Ilustrasi Cafe di Indonesia (unsplash.com)

Time to Read: 5 menit

(Alfarren Syarian)

Sebagai mahasiswa yang seringkali dibanjiri dengan tugas, jujur kita-kita mungkin akan mudah sekali merasa jenuh. Terlebih bagi yang tinggal di kost, maka dinding-dinding kosan dan kelas sejujurnya terkadang membuat kita-kita penat. Untuk itu, kita perlu sesekali keluar dan menyelesaikan tugas-tugas yang ada di tempat yang nyaman agar kita dapat menaikkan mood kita. 

Kalau kalian juga seorang mahasiswa atau pekerja yang sering diserbu berbagai pekerjaan, kalian pasti paham perasaan kita! Tetapi, kafe mana saja ya yang dapat menaikkan mood sekaligus membantu fokus kita? Jangan khawatir, di artikel ini Atourin akan memberikan rekomendasi kafe-kafe kece yang cocok banget buat kamu yang butuh tempat nugas. 

Selain cocok untuk menyelesaikan tugas, kafe-kafe berikut ini juga cocok untuk bersantai dan mengobrol bareng teman kalian. Penasaran? Yuk, disimak!

Northwood Coffee and Eatery, Setiabudhi

Bagi kalian mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pasundan, dan STPB, kafe ini cocok untuk kalian! Selain jaraknya yang dekat dengan kampus-kampus tersebut, lokasinya di pinggir Jalan Raya Dr. Setiabudhi membuat tempat ini mudah dijangkau bagi pengendara motor maupun yang hobi ngangkot.

Yang membuat kafe ini menjadi salah satu favorit saya untuk mengerjakan tugas ialah meja lesehannya yang terdiri karpet super nyaman, meja pendek, dan tentu saja stop kontak. Tempat ini juga terdapat area outdoor yang cocok banget loh untuk menikmati senja! Kafe ini mungil tetapi sangat nyaman, serasa lagi berkunjung di rumah teman.

Minuman yang paling diburu di sini tidak lain adalah Kopi Susu Nadira yang hanya dibanderol seharga Rp 15.000,00. Rasanya milky dengan manis yang pas, tidak lupa takaran kopi yang pas untuk membuat kalian fokus. Kalau kalian ingin mengemil, jangan lupa pesan tempe mendoan (Rp 15.000,00) atau pisang goreng keju palm sugar (Rp 15.000,00) yang banyak menjadi favorit. Kalau kalian tiba-tiba lapar, berbagai macam rice bowl dan pasta yang hanya dibanderol di kisaran Rp 20.000,00 sampai Rp 30.000,00 siap mengisi perut kalian.

Soal wifi tidak usah ditanya lagi, cepat dan gratis! Daripada penasaran, kalian bisa langsung mengunjungi Northwood di Jalan Dr. Setiabudi nomor 56, Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40141. Kafe ini buka setiap hari pukul 11.00 sampai 23.00 WIB.

Kiputih Satu

Ilustrasi Cafe Kiputih Satu (unsplash.com0

Kalau kalian butuh tempat nugas yang nyaman, sejuk sekaligus aesthetic, Kiputih Satu bisa menjadi pilihan kalian. Terletak tidak jauh dari Universitas Katolik Parahyangan, kafe ini mengawinkan konsep alami dengan homey, cocok untuk kalian yang butuh melepas penat. 

Karena berada di kawasan Ciumbuleuit yang terkenal sejuk, kafe ini memiliki area outdoor yang menawarkan pemandangan taman hijau yang memanjakan mata. Area outdoor-nya juga sangat cocok bagi kalian yang ingin mempercantik feed Instagram kalian! Kalau kalian lebih memilih duduk di area indoor, kalian akan ditemani interior woody yang hangat serta aroma kopi yang menenangkan. 

