(Shanta Moyra Tambunan)

Apakah sobat Atourin pernah membeli oleh-oleh berupa roti yang besar sekali? Kalau belum, bisa banget untuk cobain oleh-oleh yang satu ini. Roti ganda adalah roti tawar dengan perpaduan beberapa rasa sesuai selera, namun yang unik adalah ukurannya yang besar.

Sejarah dan Lokasi

Kota Pematangsiantar adalah sebuah lokasi yang cukup terkenal di Sumatera Utara. Layaknya kota lain, Pematangsiantar juga memiliki oleh-oleh khas yakni mie Siantar dan roti ganda. Sebutan roti ganda berasal dari nama usaha roti yang berdiri sejak pertengahan tahun 1979. Resep rahasia turun-temurun ini mampu menggoda selera banyak orang. Berawal dari masyarakat daerah sekitar, kemudian banyak turis yang sengaja singgah di Pematangsiantar untuk membeli roti tersebut. Roti ganda akhirnya menjadi salah satu ikon Kota Pematangsiantar setelah berdiri sekitar 38 tahun.

Tentang Roti Ganda

Roti ganda adalah roti tawar yang berukuran besar dan sudah dipotong menjadi dua bagian, kemudian diolesi dengan selai srikaya atau krim putih dengan taburan meses.  Pilihan rasa roti ganda hanyalah dua macam saja, kemudian roti dipotong menjadi beberapa bagian lalu dibungkus menggunakan kertas roti dengan rapi dan akhirnya diikat menggunakan karet.

Roti ganda memiliki tampilan yang sangat sederhana dan termasuk roti zaman dahulu. Namun, kini roti ganda sudah memiliki sedikit variasi, yakni roti berwarna hijau untuk rasa pandan dan warna putih untuk rasa tawar atau original. Keistimewaan roti ganda terletak di ukuran dengan melimpahnya selai serta meses. Pengunjung juga bisa menyaksikan secara langsung bagaimana pelayan mengoles roti tersebut setelah dari panggangan. 

Tentang Toko Roti Ganda

Berawal dari nama makanan, maka muncul toko yang memang menjual makanan ini yang bernama Toko Ganda. Toko roti ini awalnya menjual kue bolu dan beberapa roti, namun pembeli lebih tertarik dan banyak memesan roti ganda dibanding bolu. Dahulu, toko roti berlokasi di Jalan Kartini dan kini terletak di Jalan Sutomo dengan jam operasionalnya setiap hari. Meski sudah berpindah lokasi, aroma dan rasa roti ganda tetaplah sama seperti dahulu. Toko Roti Ganda tidak pernah sepi pengunjung. 

Suasana toko sangat khas, dimulai dari aroma roti yang baru keluar dari panggangan dengan tumpukan roti yang sudah tersusun rapi dan siap untuk diberi selai sesuai selera. Ditambah dengan para pelayan toko yang sibuk dan sigap melayani pelanggan, memanggang roti, memotong roti dan mengoles selai.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika dahulu toko roti ini menjual kue bolu, kini juga toko roti menjual beberapa jenis kue dan roti bahkan cemilan, serta selai srikaya dan krim putih, sehingga pengunjung memiliki banyak pilihan jika datang ke toko roti ini.

Harga dan Lainnya

Untuk harga tergolong murah, jika ingin membeli roti ganda ukuran besar berkisar Rp20.000,00 dan ukuran kecil sekitar Rp4.000,00. Selain roti, selai srikaya dan krim putih juga dijual, jika ingin menambahkan ekstra krim dan selai. Walaupun selai srikaya dijual di sana-sini, namun produksi selai dari Toko Roti Ganda sangatlah nikmat dan khas. Untuk ukuran selai srikaya tersedia 3 ukuran, yakni ukuran gelas air mineral dengan harga Rp10.000,00, ukuran setengah kilo sekitar Rp22.000,00 dan untuk ukuran 1 kg sekitar Rp44.000,00.

Namun yang harus diperhatikan yakni ketahanan dari roti ganda itu sendiri, karena tanpa bahan pengawet, maka roti ini akan kadaluarsa dalam 2 hari. Namun untuk selai, lebih tahan lama daripada roti ganda itu sendiri. Ketika membeli selai atau krim, pelayan akan memberitahukan tentang masa kadaluarsa produk, jika dalam keadaan suhu ruangan akan tahan hingga sepekan dan akan lebih tahan lama jika disimpan dalam kulkas yakni hingga 10 hari.

Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing, begitu juga dari Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara. Jika Sobat Atourin mau tahu lebih banyak lagi tentang oleh-oleh atau pun keunikan masing-masing daerah, langsung saja kunjungi media sosial dan website Atourin.

Note:

Penulis tidak memiliki foto asli dari Roti Ganda, hanya foto menggunakan filter Instagram sehingga mungkin memiliki sedikit perbedaan warna dengan aslinya.

Sumber:

https://beritagar.id/artikel/piknik/roti-ganda-khas-pematangsiantar