Ilustrasi Kopi

(Titus Agung Adiyatma)

Sudah tidak diragukan lagi bahwa mengawali pagi dengan secangkir kopi pastinya bikin kita bersemangat dan happy. Beruntungnya, kita orang Indonesia tinggal di negara dengan beragam jenis kopi yang nikmatnya gak ada habis-habisnya. Salah satu dari beragam jenis kopi tersebut adalah kopi arabika khas Kabupaten Ngada. Penasaran sama kopi dan tempat asal kopinya? Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Kabupaten Ngada adalah sebuah kabupaten yang berada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Kabupaten ini beribu kota di Bajawa. Bajawa sendiri adalah nama satu kecamatan dari 12 kecamatan yang ada di kabupaten ini. Wilayah kabupaten ini umumnya berbukit-bukit dan beriklim sabana tropis. Selain gunung dan bukit dengan pemandangan yang super indah, Ngada juga punya daerah pesisir yang eksotis. Dengan demikian, selain menjadi petani atau pekebun, kebanyakan penduduk dari kabupaten ini juga bekerja sebagai nelayan. Kopi menjadi salah satu komoditas yang dikembangkan di sini selain merica, kelapa, cengkih, dan kemiri. 

Ada yang spesial dari kopi yang juga dikenal sebagai kopi Bajawa ini. Warna kopi ini hitam, pekat bak langit malam. Begitu segelas kopi ini didekatkan ke hidung, harum aromanya akan langsung membawa indera penciuman ke puncak kekaguman. Rasanya? Jangan tanya—tajam, tapi tidak menghujam; pahit, tapi gak bikin sakit; pokoknya segelas saja tidak akan sampai puas. Penasaran mau coba kopinya? Datanglah ke Ngada. Sesampainya di Ngada, kamu bisa memborong langsung biji-biji kopi atau kopi bubuk siap seduh untuk kamu bawa pulang dan nikmati di rumah, atau langsung saja kamu cicipi kopinya di berbagai desa wisata di sini. Kamu juga bisa eksplor kebun-kebun kopi yang banyak dijumpai di sini. Datang ke Ngada saat musim panen raya kopi akan membuatmu bisa melihat langsung bagaimana kopi di sini dipanen kemudian diolah. Kopi di Ngada disajikan di banyak tempat mulai warung-warung dengan harga yang dibanderol sekitar 5 ribu rupiah per gelas atau cangkir sampai yang disajikan di kafe-kafe kekiniaan dengan harga puluhan ribu rupiah per gelas atau cangkir.

Buat Sobat Atourin yang belum berkesempatan untuk datang langsung ke Ngada, jangan khawatir, karena sekarang sudah ada kedai kopi di Bintaro, Tebet, Depok, dan Bogor yang menyajikan kopi Bajawa. Penasaran seperti apa kedai kopi dan kopi yang disajikannya? Cek langsung akun Instagram resmi mereka di @kopibajawaflores.id. Tidak perlu risau kalau kamu tidak tinggal di ke-4 daerah tersebut, karena sekarang kopi yang rasanya gak mengada-ada ini bisa kamu beli secara online dan kamu racik sendiri di rumah!

Subur dan makmur—demikianlah selayaknya negeri kita tercinta. Tanah Flores yang subur sudah menghadiahkan kita dengan kopi Bajawanya yang nikmat tiada tara. Untuk itu, marilah kita bantu mewujudkan kemakmuran kepada masyarakat Ngada yang sudah sepenuh hati membudidayakan kopi. Bagaimana caranya? Mudah—nikmati saja terus kopi Bajawa. Dengan demikian, industri perkebunan kopi Ngada akan terbantu dengan selera kopimu yang luar biasa.