Hotel Oria di Jakarta (pixabay.com)

Time to Read: 3 minutes

(Azzahra Siti Nabila)

Mulai bulan Juni lalu, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan new normal atau kenormalan baru di Indonesia. Hal tersebut menyebabkan masyarakat perlu memulai kembali melakukan aktivitas seperti biasa, yang sebelumnya dihentikan dan/ atau dibatasi karena adanya pandemi Covid-19. Walaupun sudah dapat memulai aktivitas seperti biasa, protokol kesehatan yang ketat tetap harus diterapkan di seluruh sektor dan wilayah, termasuk dalam sektor pariwisata. Kolaborasi antara pemerintah dengan sektor penyedia jasa wisata sangat penting untuk memastikan pelaksanaan protokol kesehatan baru yang akhirnya diharapkan dapat menimbulkan adanya keyakinan bagi masyarakat bahwa berwisata dapat dilakukan dengan cara aman dan tetap menyenangkan.

Setelah sekitar 3 bulan menjalani Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tentu banyak masyarakat yang tidak sabar ingin pergi berlibur di era new normal ini. Pembukaan tempat wisata secara bertahap dengan protokol yang ketat, membuat masyarakat harus tetap menjaga diri selama pergi berlibur. Salah satu pilihan alternatif yang aman dan menarik untuk berwisata di era new normal ini ialah dengan mencoba staycation atau liburan yang dilakukan di daerah sekitar rumah atau berwisata ke tempat yang tidak jauh dari tempat tinggal kita.

Orang yang Sedang Jalan dengan Menggunakan Masker (unsplash.com)

Menginap di hotel yang berada di daerah sekitar rumah menjadi pilihan yang tepat untuk mencoba staycation yang dapat memberikan suasana berbeda di era new normal setelah menjalani rutinitas #dirumahaja. Tentu kamu perlu memilih tempat yang tepat untuk staycation ini. Fasilitas yang lengkap serta kenyamanan yang ditawarkan suatu penginapan, menjadikan liburan dengan menginap ini digemari banyak orang. Saat ini sektor perhotelan juga mengembangkan protokol yang menawarkan peningkatan kebersihan dan keselamatan para tamu. Kegiatan staycation dapat dilakukan sendiri, bersama keluarga, atau sahabat untuk mengisi hari libur, menghabiskan akhir pekan, atau merayakan sesuatu seperti ulang tahun. Namun saat staycation pada masa ini, harus tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditentukan ya! Berikut ialah beberapa tips agar tetap aman saat staycation di era new normal:

Mencuci Tangan dengan Sabun (pexels.com)

1. Memastikan kondisi fisik sehat

Memiliki kondisi fisik yang sehat merupakan hal yang sangat penting sebelum berwisata di era new normal. Karena jika merasa kurang enak badan seperti demam, flu, dan batuk, maka seseorang dianjurkan untuk menunda rencana terlebih dahulu untuk meminimalisir tertularnya orang lain ataupun diri sendiri yang tertular virus dari orang lain. Karena saat sakit sistem kekebalan tubuh pasti berkurang. Tertular ini bukan hanya virus covid-19 saja ya, namun juga potensi virus atau bakteri lainnya.

Masker dan Hand Sanitizer (unsplash.com)

2. Membawa perlengkapan sendiri

Selain membawa pakaian untuk menginap, pada era new normal ini wisatawan dianjurkan untuk membawa perlengkapan pribadi sendiri walaupun biasanya sudah disediakan oleh pihak hotel. Perlengkapan tersebut berupa handuk, alat mandi, sikat gigi, sendok makan, sedotan, dan alat yang bersifat pribadi lainnya. Dengan melakukan hal tersebut, dapat menjadi salah satu cara untuk meminimalisir penyebaran virus, bakteri, dan kuman. Selain itu calon wisatawan juga diwajibkan untuk membawa perlengkapan kesehatan seperti masker, face shield, hand sanitizer, tisu, disinfektan, dan obat-obatan pribadi yang diperlukan.

3. Check-in yang melibatkan teknologi digital

Banyaknya aplikasi daring untuk memesan penginapan tentu sangat memudahkan kita di era new normal ini. Dengan memesan kamar dan melakukan pembayaran secara online atau dalam jaringan (daring) tentu akan membatasi penyebaran virus karena tidak adanya proses pemindahan uang dari satu orang ke yang lainnya. Pembayaran secara cashless atau pembayaran digital sangat diperlukan, maka dari itu carilah hotel yang menyediakan layanan tersebut agar keamanan dan kenyamanan selama staycation lebih terjamin.

Gambar Ilustrasi Orang yang Menjaga Dirinya dari Virus (pexels.com)

4. Cek kebersihan kamar dan fasilitas di dalamnya

Saat memasuki kamar hotel, pastikan untuk memeriksa kebersihan ruangan pada setiap sudutnya dan menyemprot benda yang sering dipegang oleh orang lain seperti gagang pintu, saklar lampu, remote AC, dan remote TV dengan disinfektan. Apabila menemukan bagian yang terlihat kotor jangan sungkan untuk meminta petugas membersihkannya agar suasana staycation menjadi lebih nyaman.

5. Hindari penggunaan fasilitas umum

Jika hotel tempat anda staycation memiliki fasilitas umum seperti kolam renang dan pusat kebugaran, sebaiknya penggunaan fasilitas tersebut dihindari terlebih dulu untuk mencegah penularan. Karena kita tidak pernah mengetahui siapa pengunjung yang menggunakan fasilitas tersebut sebelumnya, apakah ia dalam keadaan sehat atau sebaliknya. 

Gambar Sticker Praktik Social Distancing (unsplash.com)

6. Selalu menerapkan protokol kesehatan

Hal yang terpenting saat bepergian keluar rumah di era new normal ialah menerapkan protokol kesehatan seperti tetap menjaga jarak, menghindari kerumunan, memakai masker saat ketempat umum, rajin cuci tangan, dan segera mandi dan membersihkan setelah beraktivitas di luar agar tetap terhindar dari virus.


Inilah beberapa tips untuk staycation di era new normal. Meskipun terlihat lebih aman karena tidak berada di kerumunan dan bertemu dengan banyak orang, namun risiko terpapar juga tetap ada. Maka dari itu jika ingin melakukan staycation, protokol kesehatan harus tetap dijalankan ya!