Source: Instagram @explorebogor photo by @anglurselurr_

Time to Read: 6 minutes

(Alfarren Syarian)

Bogor memang sudah lama menjadi tujuan favorit para penduduk Ibukota Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan mereka. Karena jaraknya yang relatif tidak terlalu jauh dan suasana yang lebih asri dibandingkan Jakarta, maka tak heran banyak sekali mobil–mobil berplat B yang membanjiri jalan–jalan di kota yang dijuluki kota hujan ini setiap akhir pekan. Bahkan tidak hanya dari Jakarta, wisatawan dari daerah lain sekitar Bogor juga sering melancong ke kota ini.

Ada banyak sekali yang bisa kalian lakukan di kota ini. Mulai dari berbelanja baju–baju yang harganya relatif murah tapi berkualitas di berbagai factory outlet, menikmati pemandangan alam, sampai berburu street food di pinggir – pinggir jalan Kota Bogor. Eits, tapi kira-kira tempat mana saja ya yang wajib dikunjungi ketika melancong ke Bogor? Agar kalian tidak bingung, yuk simak dulu liputan kami!

Tentukan Dulu Kalian Mau Menginap di Mana!

Kalau kalian ingin puas menjelajahi Kota Bogor, tentu satu hari tidaklah cukup! Untuk itu, kalian perlu menyewa villa agar kamu dan keluarga kamu dapat jalan–jalan sekaligus bersantai dengan nyaman. Ada banyak sekali villa menarik yang dapat memenuhi kebutuhan staycation kalian baik yang letaknya di Kota Bogor ataupun Kabupaten Bogor. Berikut beberapa rekomendasi dari kami.

    1. The Green House

Villa ini cocok sekali untuk kalian yang ingin menjelajahi pusat Kota Bogor. The Green House berlokasi sangat strategis, hanya 2 KM dari Kebun Raya Bogor, Mall Botani, dan Stasiun Bogor. Meskipun berlokasi di tengah kota, villa ini bernuansa hijau dan asri karena pemiliknya yang hobi berkebun dan bercocok tanam. Maka tidak aneh kalau villa ini diberi nama ‘The Green House’ (Rumah Hijau). Villa ini dilengkapi dengan 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi, sehingga villa ini dapat menampung hingga 6 orang. Villa ini juga dilengkapi dengan Wifi agar kalian tetap bisa update selagi liburan. Tak lupa, villa ini memiliki halaman luas yang hijau buat kalian bermain dan berolahraga seru bareng keluarga. Untuk menginap disini, kalian perlu merogoh kocek mulai dari Rp 800.000,00 permalamnya. Kalau kalian masih penasaran, kalian bisa follow instagram mereka di @green.guesthouse

    2. The Round Villa

Kalau kalian ingin menjauh dari hiruk–pikuk perkotaan dengan keluarga kalian, maka The Round Villa bisa jadi pilihan yang tepat! Berlokasi di area Perumahan Green Sentul Kabupaten Bogor, villa ini dijamin dapat mengusir penat kalian. Villa ini mengusung konsep open space dan tidak heran jika terdapat halaman hijau yang sangat luas berbatasan dengan hutan di belakangnya. Desainnya yang indah cocok sekali untuk berfoto–foto. Villa ini juga dilengkapi dengan kolam renang, tenis meja, dan lapangan basket mini. Villa ini memiliki 3 kamar tidur dan 4 kamar mandi, sehingga dapat menampung sampai 6 sampai 10 orang. Tetapi, perlu diingat kalau kalian akan dikenakan biaya Rp 100.000,00 perorangnya jika membawa lebih dari 6 orang. Villa ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1.600.000,00 permalamnya.

