Time to Read: 8- 9 minutes

(Ricky)

Tangerang – Berada di bagian barat Pulau Jawa, Kabupaten Pandegelang Provinsi Banten dikelilingi oleh berbagai destinasi wisata alam yang terkenal akan pesona keindahan pantainya. Tak pernah lalai untuk dirawat dan dijaga oleh pemerintah berserta para warga setempat membuatnya menjadi salah satu tempat wisata favorit sampai saat ini untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, pasangan, ataupun dengan teman-teman. 

Membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari ibukota Indonesia yaitu Jakarta. Beberapa Kawasan yang berada di Provinsi Banten ini, dipenuhi dengan kekayaan alam Indonesia serta cukup mudah untuk dikunjungi karena selain dapat ditempuh dengan menggunakan mobil pesisir barat Banten ini dapat juga dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Beberapa pantai eksotis yang berada dipesisir bagian barat Provinsi Banten sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas-fasilitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan lokal maupun para wisatawan asing dari berbagai negara. Beberapa dari pantai ini sudah mulai dikenal dan telah menjadi salah satu tempat wisata untuk dikunjungi pada musim–musim liburan seperti Pantai Karang Bolong, Pantai Carita/ Anyer, dan juga Pantai Tanjung Lesung.

Ketiga pantai tersebut dikenal dengan surga yang membentang di daerah pesisir barat Banten dengan keunikannya masing-masing, ditambah pemandangan pantainya yang sangat romantis pasti membuat kita betah untuk berlama-lama bersantai dan menghabiskan waktu setiap tahunnya demi berkunjung atau berlibur. Berikut adalah beberapa informasi yang telah dirangkum dan disajikan Atourin dari ketiga pulau romantis ini.

1.Pantai Karang Bolong

Ilustrasi Pantai Karang Bolong (unsplash.com)

Terletak paling dekat dibandingkan kedua Pantai Carita dan Pantai Tanjung Lesung ketika kita melakukan perjalanan dari Jakarta menuju pesisir barat Banten. Pantai Karang Bolong memiliki ciri khas yang membuat para wisatawan terhipnotis Ketika melihat tebing tinggi menjulang dengan luas sekitar tiga puluh meter. Keunikan dari tebing besar ini bukan hanya karena tinggi dan luasnya saja melainkan lubang yang tercipta karena proses pengikisan air laut dalam kurun waktu yang cukup lama di tengah tebing tersebut.

Dahulunya, salah satu pantai yang terletak di pesisir barat Banten ini mempunyai nama asli Pantai Karang Suraga, diberikan oleh warga sekitar dengan mengambil nama seorang pertapa sakti yang bernama Suryadilaga. Banyaknya wisatawan yang berkunjung dipantai tersebut memanggilnya dengan sebutan  “Pantai Karang Bolong” sehingga saat Ini panggilan tersebut menjadi sangat familiar bagi masyarakat setempat maupun para wisatawan

Hal menarik lainnya ketika kita berkunjung di pantai ini adalah terdapat beberapa spot yang sangat indah untuk dijadikan tempat bersantai, bermain, ataupun melihat betapa indahnya kekayaan alam yang berada di Indonesia ini sangat cocok bagi kalian untuk melamar sang pujaan hati ataupun tempat yang romantis digunakan sebagai tempat foto prewedding.

Beberapa fasilitas yang diberikan ketika kita berkunjung disalah satu tempat wisata pantai ini adalah  gazebo untuk tempat bersantai, taman bermain anak, warung makan, gua karang bolong, toilet umum, serta penginapan-penginapan yang nyaman sebagai tempat beristirahat dengan kisaran harga antara Rp 250.000,00 sampai dengan Rp 500.000,00 serta masih banyak lagi fasilitas-fasilitas yang kita dapati ketika berkunjung di Pantai Tanjung Lesung ini.

Untuk harga tiket untuk berkunjung di Pantai Karang Bolong cukuplah terjangkau yaitu dengan merogoh kocek  kurang lebih Rp 15.000,00 per orangnya dan Rp 30.000,00 untuk satu kendaraan roda empat. Ataupun harga spesial yang diberikan kepada pengunjung tour yang menggunakan bus (dengan muatan kurang lebih 60 orang) seharga Rp 250.000,00.

2.Pantai Carita

Ilustrasi Pantai Carita (unsplash.com)

Siapa yang tidak tahu tentang pantai yang satu ini, terkenal dengan pasir putih berkilauan ketika terkena paparan teriknya sinar matahari. Pantai Carita, merupakan sebuah pantai yang berlokasikan di pesisir barat Banten dengan keindahan yang tidak kalah menarik dari Pantai Karang bolong dan juga Pantai Tanjung Lesung.