Minuman yang menjadi favorit disini ialah charcoal latte (Rp 25.000,00) yang terbuat dari arang aktif pilihan dan susu. Minuman ini diklaim menyehatkan karena terbuat dari bahan-bahan terbaik yang didapat dari petani lokal. Untuk rasanya manis, ditemani dengan sedikit rasa yang mirip jahe, cocok untuk menghangatkan tubuh. Kalau kalian butuh mengisi perut, ada berbagai macam nasi, pasta, sampai steak yang dihargai dikisaran Rp 40.000,00 sampai Rp 80.000,00. Yang menjadi favorit saya  adalah nasi goreng kiputihnya (Rp 40.000,00) yang gurih dan mengenyangkan!

Kafe ini beralamat di Jalan Kiputih nomor 1A, Ciumbuleuit, Bandung dan buka setiap hari pukul 10.00 sampai 20.00 WIB.

Titik Teduh

Ilustrasi Kafe Teduh (unsplash.com)

Kafe mungil yang terletak di kawasan Sukajadi ini bisa dibilang hidden gem karena letaknya yang terpencil. Meskipun begitu, kafe ini sangat layak untuk dikunjungi bagi kalian yang sedang mencari tempat nyaman untuk nugas. 

Karena kafe ini sebenarnya adalah sebuah rumah yang disulap menjadi kafe, tidak heran kalau kafe ini terasa sangat homey. Nuansa hangat akan langsung menghampiri kalian begitu kalian memasuki kafe ini, ditemani dengan aroma kopi yang menyegarkan. Meja-mejanya besar sehingga cocok untuk kalian yang butuh mengeluarkan laptop sambil ngopi.

Harga-harga makanan dan minuman yang ditawarkan relatif cukup murah bagi kantong mahasiswa, hanya di kisaran Rp 15.000,00 sampai Rp 30.000,00. Minuman yang paling banyak dicari di sini ialah, kopi balok yang terdiri dari susu, gula aren, dan balok-balok espresso. Karena kopinya dalam bentuk balok-balok es, minuman ini memiliki rasa yang cukup unik. Untuk makanannya, kalian bisa memesan berbagai macam indomie dan roti bakar tentunya dengan harga yang terjangkau!

Kafe ini beralamat di Jalan Sukamekar III nomor2, Sukawarna, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40164 dan buka setiap hari pada pukul 09.00 sampai 10.00 WIB.

Upnormal Coffee Roasters Global Project

Nama Upnormal Coffee Roasters memang sudah tidak asing lagi bagi banyak orang karena cabang-cabangnya yang sudah menjamur di berbagai kota di Indonesia. Tetapi, cabang yang terletak di kawasan Riau, Bandung ini, yang diberi nama Global Project ini selalu menjadi favorit kita.

Tempatnya yang sangat luas serta interiornya yang terkesan eksklusif, membuat cabang Upnormal ini menonjol dibandingkan cabang lainnya. Sama seperti kafe pada umumnya di Bandung, Global Project memiliki area indoor dan outdoor. Area indoornya seringkali didesaki pengunjung karena ruangannya yang ber-AC serta sofa-sofanya yang nyaman. Meskipun begitu, area outdoornya tidak kalah nyaman karena setiap sudut ruangan dipenuhi dengan kipas angin serta suasananya yang hijau.

Upnormal Coffee Roasters Global Project memiliki menu-menu yang tidak ada di cabang Upnormal lainnya loh! Salah satunya adalah jajaran cake seperti red velvet, cheesecake, dan cinnamon roll. Yang menjadi favorit saya di sini ialah plain croissant yang hanya dibanderol seharga Rp 19.000,00. Rasanya yang renyah dan gurih sungguh memanjakan lidah. Ditemani dengan segelas es kopi susu Upnormal (Rp 25.000,00) dijamin selama nugas kalian akan semakin asyik!

Upnormal Coffee Roasters Global Project beralamat di Jalan L. L. R.E. Martadinata nomor 158, Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114. Kafe ini buka setiap hari pukul 08.00 sampai 21.00 WIB (semasa pandemi berlangsung).Itu dia ulasan Atourin soal kafe-kafe asyik yang cocok untuk menemani kalian nugas. Kalau kalian tidak sedang ingin menyelesaikan tugas tapi ingin sekedar jalan-jalan keliling Bandung, kalian bisa banget menghubungi Atourin agar jalan-jalan kalian tanpa ribet dan menyenangkan!