Sudah merupakan tradisi bahwa saat pulang dari berlibur kamu harus membawa oleh-oleh. Di kota yang memiliki julukan kota pisang ini, ada banyak oleh-oleh yang wajib kamu coba dan sayang untuk dilewatkan. Atourin sudah merangkum 9 Oleh-oleh khas Lampung yang harus kamu coba. Simak ulasannya!


1. Sambal Lampung

Bagi pecinta pedas makanan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Sambal ini terdiri dari berbagai pilihan yang menarik, diantaranya ada Sambal cuka, sambal goreng udang, sambal ijo lampung, sambal ikan peda, sambal seruit dan tempoyak. Untuk sambal tempoyak dan seruit harus segera dikonsumsi karena 2 sambal ini tidak menggunakan pengawet.


2. Keripik Pisang

Lampung dikenal sebagai kota penghasil pisang terbesar di Indonesia. Tak heran jika salah satu oleh-oleh Lampung yang tak boleh terlewat adalah keripik pisang. Keripik pisang khas lampung ini memiliki tekstur dan rasa yang berbeda karena terbuat dari pisang ambon bukan pisang kepok. Keripik pisang ini memiliki banyak varian seperti coklat, keju, durian, stroberi dan balado.


3. Kemplang

Oleh-oleh khas lampung yang satu ini terbuat dari ikan tenggiri, hampir sama dengan kerupuk ikan khas Palembang yaitu amplang. Proses pembuatan kemplang digoreng bukan menggunakan minyak melainkan dengan pasir pilihan. 


4. Lapis Legit

Di Lampung, lapis legit ini biasa disebut dengan nama spekuk. Lapis legit ini menggunakan 21 butir telur disetiap adonan saat proses pembuatan. Tak heran jika Lapis legit atau spekuk ini sangat lembut dan nikmat.


5. Pie Pisang

Selain keripik pisang, warga kota Lampung mengolah buah pisang menjadi pie yang memiliki rasa yang unik yaitu garing di luar dan lembut di dalam. Umumnya satu kotak pie pisang ini terdiri dari 5 buah pie pisang dengan 3 varian isi yang berbeda seperti coklat, kacang almon, keju, dan oreo. Oleh-oleh khas Lampung ini bertahan 3-5 hari di suhu ruangan normal.


6. Lempuk Durian

Jika di Pulau Jawa lempuk ini biasa disebut jenang atau dodol. Lempuk durian ini menjadi oleh-oleh yang populer dan wajib kamu coba. Pasalnya, cita rasa lempuk durian ini sangat unik. Selain memiliki aroma durian yang kuat, lempuk durian memiliki rasa manis dan legit. Serta memiliki tekstur agak kenyal. 


7. Bejak Enjak

Oleh-oleh selanjutnya ada bejak enjak yang memiliki rasa manis dan gurih. Bejak enjak sangat kaya akan serat dan karbohidrat, karena dalam proses pembuatannya menggunakan campuran gula, pisang raja dan ketan putih yang dikukus dan dibungkus daun pisang. Makanan ini sangat cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh karena memiliki masa konsumsi yang cukup lama.


8. Pempek Khas Lampung

Pempek Lampung berbeda dengan pempek Palembang. Pasalnya, pempek Lampung menggunakan bahan dasar ikan tenggiri sedangkan pempek Palembang menggunakan bahan dasar ikan belida. Selain itu, cuka pempek Lampung lebih pekat karena terbuat dari biang cuka yang berbeda. Pempek Lampung ini cocok dijadikan oleh-oleh karena tidak mudah basi dan dikemas dengan praktis.


9. Kopi Durian

Kopi durian yang merupakan campuran kopi jenis robusta dengan daging buah durian yang begitu manis, menjadikan kopi durian sangat diminati oleh para wisatawan. Pengolahan yang memerlukan teknologi yang mutakhir dan inovatif menambah nilai dari kopi durian ini. Dengan aroma kopi yang tajam dan wangi buah durian memberikan sensasi rasa yang berbeda.


Tertarik Mencoba Oleh-Oleh Khas Lampung?

Yuk, rencanakan perjalanan wisata kamu ke Lampung. Hanya dengan mengunjungi website Atourin, kamu bisa rencanakan perjalanan kamu ke kota mana saja tanpa ribet, lho!