    3. Memory Villa

Villa yang satu ini cocok untuk kalian yang ingin mengunjungi Taman Safari atau bersantai di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Terletak hanya 15 menit dari Taman Safari, Memory Villa mengawinkan alam dengan design modern. Pemilik villa ini adalah seorang desainer interior, jadi setiap sudut villa ini dijamin instagrammable! Dengan 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi, villa ini dapat menampung maksimal 15 orang. Di dalam villa ini juga disediakan perangkat audio dan mic buat kalian pesta karaoke dengan keluarga. Tidak hanya itu, villa ini juga memiliki kolam renang di tengah kebun hijau yang asri. Kalau kalian tertarik untuk bermalam disini, kalian mesti menyiapkan biaya mula dari Rp 1.400.000,00 permalamnya.

Bersantai Sambil Menikmati Pemandangan Alam di Kebun Raya Bogor

Rasanya belum ke Bogor kalau belum mengunjungi ikon Kota Bogor yang satu ini. Lokasinya yang di tengah kota dengan hamparan alam yang luas dan indah, membuat Kebun Raya Bogor menjadi salah satu tujuan yang wajib dikunjungi ketika melancong ke Bogor.

Kebun Raya Bogor memiliki luas 87 hektar, jadi kalau kalian ke sini pastikan kalian memakai sepatu atau alas kaki lainnya yang nyaman untuk berjalan agar puas mengelilingi kebun ini. Tidak hanya itu, kebun yang sudah berusia 203 tahun ini menyimpan sekitar 15.000 jenis pohon dan tumbuhan sehingga kalian bisa berlibu sekaligus menambah pengetahuan kalian di kebun ini.

Ada banyak hal yang kalian bisa lakukan di Kebun Raya Bogor. Kalian bisa menyewa sepeda tandem untuk mengelilingi kebun ini dengan nyaman. Kalau kalian tertarik dengan hewan, kalian bisa mengujungi Museum Zoologi. Kalau kalian ingin sekedar menikmati suasana asri sambil mengopi kalian bisa mengunjungi Grand Garden Cafe. Istana Kepresidenan Bogor juga berada di kawasan Kebun Raya Bogor loh!

Berdasarkan informasi dari website LIPI, untuk memasuki kawasan Kebun Raya Bogor, berikut biayanya:

  • Tiket Masuk Rp 15.000,00 / orang.
  • Tiket Wisatawan Asing Rp 25.000,00 / orang.
  • Kendaraan Keliling Roda 4 Rp 30.000,00
  • Parkir Kendaraan Roda 2 Rp 5.000,00
  • Tiket Sepeda Keliling Rp 5.000,00

Terjangkau, bukan? Kalau kalian tertarik untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor, catat ya jam bukanya ialah pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Berkenalan dengan Berbagai Satwa di Museum Zoologi

Ini dia museum yang menjadi primadona di Kebun Raya Bogor. Dengan koleksi sekitar 20 ribu jenis hewan, kalian tentunya bisa berkenalan langsung dengan berbagai jenis hewan yang ada di dunia. Hewan – hewan yang dipajang di museum ini merupakan hewan asli yang diawetkan loh, bukan replika!

Museum ini terbagi ke dalam beberapa seksi yang menyimpan jenis fauna yang berbeda–beda. Ada seksi mamalia yang menyimpan sekitar 650 jenis binatang dari seluruh Indonesia. Di seksi ini kalian bisa ber-selfie dengan harimau Sumatera yang gagah, badak bercula satu yang langka dan masih banyak lagi.

Setelah itu, kalian akan diajak untuk ‘menyelami’ lautan di seksi ikan untuk menjumpai sekitar 12.000 jenis ikan yang mereka punya. Mulai dari ikan gergaji yang memiliki panjang 5 meter sampai ikan janglius yang ditemukan di Teluk Jakarta pada tahun 1933, kalian bisa temui disini.

Berlanjut ke bagian reptil. Di bagian ini kalian akan dibuat bergidik dengan koleksi ular dari berbagai penjuru Indonesia. Selain ular, di bagian ini kalian juga akan menemui berbagai kadal–kadal raksasa seperti biawak, komodo, dan buaya.

