Patung Lapangan Banteng (unsplash.com)

Time to Read: 6 minutes

(Salsabilla Hisyana Zahra)

Menghilangkan penat sejenak dari hiruk-pikuk Jakarta dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan. Seperti misalnya sekedar mengunjungi Lapangan Banteng yang berlokasi di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. Lapangan Banteng sendiri sebenarnya sudah dibangun sejak zaman penjajahan Belanda. Dahulu, tugu yang berada di Lapangan Banteng merupakan tugu singa, itu sebabnya dahulu Lapangan Banteng lebih dikenal sebagai Lapangan Singa. Kemudian menurut sejarah yang ada, pada saat Indonesia merdeka dibangun tugu peringatan pembebasan pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda untuk menggantikan tugu singa yang dianggap terlalu melambangkan penjajahan.

Namun, untuk kamu yang belum tahu, Lapangan Banteng saat ini berbeda dengan Lapangan Banteng yang dahulu berkat hasil revitalisasi seorang arsitek bernama Gregorius Antar Awal pada tahun 2017.  Revitalisasi tersebut dilakukan berdasarkan gagasan Ahok yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Beliau mengaku resah mengenai kurangnya ketertarikan masyarakat  terhadap Lapangan Banteng yang sebenarnya memiliki nilai sejarah penting bagi Indonesia. Taman Lapangan Banteng yang baru memiliki suasana yang nyaman dan indah dilengkapi amphiteater, taman yang luas, serta berbagai fasilitas lainnya. Lapangan Banteng kini dapat dikatakan memiliki fasilitas bertaraf internasional, sehingga memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai aktivitas di sana dengan nyaman. Apa saja sih yang bisa kamu lakukan di Lapangan Banteng?

1.Mempelajari Sejarah

Seperti tujuan utama Ahok mengenai nilai sejarah, Lapangan Banteng ini dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat mengedukasi masyarakat mengenai sejarah. Seperti tugu pembebasan Irian Barat, ruangan pameran, ruangan riwayat, serta dinding yang berisi kutipan. Ruang pameran dan ruang riwayat berada tepat di bawah tugu pembebasan Irian Barat. Ruang tersebut menceritakan sejarah berdirinya Lapangan Banteng yang dilengkapi dengan gambar ilustrasi. Kemudian kamu juga bisa menemukan dinding di sekitar tugu yang berisi kutipan mengenai sejarah seperti Deklarasi Djuanda, pidato Soekarno mengenai pembebasan Irian Barat, serta kutipan-kutipan pahlawan lainnya.

2.Olahraga

Ilustrasi Lapangan Banteng (unsplash.com)

Lapangan Banteng sangat sesuai untuk kamu yang suka olahraga, karena memiliki fasilitas olahraga yang cukup lengkap, aman dan nyaman. Terdapat jalur untuk lari dan jogging, lapangan sepak bola, lapangan voli dan juga lapangan basket. Selain itu, terdapat lapangan kosong yang biasanya digunakan oleh pengunjungnya untuk bermain bulu tangkis. Kawasan Taman Lapangan Banteng yang cukup luas juga biasanya lebih sering digunakan pengunjungnya untuk lari santai di jalur lari yang ada. Kamu juga dapat bersepeda di sekitar area Lapengan Banteng. Tetapi, harus tetap jaga lingkungan dan jangan merusak properti yang ada ya!

3.Melihat Air Mancur Menari

Ilustrasi Air Mancur Menari (unsplash.com)

    Salah satu hal yang spesial di Lapangan Banteng ini adalah adanya pertunjukkan air mancur menari. Kamu dapat menyaksikan air mancur menari ini setiap hari Sabtu dan Minggu pada pukul 18.30, 19.30, dan 20.30 WIB. Air mancur menari yang berlangsung selama 15 menit tersebut diiringi dengan instrumen lagu nasional dan lagu daerah serta dihiasi dengan gemerlap lampu warna-warni. Kamu juga tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat untuk menikmati air mancur tersebut. Karena selain area duduk yang disediakan cukup luas, kamu juga bisa duduk di sekitar air mancur tersebut. Pertunjukkan air mancur ini berhasil memukau setiap pengunjung yang menyaksikannya, tidak sedikit pengunjung yang menyaksikannya sampai berkali-kali. Menghabiskan malam di tengah kota seraya menyaksikan pertunjukkan air mancur, indah bukan?

