(Hasna Nurul Izzah)

Indonesia telah berhasil menjadi tuan rumah perhelatan MotoGP yang digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa pekan lalu. Kegiatan balap motor bertaraf internasional tersebut dinilai oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia khususnya industri pariwisata. Terbukti dengan adanya gelaran ini, tingkat hunian penginapan meningkat, jumlah kunjungan wisatawan bertambah, disertai dengan multiplier effect lainnya seperti peningkatan penjualan paket wisata dan produk UMKM setempat.

Terletak di bagian selatan Pulau Lombok, tepatnya di Kabupaten Lombok Tengah, Mandalika ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. KEK Mandalika diharapkan dapat mengakselerasi sektor pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sangat potensial. Terkenal dengan julukan “Surga di Pulau Lombok”, Mandalika menawarkan wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau. Selain terkenal dengan wisata pantainya, Mandalika juga memiliki kekayaan budaya, kesenian dan situs-situs wisata bertaraf internasional.

Berikut rekomendasi wisata di Mandalika yang bisa kamu nikmati. Yuk disimak, Sobat Atourin!

  1. Pantai Kuta

Pantai Kuta biasanya identik dengan pantai yang paling terkenal di Pulau Bali. Apabila wisatawan berpikir bahwa Pantai Kuta Bali merupakan pantai yang sangat indah, maka wisatawan akan takjub saat mengunjungi Pantai Kuta Lombok ini. Pantai nan  indah ini memiliki hamparan pasir yang lebih bersih dan putih. Serta garis pantai yang lebih bergelombang, dengan jajaran terumbu karang yang sehat. Lokasi Pantai Kuta sendiri terdapat di Desa Kuta, Kecamatan Pujut. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 kilometer. Di sebelah barat pantai, terdapat sebuah bukit yang dinamai Bukit Mandalika. Jika Sobat Atourin ingin berkunjung ke pantai ini dengan tujuan berselancar, berkunjunglah pada bulan Juli-Agustus. Karena pada bulan-bulan tersebut, gelombang laut sangat ideal untuk hobi tersebut.

2. Pantai Tanjung Aan

Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, dan memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 2 kilometer. Tak seperti Pantai Lombok, pasir Pantai Tanjung Aan cenderung berbentuk bulat seperti merica. Saat musim liburan, Pantai Tanjung Aan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik.  Namun jika Anda berkunjung pada bulan Februari, pantai ini akan penuh dengan wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Karena pada bulan tersebut ada festival yaitu “Ritual Bau Nyale”. Ritual ini berhubungan dengan mitos masyarakat setempat tentang Puteri Mandalika, dimana puteri tersebut melompat dari bukit untuk menghindari kejaran seorang pangeran yang ingin mempersuntingnya. Selanjutnya mitos mengatakan bahwa Puteri Mandalika bereinkarnasi menjadi “Nyale” atau cacing laut. Festival ini dilaksanakan setiap setiap tanggal 20 bulan 10 dalam penanggalan tradisional Sasak (pranata mangsa).

3. Bebalung

Bebalung merupakan sebutan untuk hidangan khas Lombok dengan kuah yang menggenang. Kudapan ini dalam bahasa Sasak, suku asli Lombok, memiliki arti tulang-belulang. Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit ditambah jahe agar rasa pedas cabenya memiliki ciri khas tersendiri. Masakan ini semakin enak jika disantap bersamaan dengan sayur plencing.

4. Sate Bulayak

Sate berbahan daging atau jeroan sapi dan dilumuri dengan bumbu khas Lombok. Pada saat makan sate khas ini, biasanya diikuti oleh makanan khas lainnya menyerupai lontong yang agak bulat memanjang dikuliti daun kelapa atau daun enau (nira) muda serta menjadikan rasanya pun semakin nikmat. Untuk seporsi sate bulayak terdiri atas satu piring sate berisi 10 tusuk dan lima hingga enam bulayak dengan harga 12.000 rupiah saja. Harga ini bisa dibilang sangat terjangkau dan murah meriah di bandingkan sate kambing yang bisa 1.000 rupiah per tusuk, belum termasuk lontongnya.

Nah, beberapa daya tarik di atas adalah sebagian kecil dari banyak daya tarik Mandalika dan Lombok lainnya. Bagaimana nih sobat Atourin, tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata Mandalika? Kamu bisa menggunakan layanan dari Atourin lho untuk membantu perjalanan agar lebih menyenangkan! Lewat Expediso, Atourin menyediakan banyak paket wisata menarik ke Lombok dan sekitarnya. Jangan lupa untuk selalu turut menjaga kelestarian lingkungan sekitar dengan membuang sampah pada tempatnya ya.