Wisata hutan mangrove dapat menjadi pilihan kamu yang sedang mencari referensi berlibur ke alam dan tidak perlu ribet menyiapkan banyak hal. Selain karena mayoritas lokasi hutan mangrove mudah dicapai, wisata hutan mangrove juga salah satu tempat destinasi wisata yang bisa memberikan petualangan. Indonesia banyak menyajikan hutan mangrove yang dijadikan lokasi wisata. Hutan mangrove yang terawat dan bersih tentunya memerikan sensai tersendiri untuk dikunjungi saat di akhir pekan.

Hutan mangrove bermanfaat besar bagi penduduk Indonesia yang tinggal di daerah dekat pantai untuk mencegah abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut ke daratan. Namun selain pentingnya keberadaan hutan mangrove, juga bisa menjadi wisata untuk penduduk di sekiarnya. Bertualang ke wisata hutan mangrove merupakan sebuah pengalaman yang tidak bisa kamu lupakan. Di hutan mangrove ada banyak spot foto yang tersedia, terutama untuk mangrove yang sudah ditata menjadi tempat wisata. 

Indonesia merupakan tempat dengan kawasan hutan mangrove terbesar, kamu tidak perlu jauh-jauh keluar negeri hanya untuk mengunjungi hutan mangrove. Di Indonesia ternyata banyak sekali lokasi wisata hutan mangrove yang dapat kamu eksplor dan kunjungi. Jenis wisata ini memang sudah ada sejak dulu, terutama di pesisir pantai yang membudidayakn mangrove sebagai pusat pendidikan untuk berbagai informasi seputar fungsi dan pentingnya mangrove, dan tentunya juga sebagai tempat wisata.

Di setiap daerah yang memiliki garis pantai, tentunya memiliki hutan mangrove. Apalagi yang kita tau, Indonesia adalah negara maritime yang berbentuk kepulauan. Tentunya destinasi wisata hutan mangrove akan banyak kamu temukan lokasinya di Indonesia. 

Di Indonesia terdapat beberapa lokasi wisata mangrove yang terkenal nih, sobat Atourin! Dimana saja ya?


1. Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan, Tarakan, Kalimantan Utara

Selain melihat kawasan konservasi mangrove yang dikelola oleh pemerintah daerah, kamu juga bisa melihat Bekantan di lokasi ini. Pastikan kamu membawa buah atau kacang-kacangan untuk dapat melihat Bekantan dari dekat. Karena seringnya, mereka bergelantung dan memanjat pepohonan yang tinggi. Cukup dengan membayar 5 ribu rupiah saja, kamu bisa melihat salah satu lokasi konservasi Mangrove di Indonesia dan monyet Bekantan yang unik.


2. Taman Wisata Alam Angke, Kapuk, Jakarta

Buat kamu yang tinggal di Jakarta, tidak perlu jauh-jauh terbang ke luar kota. Cukup berkunjung ke kawasan Angke, ada Taman Wisata Alam Angke yang sangat terawat dan seru nih untuk bermain bersama teman terdekatmu atau mengajak keluarga. Kawasan ini memiliki luas 99,82 Hektar yang terletak di Kelurahan Muara Kamal dan berseberangan dengan area Pantai Indah Kapuk.


3. Hutan Mangrove Kulonprogo, DIY

Kawasan Hutan Mangrove satu ini berada di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kamu berkunjung ke Jogja menggunakan jalur darat dan melewati jalur selatan atau jalur Daendels, tentu kamu akan melewati lokasi hutan mangrove yang satu ini. Menariknya, kamu bisa trekking di atas jembatan bambu yang melewati sungai Bogowonto.


4. Hutan Mangrove Karimun Jawa, Jawa Tengah

Kalau berkunjung ke Karimun Jawa, mungkin akan lebih banyak wisatawan yang teringat dengan kecantikan lautnya. Namun jangan salah, ternyata ada hutan mangrove juga di Karimun Jawa yang sangat menarik untuk kamu kunjungi lho! Sama seperti di Kulonprogo, area hutan mangrove ini memiliki jalur trekking sepanjang 1,3 km di dalamnya dan wisatawan bisa menemukan menara mercusuar di area hutan mangrove ini.


5. Wisata Mangrove Bali

Hutan Mangrove Bali ini lokasinya strategis, dengan luas mencapai 1.300 hektar dan berada di pinggir jalan raya utama By Pass Ngurah Rai Denpasar, berdekatan dengan sejumlah destinasi wisata populer di kawasan pariwisata Bali Selatan. Jarak dari bandara Ngurah Rai dan juga pusat pariwisata Kuta hanya berselang 20 menit berkendaraan menuju hutan mangrove ini . Sehingga hutan mangrove ini sering dikemas menjadi tujuan dalam paket tour, terutama untuk tujuan ke wilayah selatan.


Temukan Wisata Lain di Indonesia!

Tenang, selain wisata hutan mangrove, banyak sekali wisata di Indonesia yang menarik dan perlu kamu cek lho! Tidak perlu repot, karena kamu hanya perlu follow Instagram @atourin.official yang akan memberikan kamu berbagai informasi dan rekomendasi wisata menarik, topik pariwisata, dan banyak hal seru lainnya tiap hari.