Oleh-oleh khas Padang sangat beragam, mulai dari cenderamata, makanan, minuman, hingga pakaian khas. Sama seperti daerah lainnya di nusantara, Padang tentu memiliki keunikannya tersendiri. Nah, jika kamu berkunjung ke Padang kamu wajib banget nih membeli oleh-olehnya untuk dibawa pulang! 

Kota Padang sendiri seringkali dikaitkan dengan landmark Jam Gadang. Padahal, Jam Gadang itu sebenarnya berada di Bukit Tinggi, lho! Jadi, jangan salah lagi ya. Untuk Kota Padang ada namanya Tugu IORA yang terletak di pinggir pantai Padang.

IORA sendiri merupakan singkatan dari Indian Ocean Rim Association, yaitu asosiasi negara-negara yang terletak di kawasan Samudra Hindia. Tugu ini merupakan tugu perdamaian yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada bulan April 2016.

Di depan Tugu IORA terdapat berbagai macam penjual makanan dan minuman, dari yang kekinian hingga makanan khas tradisional. Tersedia kuliner LPC (Lapau Panjang Cimpago)  semua jenis makanan tersedia dengan harga yang terjangkau.


Makanan Khas Padang

Jika berkunjung ke suatu tempat tentunya makanan merupakan salah satu hal yang wajib kita coba. Di Padang, terdapat banyak sekali makanan khas yang cocok untuk dibawa pulang untuk buah tangan, sebagai berikut:


1. Keripik Sanjai

Sekilas, keripik ini memang terlihat seperti keripik balado pada umumnya. Tapi kalian harus tahu bahwa kedua makanan ini punya perbedaan,lho! Ya, kedua makanan ini bisa dibilang serupa tapi tak sama.

Keripik sanjai adalah makanan yang terbuat dari singkong dan diiris tipis memanjang. Jika keripik balado umumnya dilumuri cabai, lain halnya dengan keripik sanjai. Keripik sanjai tidak ada cabainya, dan murni terbuat dari singkong


2. Bareh Randang

Jika kamu berpikir bahwa bareh randang ini sama dengan daging rendang, tentunya kamu salah, guys! Bareh randang ini merupakan kue manis yang terbuat dari tepung beras yang di randang atau disangrai. Kemudian, dicampur dengan santan dan gula yang sudah dimasak.

Bareh Randang memiliki cita rasa manis. Makanan ini juga cukup populer dan biasa disajikan sebagai cemilan pendamping dalam acara adat ataupun pernikahan.


3. Kue Sapik

Oleh-oleh khas Padang yang selanjutnya adalah kue sapik. Kue ini dinamakan kue sapik karena berdasarkan cara membuatnya, yaitu dijepit, atau dalam bahasa Minang disapik. Pada proses pembuatannya adonan kue di jepit dengan dua buah besi panas.

Kue ini sering disebut mirip dengan kue semprong. Namun, bedanya kue sapik tidak digulung. Jadi setelah diangkat dari cetakan, kue sapik langsung dilipat membentuk segitiga lalu dijepit.


4. Kerupuk Jangek

Kerupuk Jangek atau masyarakat sekitar biasanya menyebutnya karupuak jangek, merupakan kerupuk yang terbuat dari kulit kerbau atau sapi. Perbedaan kerupuk jangek di Padang adalah bentuknya yang kotak, sementara di daerah lain ada yang berbentuk persegi panjang.


Cenderamata Khas Padang

Cenderamata adalah sesuatu benda yang dianggap sebagai simbol kenangan atas kejadian dan peristiwa yang telah dialami. Dalam bahasa Indonesia, cenderamata sering disebut juga dengan suvenir, tanda mata, atau oleh-oleh. 


1. Kain Songket

Kain ini merupakan salah satu cenderamata asal Padang yang bernilai tinggi. Harganya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bukan tanpa alasan, proses pembuatannya memerlukan ketelitian dan tidak semua orang bisa membuat kain songket. Hal itu tentunya menimbulkan kesan exclusive untuk kain ini.

Kain ini telah dibuat menjadi berbagai macam bentuk, mulai dari tas, pakaian, selendang, hijab, dll. Kain ini menjadi salah satu warisan budaya Indonesia. Bukan hanya terkenal di Indonesia, melainkan juga di mancanegara.


2. Kain Sulam Karancang

Kain ini dibuat dengan cara disulam dengan bagian ujung kain bolong-bolong, seperti bordiran. Hal ini yang terkadang menipu mata, karena sekilas mirip bordiran mesin.

Karena membuat bordiran karancang ini sangat sulit, maka wajar harga untuk selembar kain dibanderol cukup mahal. 

Jika kamu ingin membelinya, kamu bisa mendapatkan produk handmade ini di berbagai sentra kesenian karancang mulai dari sekitaran Padang hingga Kabupaten Lima Puluh Kota.


Ayo Mampir ke Padang dan Bawa Pulang Oleh-Oleh Uniknya!

Bagi kamu yang ingin mampir ke Padang sekarang tak perlu bingung lagi, lho!. Kamu tinggal kunjungi Atourin dan buat sendiri jadwal perjalananmu ke berbagai destinasi wisata yang ada di Padang! Jangan lupa juga untuk membawa pulang oleh-oleh khasnya, ya!