4.Rekreasi keluarga

Untuk kamu yang sudah berkeluarga, berkunjung ke Lapangan Banteng merupakan salah satu pilihan yang tepat dan wajib dicoba. Terlebih lagi Taman Lapangan Banteng ini juga merupakan kawasan ramah anak. Terdapat tempat bermain anak yang dilengkapi dengan perosotan, ayunan, kolam pasir, dan lain-lain.  Suasana di Taman Lapangan Banteng saat sore hari juga sangat sejuk sehingga kamu bisa sekedar bersantai dan menghabiskan quality time bersama keluarga. Selain itu, biasanya terdapat pedagang kaki lima yang menjual makanan sehingga kamu tidak perlu khawatir kelaparan atau kamu juga bisa membawa bekal dari rumah supaya lebih hemat.

5.Menambah Koleksi Foto

Tidak perlu diragukan lagi, arsitektur yang bagus dan kebersihan yang terjaga membuat Lapangan Banteng ini menjadi tempat yang Instagramable dan sangat diminati kaum muda. Cukup banyak pengunjung yang datang hanya untuk foto-foto di beberapa spot yang ada. Tempat paling populer untuk foto disini adalah tangga atau kawasan amphitheater. Selain kawasan amphitheater, taman ini juga menyediakan beberapa spot untuk foto seperti rumah hobbit, rumah gubuk, dan masih banyak lagi. Kawasan yang terbuka dan adanya sinar matahari secara langsung akan membuat kualitas foto kamu maksimal dan sangat bagus. Pada malam hari kamu juga tetap bisa mendapatkan foto yang bagus dengan kelap kelip cahaya lampu.

6.Mengunjungi Event

Ilustrasi Salah Satu Festival di Lapangan Banteng (unsplash.com)

     Karena lokasinya yang strategis, Lapangan Banteng juga seringkali digunakan sebagai tempat untuk berbagai macam event, dari yang berbayar sampai yang gratis. Mulai dari Pameran Flora dan Fauna, Festival Gerakan Warung Nasional, sampai Perayaan HUT DKI Jakarta dengan tema piknik pada tahun 2019 lalu. Namun, untuk saat ini belum ada akun atau website resmi yang memberi info mengenai acara apa saja yang akan diselenggarakan di Lapangan Banteng, sehingga kamu harus rajin mencari informasi di internet jika ingin mengunjungi event di Lapangan Banteng . 

    Banyak bukan, kegiatan yang dapat kamu lakukan di Lapangan Banteng?! Semua kegiatan tersebut dapat kamu lakukan secara gratis! Jadi seharusnya kamu tidak perlu bingung lagi menentukan tujuan untuk berwisata hemat di Jakarta, karena Taman Lapangan Banteng tersebut dibuka untuk umum setiap hari.  Namun, tetap ada jam operasional yang berlaku untuk kamu mengunjungi Lapangan Banteng. Untuk hari biasa, kawasan itu dibuka pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB, untuk hari Sabtu dibuka hingga pukul 00.00 WIB dan untuk hari Minggu hingga pukul 23.00 WIB. 

    Untuk ke Lapangan Banteng itu sendiri kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Namun, disarankan untuk menggunakan kendaraan umum saja ya, karena tempat parkir di sekitar taman tersebut cukup terbatas mengingat pengunjungnya yang cukup ramai. Kamu dapat menggunakan commuter line dan turun di Stasiun Djuanda, atau menggunakan Transjakarta maupun bus tingkat. Setelah sempat ditutup dalam upaya pembatasan sosial berskala besar akibat virus corona, kini Lapangan Banteng telah dibuka kembali untuk umum dengan tetap mematuhi peraturan dan protokol kesehatan yang ada. Dan yang paling penting, saat kamu berkunjung ke Lapangan Banteng jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan lingkungan di sana ya!

Sumber:

Sari,Nursita. (2018, Agustus 04). 15 Menit Air Mancur Menari di Lapangan Banteng yang Memukau Warga. Retrieved from
https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/04/21395071/15-menit-air-mancur-menari-di-lapangan-banteng-yang-memukau-warga?page=al

Awal Mula Revitalisasi Lapangan Banteng yang kini keren. (2018, Mei 7). Retrieved from
https://kumparan.com/kumparannews/awal-mula-revitalisasi-lapangan-banteng-yang-kini-keren/full

Ramdoni, M. (2020, Juni 13). Kembali Dibuka, Begini Ketatnya Aturan Memasuki Lapangan Banteng. Retrieved from https://20.detik.com/e-flash/20200613-200613033/kembali-dibuka-begini-ketatnya-aturan-memasuki-lapangan-banteng

Sari, Denah Lucky. (2019, Desember 28). Aktivitas di Lapangan Banteng, Penghilang Penat di Jakarta Pusat. Retrieved from
https://travelingyuk.com/lapangan-banteng/255581