Theresia Geraldin Sinurat

Time to read: 5 menit

Halo Sobat Atourin! Coba kalian bayangkan bagaimana jadinya apabila kalau jalan-jalan di suatu kota tertentu pulang dengan tangan kosong? Pasti merasa hampa banget kan ya tidak bawa oleh-oleh khas kota tersebut. Pada umumnya setiap kota pasti mempunyai oleh-oleh makanan khasnya masing-masing seperti kota yang saat ini ingin dibahas oleh Atourin yaitu Kota Jambi. Kota Jambi merupakan kota di Indonesia sekaligus Ibu Kota Provinsi Jambi. Daerah di Kota Jambi dipecah oleh sungai yang bernama Batanghari, kedua kawasan tersebut terhubung oleh jembatan Aur Duri. Sekilas tentang Kota Jambi, yuk langsung simak oleh-olehnya aja!

Tempoyak

Makanan ini berbahan dasar dari buah durian fermentasi yang dapat diolah menjadi sambal. Buah durian membutuhkan proses fermentasi selama tiga sampai enam hari supaya mendapatkan hasil rasa asam yang pas. Tempoyak dapat dinikmati bersama nasi dengan makanan pendampingnya yaitu ikan laut seperti baung, patin, dan lain-lain.  Jika kalian berminat untuk membeli tempoyak, harganya dimulai dari Rp15.000,00 dan tentu saja harga bisa berbeda-beda tergantung pusat tempat oleh-oleh yang kalian kunjungi. 

Tempoyak

Duku Kumpeh

Duku kali ini berbeda dengan duku lainnya, duku kumpeh memiliki ukuran yang cenderung lebih besar dibandingkan duku-duku lain. Selain itu, duku Kumpeh tidak memiliki biji pada buahnya. Mengapa dinamakan duku kumpeh?  Duku ini berasal dari adalah tanaman endemik yang terdapat di salah satu wilayah di Kota Jambi, yaitu Kecamatan Kumpeh. Oleh karena itu, duku ini dinamakan duku Kumpeh. Harga per kilo duku Kumpeh sekitar Rp20.000,00 mungkin apabila kalian bisa menawar akan mendapatkan harga lebih murah. 

Duku Kumpeh

Lempok durian 

Berbeda dengan tempoyak dimana buah durian membutuhkan waktu untuk fermentasi diolah, lempek durian tidak memerlukan fermentasi. Walaupun bahan dasar lempok sama dengan tempoyak yaitu  durian, oleh-oleh kali ini rasanya manis. Tekstur lempok durian seperti dodol sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga. Harga lempok durian dimulai dari Rp20.000,00 hingga Rp100.000,00 tergantung seberapa banyak kalian membelinya. 

Kopi AAA

Kopi AAA merupakan salah satu kopi khas Kota Jambi yang cukup terkenal. Kalian dapat menikmati secangkir kopi AAA dengan kue-kue manis atau gorengan. Jadi buat kalian para pecinta kopi jangan lupa untuk beli kopi AAA, dijamin rasanya sangat nikmat! Harganya dimulai dari Rp28.000,00 hingga Rp50.000,00. 

Dodol nanas

Selain dodol rasa durian, di Kota Jambi juga terdapat oleh-oleh khas berupa dodol rasa nanas. Tekstur dodol yang lembut dan manis cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk orang rumah. Harga dodol ini dijual mulai dari Rp22.000,00

Dodol Nanas

Kue padamaran

Kue padamaran merupakan salah satu kudapan tradisional khas Jambi. Bahan pembuatan kue ini adalah tepung beras, santan, gula merah, air perasan daun suji, pandan pasta, garam, dan daun pisang untuk membungkus kuenya. Teksturnya yang lembut dan manis sangat pas apabila disantap dengan secangkir teh maupun kopi. Selain itu, kue ini sering dijadikan takjil pada saat bulan Ramadhan dan lebih mudah ditemukan pada bulan puasa. Harganya dimulai dari Rp5.000,00. 

Dari enam rekomendasi oleh-oleh makanan dari Jambi mana nih yang udah pernah kalian coba? Intinya saat kalian mengunjugi Kota Jambi jangan lupa bawa buah tangan untuk yang di rumah atau untuk kawan-kawan! Jangan sampai jalan-jalan gak bawa oleh-oleh, kerasa banget kosongnya ehehe. Kalau kalian bingung nih mau jalan-jalan kemana pas di sana kalian dapat melihat-lihat rekomendasi tempat wisata di media sosial maupun website Atourin. Jadi jangan lupa di cek yaaa banyak banget rekomendasi wisata Indonesia yang harus kamu kunjungi nih usai pandemi.