Terkenal dengan nama Pantai Carita atau Pantai Anyer, dahulunya merupakan sebuah tempat yang digunakan sebagai wilayah penjajahan Hindia-Belanda untuk menyiksa para Pribumi sebagai tahanannya pada tahun 1809 sampai 1810. Hingga kemerdekaan Indonesia tahun 1945, pantai ini pun mulai diresmikan sebagai kawasan wisata alam pada tahun 1978.

Keindahan dari pantai yang membentang hingga 2,5 hektar di daerah pesisi Banten ini tidak hanya sekedar keindahan pasir putihnya saja, melainkan ombak laut yang begitu tenang membuat tempat wisata ini memperbolehkan para wisatawannya untuk berenang bukan hanya diperuntukan bagi orang dewasa saja melainkan anak-anakpun juga dapat merasakan keindahan dari Pantai Carita ini.

Tidak hanya itu, kita dapat bersantai dan menikmati kekayaan alam Indonesia hanya dengan mengeluarkan budget yang tidak akan menguras kantong pengunjung. Tiket masuknya sendiri dengan kisaran harga Rp 15.000,00 perorangnya, atau Rp 20.000,00 Untuk kendaraan bermotor, serta Rp 30.000,00 untuk kendaraan roda empat. 

Ketika berkunjung di salah satu wisata Indonesia dalam mengisi waktu seharian penuh kita dapat melakukan beberapa aktifitas yang seru namun tidak memerlukan biaya besar. Dilansir melalui situs Kabarbanten.com kita dapat melakukan diving dilengkapi dengan peralatan-peralatan lainnya seperti banana boat, peralatan snorkling, guide, dan lain-lainnya dibandrol dengan harga Rp 100.000,00 untuk perorangnya. Selain itu beberapa alternatif lainnya yang tidak kalah menarik juga untuk dilakukan yaitu kegiatan body surfing berserta jet ski yang tersedia di Pantai Carita.

Biaya penginapannya sendiri di sekitar Pantai Carita mempunyai kisaran harga mulai dari penginapan sebagai tempat beristirahat saja ataupun penginapan-penginapan yang sangat nyaman denganbeberapa fasilitas lengkap yang disediakan dengan kisaran harga mulai dari Rp 200.000,00 sampai dengan Rp 2.500,000,00  perharinya. 

3.Pantai Tanjung Lesung

Ilustrasi Pantai Tanjung Lesung (unsplash.com)

Seperti dua Pantai dipesisir barat Banten sebelumnya Pantai Tanjung Lesung merupakan salah satu kebangaan wisata alam di Indonesia serta menjadi salah satu pantai terindah di Jawa Barat. Dengan pasir putih yang selalu terrawat serta pekarangan-pekarangan bawah lautnya yang masih terjaga dan tertata membuat tempat wisata ini sangat disayangkan bila tidak dijadikan salah satu alternatif wisata pantai untuk dikunjungi sebagai salah satu tempat romantis bersama keluarga maupun pasangan.

Belokasika paling jauh di antara kedua pantai romantis di daerah Banten lainnya seperti disebut di atas, dengan waktu perjalanan sekitar tiga jam dari ibukota Indonesia. Pasir putih yang membentang luas sepanjang 1.500 hektar yang terlihat sepanjang jalan Pantai Tanjung Lesung akan membuat kita terhipnotis serta terlena hingga kelelahan ketika menempuh salah satu wisata alam Indonesia ini pun hilang. 

Destinasi wisata seharga Rp 25.000,00 saat weekday dan Rp 40.000,00 saat weekend. Serta kisaran harga parkiran kendaraan Rp 10.000,00 untuk motor dan Rp 20.000,00 untuk mobil. Hamparan ombak laut yang tidak terlalu besar sehingga dapat diisi dengan berbagai aktifitas untuk menghabiskan waktu bersenang-senang di Pantai Tanjung Lesung ini.  

Fasilitas-fasilitas yang akan kita dapatkan hampir sama dengan pantai sebelumnya yaitu Pantai Carita. Namun, keindahan wisata alam yang satu ini tidak hanya pada pagi sampai dengan sore hari saja ketika matahari mulai terbenam festival yang selalu diadakan para seniman-seniman Banten pun akan dimulai.

Berbagai pertunjunkan kebudayaan seni dari Banten seperti tarian api, debus, alunan musik tradisional, dan juga masih banyak lagi sangat disayangkan bila dilewatkan. Di sini juga terdapat berbagai villa atau hotel berkisaran harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp 200.000,00 sampai dengan Rp 500.000,00 perharinya.

Jadi menarik sekali kan Atourin traveller bahwa di Banten ada banyak pantai-pantai indah dan eksotis untuk dijelajahi bareng pasanganmu. Yuk tunggu apalagi, rencanakan kunjunganmu segera dan pastikan kamu ikuti protokol Kesehatan saat new normal ini sedang berjalan.