Trowulan

(Titus Agung Adiyatma)

Berwisata tapi gak beli oleh-oleh itu ibaratnya memasak tanpa garam—hambar rasanya. Nah, sudah jauh-jauh ke Trowulan, masak pulangnya dengan tangan hampa? Jadilah seperti Patih Gajah Mada, yang tidak menyantap buah palapa sebelum menyatukan Nusantara—tidak ada kata pulang sebelum membelanjakan uang untuk beli oleh-oleh di Trowulan. Berikut 3 oleh-oleh yang wajib kamu beli saat berwisata ke sini.

Kaos Oblong Majapahit

Kalau di Yogya ada kaos Dagadu, maka di Trowulan ada kaos oblong Majapahit. Kaos dengan bahan berkualitas ini dijual dengan harga yang bersahabat di toko pusat oleh-oleh kaos khas Majapahit “Oblong Majapahit”. Toko ini terletak di Jalan Candi Brahu, tidak jauh dari Patung Buddha Tidur Majapahit. Berbagai kaos dengan beragam ukuran dan sablonan dapat kamu pilih dan beli di sini. Toko ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, jadi jangan datang terlalu pagi atau terlalu sore, ya! Harga kaos bervariasi dari puluhan hingga ratusan ribu tergantung model dan ukuran.

Tokonya Tidak Jauh dari Patung Buddha yang Ini

Cendera Mata Berbahan Logam

Suka pernak-pernik kecil-kecil seperti gantungan kunci, miniatur, atau patung-patung? Semuanya bisa kamu dapatkan di beragam toko-toko suvenir yang tersebar di seluruh pelosok Trowulan. Trowulan terkenal sebagai pusat kerajinan cor logam mulai dari kuningan, perunggu, atau bahan lainnya. Bentuknya juga bervariasi mulai dari ornamen Majapahit, dewa dewi, sampai desain modern atau kekinian. Kamu bahkan bisa memesan desain secara custom sesuai dengan yang kamu inginkan. Untuk harga mulai dari belasan ribu sampai jutaan, tentu tergantung kerumitan desain dan ukurannya. Dengan membeli cendera mata tersebut, niscaya kamu akan diingatkan dengan jejak peradaban Majapahit yang mengagumkan di Trowulan setiap kamu melihat cendera matanya.

Cendera Mata Berbahan Logam yang Dijual di Kawasan Trowulan

Gorengan Wader

Mau mencicipi makanan yang disantap oleh orang-orang Majapahit di zaman dahulu? Tentu bisa! Kamu harus coba wader—sejenis ikan air tawar berukuran kecil yang rasanya nikmat tiada tara jika digoreng dan dimakan dengan sambal. Ada banyak warung yang menyajikan wader di Trowulan, terutama di sekitar kawasan Kolam Segaran. Tinggal pilih saja di mana kamu akan membeli ikan kecil nan lezat ini. Karena diolah secara segar dan tanpa pengawet, maka oleh-oleh ini wajib dimakan segera mungkin. Harga seporsi wader goreng plus nasi dibanderol belasan ribu rupiah tergantung di warung mana kamu membelinya. Kelezatan wader goreng di Trowulan sudah terkenal dan bisa membuat kamu ketagihan.

Setiap perjalanan wisata merupakan pengalaman yang berharga. Tidak ada salahnya membeli oleh-oleh untuk menambah kenangan akan pengalaman tersebut. Tidak hanya kamu yang untung, namun juga warga lokal yang buah tangannya kamu beli. Jadi, selagi ada uang dan kesempatan, jangan lupa belanja oleh-oleh sebelum pulang.