupa berfoto dan abadikan momenmu demgan orang – orang tercinta! Kamu juga bisa mendapatkan banyak inspirasi wisata keren di media sosialnya Atourin. Selamat berwisata!