Koleksi yang paling besar dan berharga dari museum ini adalah tulang belulang paus biru. Tulang belulang ini memiliki ukuran mencapai 27 meter dengan berat 64 ton. Kerangka paus ini ditemukan di Pameungpuk, Garut pada tahun 1961.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi jenis–jenis hewan yang ada di museum ini seperti krustasea atau hewan udang–udangan, serangga, dan moluska atau hewan berbadan lunak.

Untuk memasuki museum ini, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya lagi, cukup perlu tiket masuk Kebun Raya Bogor. Jam bukanya pun mengikuti jam buka Kebun Raya Bogor yaitu pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Berburu Kuliner di Jalan Suryakencana, Kota Bogor

Source: Instagram @explorebogor photo by @kinghafizm

Setelah asyik keliling di Kebun Raya Bogor dan sekitarnya, jangan lupa mampir ke Jalan Suryakencana yang ada di Kota Bogor. Bagi kalian pencinta kuliner, kawasan Pecinan ini sayang sekali untuk dilewatkan. Lantaran, sepanjang jalanan ini terdapat berbagai jajanan nikmat dan tempat makan legendaris yang sulit ditemui di daerah lain. Berikut beberapa favorit kami:

    1. Soto Kuning Pak Yusup (Pakai P)

Ada banyak kios yang menjajakan soto khas Bogor yang satu ini, tetapi yang paling favorit tentu Soto Kuning Pak Yusup. Jangan lupa, Yusup pakai huruf ‘P’, ya! Sesampainya di sini, kalian boleh langsung memilih potongan daging sapi yang kalian mau. Daging, paru, kikil, babat, lidah, sampai kuping semuanya ada di sini. Setelah memilih potongan yang kalian mau, penjaja akan langsung meracik kuah soto yang nikmat lalu menuangkannya ke semangkok daging yang tadi kalian pilih. Rasa soto kuning yang hangat begitu nikmat dan gurih, dicampur daging yang empuk dan tidak amis.

Sepotong daging dihargai Rp 12.000,00 perpotongnya. Soto Kuning Pak Yusup buka setiap hari pukul 12.00 WIB hingga habis. Kalau kalian datang saat makan siang, kalian harus siap–siap mengantre ya.

    2. Toge Goreng Pak Rohim

Kuliner khas Bogor yang satu ini memang salah satu yang paling banyak diburu oleh para pelancong yang berkunjung ke Bogor. Makanan yang terdiri dari potongan ketupat, tahu, yang dicampur dengan mi dan taoge lalu disiram dengan kuah tauco ini sangatlah sulit untuk ditolak. Salah satu penjaja taoge goreng yang terkenal ialah Pak Rohim. Semenjak mulai berjualan pada tahun 1982, kios Toge Goreng Pak Rohim selalu ramai dikunjungi pembeli setiap harinya.

Sepiring toge goreng Pak Rohim hanya dibanderol Rp 15.000,00 Toge Goreng Pak Rohim buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

    3. Kuppic Gelato

Setelah puas makan besar yang gurih–gurih, tidak ada salahnya untuk mencari pencuci mulut yang manis. Kuppic Gelato salah satu kafe yang bisa kalian pilih. Sesuai namanya, Kuppic Gelato menyajikan gelato dengan berbagai rasa seperti red velvet, dark chocolate, hazelnut, talas dan bubblegum. Semua gelato di sini rendah lemak dan home made loh! Kafe ini juga memiliki interior cantik dan suasana yang nyaman.

Semangkok gelato kalian bisa dapatkan dengan harga mulai dari Rp 10.000,00 untuk ukuran kecil (50 gram) sampai Rp 30.000,00 untuk ukuran besar (300 gram). Kuppic Gelato buka pukul 10.00 – 17.30 WIB di Hari Selasa sampai Jum’at, sedangkan di Hari Sabtu sampai Minggu buka pukul 09.00 – 17.30 WIB.

Sekian liputan kami tentang staycation di Bogor. Ingat, kalau kalian ingin berpergian selalu ikuti protokol kesehatan setempat ya. Kamu juga bisa cek website Atourin untuk berbagai layanan wisata menarik di Bogor dan sekitarnya. Happy travelling!