Kota Medan di Siang Hari

(Titus Agung Adiyatma)

Sewaktu mendengar kudapan bernama bika ambon, kemungkinan besar Sobat Atourin akan berpikir kalau kudapan tersebut adalah makanan khas Ambon. Usut punya usut, ternyata kudapan lezat tersebut berasal dari Medan, lho! Katanya sih, kudapan ini dinamakan bika ambon karena pertama kali populer dijual di simpang jalan Ambon-Sei Kera di Medan. Nah, buat kamu yang suka kulineran atau suka jalan-jalan di perkotaan, simak terus artikel ini karena di sini kamu akan tahu kenapa Medan menawarkan wisata urban yang seru untuk kamu jajal .

Apa sih urban tourism itu? Mungkin kamu bertanya-tanya demikian. Menurut Organisasi Pariwisata Dunia, sebuah badan milik PBB yang menangani masalah pariwisata, urban tourism (atau bahasa Indonesianya yakni turisme urban) adalah “suatu jenis kegiatan pariwisata yang berlangsung di ruang perkotaan dengan atribut yang melekat dicirikan oleh ekonomi berbasis non-pertanian seperti administrasi, manufaktur, perdagangan dan jasa dan dengan menjadi titik simpul transportasi. Destinasi perkotaan/kota menawarkan berbagai pengalaman dan produk budaya, arsitektur, teknologi, sosial dan alam untuk rekreasi dan bisnis yang banyak dan heterogen.” Sebagai ibukota Provinsi Sumatera Utara, Kota Medan merupakan daerah dengan ekonomi berbasis non-pertanian seperti yang disebutkan di atas. Kota Medan sendiri merupakan salah satu kota terbesar dan terpadat di Indonesia. Mau wisata sejarah, budaya, kuliner, atau sekedar jalan-jalan berbelanja, semua yang kamu inginkan bisa kamu dapatkan di Medan!

Buat kamu yang suka belanja-belanja, wajib coba kunjungi Pasar Petisah, karena di sini hampir semua barang yang kamu inginkan pasti dijual. Mulai dari baju-baju, jajanan, sampai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Pasar yang buka pada pukul 9 pagi dan tutup pada pukul 6 sore terletak dekat dengan jalan raya, jadi gak usah khawatir tersesat sewaktu mencari pasarnya. Kalau kamu tipe orang yang lebih suka nongkrong di mall, gak usah khawatir juga, karena di dekat pasarnya ada Transmart Carrefour Medan Fair yang bisa jadi tempat kamu ngadem sepuasnya. Ada juga banyak mall atau pusat perbelanjaan lainnya di kota ini.

Ilustrasi Bika Ambon

Penasaran sama bika ambon yang terenak di Medan? Pas banget nih, bika ambon terenak di Medan dijual di toko Bika Ambon Zulaikha, yang tempatnya dekat sekali dengan Pasar Petisah. Toko yang buka dari pukul 06.00 – 21.00 ini menyediakan beragam variasi bika ambon dengan rasa lezat dan harga pas yang pastinya bikin pelanggan puas!

Buat kamu yang suka foto-foto, Medan punya banyak tempat yang Instagrammable banget, lho. Di daerah Kesawan, misalnya, kamu bisa coba berfoto ria di Lapangan Merdeka. Kalau sudah puas berfoto di hamparan rumput hijau di sana, cobalah kunjungi Rumah Tjong A Fie. Rumah ini dibangun pada tahun 1985 oleh Tjong A Fie, seorang saudagar Tionghoa kaya raya. Interior rumahnya sangat terawat, begitu pula dengan tamannya. Saat kamu menjejakkan kaki di sini, kamu akan merasa seakan-akan kamu kembali ke masa lalu. Paduan dekorasi yang unik dan indah beserta atmosfer klasiknya menjadikan rumah ini tempat wisata yang cocok banget buat kamu yang suka foto-foto dan menjelajahi tempat-tempat kuno. 

Istana Maimun

Ngomong-ngomong soal tempat kuno, kurang lengkap rasanya kalau jalan-jalan ke Medan tanpa mengunjungi Istana Maimun. Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Deli yang sudah menjadi ikon Kota Medan. Istana ini terletak persis di tengah Medan, jadi mudah sekali untuk mengunjunginya. Pengunjung diperbolehkan untuk memasuki kawasan istana mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore. Kalau sudah puas melihat dan berfoto di dalam istana, kamu bisa mencari udara segar dengan bersantai di Taman Sri Deli yang terletak dekat dengan istananya. 

Ilustrasi Rujak

Kabar baiknya, di taman ini kamu bisa membeli rujak (yang katanya) terenak di Medan, yakni Rujak Padang Takana Juo. Sudah dapat angin sejuk, bisa makan yang segar-segar pula, ah, nikmat kali! Di ujung utara Medan, kamu akan menemukan Pelabuhan Belawan dengan segala hal menarik yang ditawarkannya. Mau memancing? Pantai Olo wajib kamu kunjungi. Mau makan seafood? Beragam restoran seafood di Belawan siap memanjakan lidahmu. Bayangkanlah semilir angin laut menerpamu ketika gurihnya ikan goreng menyelimuti lidahmu. Enak, ‘kan? Sudah pasti.

Kota Medan yang besar dan gemerlap punya banyak sekali tempat wisata dan hidden gems yang tentunya belum disebutkan dalam artikel ini. Semua menunggu untuk kamu kunjungi dan nikmati. Penulis berani bilang: hanya orang edan yang enggan ke Medan. Jadi, selagi kaki masih bisa berjalan, mari sempatkan diri ke Medan.