Ananda Rivi

Halo sobat Atourin! Selamat datang di Provinsi Gorontalo, destinasi eksotis di Pulau Sulawesi yang kaya akan keindahan alam, sejarah, dan budaya. Gorontalo, yang lahir pada 5 Desember 2000, berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 tahun 2000, merupakan pemekaran dari Provinsi Sulawesi Utara. Provinsi ini berbatasan dengan Teluk Tomini di selatan dan Laut Sulawesi di utara, membuatnya menjadi surganya para pengunjung dengan pesona darat dan laut yang menakjubkan. Provinsi Gorontalo terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota, yaitu Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Boalemo, Kabupaten Gorontalo Utara, dan Kota Gorontalo. Terkenal sebagai Serambi Madinah, Gorontalo menjadi destinasi yang menawarkan pengalaman wisata yang lengkap, mulai dari alam, sejarah, kuliner, seni budaya, hingga desa-desa wisata yang memikat hati. Nah kali ini, kit akan ajak kamu untuk eksplor lagi desa-desa wisata di Gorontalo!

Kapal Nelayan di Desa Wisata Olele

Desa Olele terletak di Olele, Kec. Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango. Desa ini adalah taman laut dan mejadi surga bagi pecinta wisata Bahari. Di sana terdapa pantai dengan pasir putih. Selain itu wisatawan akan terpuka dengan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan, menjadikan desa ini sebagai destinasi wisata bahari yang tak terlupakan. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam bawah laut sambil menjalani diving atau snorkeling. Pantai di Olele ini berlatar belakang perbukitan yang warnanya hijau ketika musim hujan. Sepanjang perjalanan menuju Olele pun, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan khas pedesaan yang indah.

Desa Biluhu Timur, yang terletak di wilayah Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo, memancarkan pesona budaya yang kuat, dipertahankan sesuai dengan peninggalan leluhur. Desa ini memelihara tradisi adat yang kental. Salah satu daya tariknya adalah Pantai Itoduti, yang menawarkan cottage atau homestay, pantai berpasir putih, dan keindahan bawah laut yang memukau. Sementara Pantai Tilalohe, dengan daya tarik serupa, menjadi tempat yang ideal untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam. Obos Beach juga menawarkan pengalaman serupa dengan cottage atau homestay yang nyaman, pantai berpasir lembut, dan pesona bawah laut yang memikat hati. Desa Biluhu Timur tidak hanya mempesona di tepi pantai, namun juga menawarkan atraksi menarik di darat. Paralayang Blue Ring Atol memberikan pengalaman paralayang yang tak terlupakan dengan pemandangan spektakuler dari udara. Sementara itu, Air Terjun Wulingo menjadi daya tarik utama dengan keunikan namanya yang diambil dari bahasa daerah setempat, yang berarti “hidung,” karena bentuk batuannya yang menyerupai hidung atau wulingo.

Air Terjun Wulingo. Photo courtesy: Jadesta

Desa wisata berikutnya adalah Desa Tri Rukun. Desa ini terletak di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo. Disebut Tri Rukun karena mungkin mencerminkan keberagaman agama dan kepercayaan yang ada di sana. Masyarakatnya salah satunya adalah dari etnis Bali yang memang sudah lama tinggal di sana dari generasi ke generasi. Di desa ini bisa dijumpai bangunan khas Bali termasuk pura. Mereka juga tentunya masih menjalankan adat dan tradisi Bali seperti upacara adat dan pertunjukan seni budaya.

.Kita lanjut ke Danau Perintis, satu-satunya danau di bagian timur Kabupaten Bone Bolango. Dikelilingi oleh pepohonan rindang, danau ini menampilkan kegagahan Gunung Tilongkabila. Pemandangan senja yang memukau membuat pengalaman di Danau Perintis begitu menenangkan. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil bersantai atau berjalan-jalan di sekitar danau. Selain itu ada Desa Longalo, dengan sejarah panjang dan kaya budaya, merupakan destinasi unik di Gorontalo. Pengunjung dapat menelusuri jejak sejarah desa ini, mengunjungi tempat-tempat bersejarah, dan merasakan kehangatan budaya lokal.

Homestay di Desa Wisata Tri Rukun. Photo courtesy: Jadesta

Provinsi Gorontalo menawarkan pengalaman wisata yang lengkap, mulai dari pantai-pantai eksotis hingga desa-desa dengan warisan budaya yang memukau. Atourin siap membawa kamu menjelajah keajaiban provinsi ini melalui paket wisata yang menarik. Nantikan terus update-nya di blog Atourin untuk informasi lebih lanjut tentang keindahan desa wisata lainnya di Gorontalo!